Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Ekonomi Kelas 11 Bab 2 Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Ekonomi Kelas 11 Bab 2 Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Ekonomi Kelas 11 Bab 2 yang membahas tentang Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi.
Rangkuman Ekonomi Kelas XI Bab 2 Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi


Ekonomi Kelas 11 Bab 2 terdiri dari dua kegiatan pembelajaran, yaitu:
Kegiatan Pembelajaran 1: Pertumbuhan Ekonomi
Kegiatan Pembelajaran 2: Pembangunan Ekonom

Rangkuman Ekonomi Kelas XI Bab 2 Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi


Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 1: Pertumbuhan Ekonomi


1. Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan juga sebagai proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional. 

2. Teori Pertumbuhan Ekonomi: Teori Klasik, Teori Neoklasik, Teori Historis

3. Pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat diukur dengan cara membandingkan, misalnya untuk ukuran nasional, Gross National Product (GNP) atau Gross Domestic Product (GDP) tahun yang sedang berjalan dengan tahun sebelumnya

Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 2: Pembangunan Ekonomi


1. Pembangunan ekonomi adalah suatu proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara dan pemerataan pendapatan bagi penduduk suatu negara

2. Perbedaan antara pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi adalah ekonomi keberhasilannya lebih bersifat kuantitatif, yaitu adanya kenaikan dalam standar pendapatan dan tingkat output produksi yang dihasilkan, sedangkan pembangunan ekonomi lebih bersifat kualitatif. Bukan hanya pertambahan produksi, tetapi juga terdapat perubahan-perubahan dalam struktur produksi dan alokasi input pada berbagai sektor perekonomian seperti dalam lembaga, pengetahuan, sosial, dan teknik.

3. Indikator pembangunan ekonomi: peningkatan pendapatan nasional, peningkatan Produk Nasional (PNB), terbukanya kesempatan kerja, perekonomian stabil, surplus neraca pembayaran luar negeri, dan distribusi pendapatan merata.

8. Tahapan pembangunan ekonomi: tahap pertanian (agraris), tahap manufaktur (industri), tahap ketiga (bidang jasa).

9. Masalah pembangunan ekonomi: kemiskinan, pengangguran, ketimpangan distribusi pendapatan, tingginya angka pertumbuhan penduduk.

10.Perencanaan ekonomi adalah usaha secara sadar dari suatu pemerintahan untuk mempengaruhi, mengarahkan serta mengendalikan perubahan variable-variabel ekonomi yang utama.

11. Sistem perencanaan pembangunan nasional adalah satu kesatuan tata cara perencanaan pembangunan untuk menghasilkan rencana-rencana pembangunan dalam jangka panjang, jangka menengah, dan tahunan yang dilaksanakan oleh unsur penyelenggara negara dan masyarakat di tingkat Pusat dan Daerah

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Ekonomi Kelas 11 Bab 2 Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi. Semoga bermanfaat, dan silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya. Selamat dan semangat belajar untuk masa depan yang lebih baik.

Soal dan Rangkuman Ekonomi Kelas 11 lengkap:

Berikut ini soal beserta kunci jawaban juga pembahasannya dan rangkuman lengkap mata pelajaran Ekonomi Kelas 11. Klik saja judul-judulnya untuk membaca dan mempelajarinya.

Soal Ekonomi Kelas 11:
Rangkuman Ekonomi Kelas 11:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Ekonomi Kelas 11 Bab 2 Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi ~ sekolahmuonline.com"

close