Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Essay + Jawabannya Sejarah Kelas 11 Bab 7 Respon Bangsa Indonesia Terhadap Imperialisme dan Kolonialisme dalam Bidang Politik, Ekonomi, Sosial-Budaya, dan Pendidikan ~ sekolahmuonline.com

Soal Essay + Jawabannya Sejarah Kelas 11 Bab 7 Respon Bangsa Indonesia Terhadap Imperialisme dan Kolonialisme dalam Bidang Politik, Ekonomi, Sosial-Budaya, dan Pendidikan. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini adalah Contoh Soal Essay atau Uraian mata pelajaran Sejarah dan Kunci Jawaban dari Sejarah Kelas 11 Bab 7 yang membahas tentang Respon Bangsa Indonesia Terhadap Imperialisme dan Kolonialisme dalam Bidang Politik, Ekonomi, Sosial-Budaya, dan Pendidikan.
Soal Essay Sejarah Kelas XI Bab 7 Respon Bangsa Indonesia Terhadap Imperialisme dan Kolonialisme dalam Bidang Politik, Ekonomi, Sosial-Budaya, dan Pendidikan dan Kunci Jawabannya


Soal Essay Sejarah Kelas XI Bab 7 Respon Bangsa Indonesia Terhadap Imperialisme dan Kolonialisme dalam Bidang Politik, Ekonomi, Sosial-Budaya, dan Pendidikan dan Kunci Jawabannya


Sejarah Kelas 11 Bab 7 sebagaimana telah Sekolahmuonline sampaikan pada Bagian Pertama (Part 1) dan Kedua (Part 2) membahas dua pembelajaran. Pembelajaran Pertama membahas tentang Respon Bangsa Indonesia Terhadap Kolonialisme dan Imperialisme Barat dalam Bidang Politik & Ekonomi. Pembelajaran Kedua membahas tentang Respon Bangsa Indonesia Terhadap Kolonialisme dan Imperialisme di Bidang Sosial-Budaya dan Pendidikan.

Bagian pertama dan kedua semuanya berbentuk soal-soal pilihan ganda. Bagi Anda yang belum membaca soal Bagian Pertama (Part 1) dan Bagian Kedua (Part 2), silahkan baca postingan Sekolahmuonline yang berjudul:

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Dalam bidang apa sajakah respon bangsa Indonesia terhadap kolonialisme dan Imperialisme Belanda muncul ?
Bagaimana respon bangsa Indonesia khususnya dalam bidang politik dan ekonomi terhadap kolonialisme dan Imperialisme Belanda ?


Jawaban:

Respon Bangsa Indonesia terhadap kolonialisme dan Imperialisme Belanda muncul dalam berbagai bidang antara lain, politik, ekonomi, Sosial-Budaya dan Pendidikan

Dalam bidang politik, muncul respon terhadap kolonialisme dan Imperialisme dalam bentuk adanya pergerakan nasional
 

Respon Bangsa Indonesia terhadap kolonialisme dan Imperialisme Belanda dalam bidang ekonomi muncul dalam bentuk perlawanan terhadap monopoli Belanda

2. Masa pergerakan nasional (1908 – 1942), dibagi dalam tiga tahap. Sebutkan tiga tahap tersebut !

Jawaban:
Masa pergerakan nasional di Indonesia ditandai dengan berdirinya organisasi-organisasi pergerakan. Masa pergerakan nasional (1908 – 1942), dibagi dalam tiga tahap berikut:
1. Masa penyusunan (1908 – 1920) berdiri organisasi seperti Budi Utomo, Sarekat Islam, dan Indische Partij.
2. Masa radikal/nonkooperasi (1920 – 1930), berdiri organisasi seperti Partai Komunis Indonesia (PKI), Perhimpunan Indonesia (PI), dan Partai Nasional Indonesia (PNI).
3. Masa moderat/kooperasi (1930 – 1942), berdiri organisasi seperti Parindra, Partindo, dan Gapi. Di samping itu juga berdiri organisasi keagamaan, organisasi pemuda, dan organisasi perempuan.

3. Sebagai sebuah bangsa yang merasa dikolonialisasi oleh bangsa lain, Indonesia tidak diam saja dan menerima perlakuan diskriminatif dari pemerintah kolonial Belanda. Jelaskan 3 bentuk respon Bangsa Indonesia terhadap kolonialisme dan imperialisme Belanda dalam bidang sosial-Budaya!

Jawaban:
- Menulis berbagai karya sastra yang menggambarkan suasana penjajahan Belanda dan menyebarluaskan ajaran cinta tanah air
- Menyelenggarakan berbagai pertemuan antara para pemuda yang bersemangat pada pelestarian kebudayaan asli Indonesia khususnya dari segi Bahasa dalam berbagai bentuk sajak puisi dan cerita
- Menulis berbagai syair musik untuk memompa semangat kebangsaan dan cinta tanah air 

4. Timbul dan berkembangnya karya sastra yang memuat sajak-sajak dan cerita bernuansa penjajahan Belanda bukan saja dapat memperkenalkan dan mempertebal rasa cinta tanah air dari para penduduk Bumiputera, namun memiliki dampak lain. Apa dampak tersebut?

Jawaban:
Menyebarluaskan pemakaian Bahasa Indonesia sebagai Bahasa persatuan yang digunakan oleh berbagai suku, etnis dan agama


5. Seni musik dapat menjadi media dalam menggelorakan rasa kebangsaan ketika masa kolonialisme Belanda di Tanah Air. Jelaskan kiprah Ismail Marzuki sebagai komponis dalam perjuangan melawan kolonialisme dan imperialisme oleh Belanda di Indonesia !

Jawaban:
Ismail Marzuki adalah komponis asal Betawi yang banyak menulis lagu-lagu bertema perjuangan dan sering digunakan dalam upaya mempertebal rasa kebangsaan dan cinta tanah air

6. Berdasarkan ketidakpuasan Pendidikan yang digelar oleh pemerintah Belanda, banyak tokoh yang kemudian mendirikan Lembaga Pendidikan sebagai bentuk respon terhadap kolonialisme dan imperialisme Belanda di Indonesia, jelaskan apa saja yang menjadi ketidakpuasan terhadap pendidikan Belanda dari tokoh bangsa seperti Ki Hajar Dewantara ?

Jawaban:
Ketidakpuasan terhadap adanya diskriminasi terhadap kaum Bumiputera, 
selain itu adanya biaya Pendidikan yang mahal sehingga Pendidikan tidak dapat dijangkau semua kalangan masyarakat, selain itu prinsip Pendidikan dari Lembaga Pendidikan bentukan Belanda dinilai hanya berfokus pada kebutuhan akan pemenuhan tenaga kerja demi industry yang sedang digalakkan oleh Belanda di Indonesia.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan  Contoh Soal Essay atau Uraian Sejarah Kelas 11 Bab 7 Respon Bangsa Indonesia Terhadap Imperialisme dan Kolonialisme dalam Bidang Politik, Ekonomi, Sosial-Budaya, dan Pendidikan Lengkap dengan kunci jawabannya. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Baca juga:

Lengkap Soal-soal Sejarah Kelas 11 dan Kunci Jawabannya bentuk soal Pilihan Ganda (PG) dan Essay (Uraian):

Posting Komentar untuk "Soal Essay + Jawabannya Sejarah Kelas 11 Bab 7 Respon Bangsa Indonesia Terhadap Imperialisme dan Kolonialisme dalam Bidang Politik, Ekonomi, Sosial-Budaya, dan Pendidikan ~ sekolahmuonline.com"

close