Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal PAIBP Kelas 7 Bab 1 Al-Qur’an dan Sunah sebagai Pedoman Hidup (PAIBP Kelas VII SMP) ~ sekolahmuonline.com

Contoh Soal PAIBP Kelas 7 Bab 1 Al-Qur’an dan Sunah sebagai Pedoman Hidup (PAIBP Kelas VII SMP) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini sekolahmuonline.com sajikan untuk Anda khususnya adik-adik yang kini berada di kelas VII SMP khususnya SMP yang menggunakan Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar) contoh soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas VII. Pada postingan kali ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal PAIBP Kelas 7 Bab 1 Al-Qur’an dan Sunah sebagai Pedoman Hidup lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya.
Contoh Soal PAIBP Kelas VII SMP Bab 1 Al-Qur’an dan Sunah sebagai Pedoman Hidup lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya
PAIBP Kelas VII Bab 1 Al-Qur’an dan Sunah sebagai Pedoman Hidup adalah salah satu Bab yang ada di semester ganjil atau semester 1. Secara urutan dalam buku PAIBP Kelas VII SMP masuk pembahasan pertama di semester ganjil.

Contoh Soal PAIBP Kelas VII Bab 1 Al-Qur’an dan Sunah sebagai Pedoman Hidup

Contoh soal berikut ini terdiri dari soal-soal pilihan ganda atau multiple choice dan soal-soal essay atau uraian. Cocok untuk dipakai buat asesemen oleh bapak/ibu guru dan tentunya juga sangat cocok untuk dipelajari siswa-siswi semuanya. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga membantu memudahkan Anda dalam belajar secara mandiri. Jika ada kesulitan dan kebingungan silahkan diskusikan dengan teman belajar dan guru PAIBP di kelas kalian. Selamat dan semangat belajar. 

A. Soal Pilihan Ganda PAIBP Kelas 7 Bab 1 Al-Qur’an dan Sunah sebagai Pedoman Hidup

Pilih jawaban yang benar dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D.

1. Bagi umat Islam, Al-Qur’an merupakan pedoman hidup. Al-Qur’an merupakan pesan Ilahi untuk manusia dalam mencapai kebaikan hidup. Al-Qur’an berfungsi untuk ....
A. Petunjuk dan penjelas bagi sesuatu yang harus diketahui, juga pembeda antara kebenaran dan kebatilan
B. Menerangkan serta menguatkan hukum-hukum yang terdapat dalam Hadis
C. Sebagai Bayān dan muhaqqiq (penjelas dan penguat)
D. Memberikan penguatan pada kehidupan sehari-hari

Jawaban: A

2. Perhatikan potongan ayat di bawah ini

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَطِيعُوا۟ ٱللَّهَ وَأَطِيعُوا۟ ٱلرَّسُولَ ... 

Lanjutan bacaan ayat tersebut adalah....
A. ذَٰلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا
B. فَإِن تَنَٰزَعْتُمْ فِى شَىْءٍ
C. وَأُو۟لِى ٱلْأَمْرِ مِنكُمْ
D. إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ

Jawaban: C

Pembahasan:
Lengkap Al-Quran surat An-Nisa/4: 59 berserta terjemahannya;

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَطِيعُوا۟ ٱللَّهَ وَأَطِيعُوا۟ ٱلرَّسُولَ وَأُو۟لِى ٱلْأَمْرِ مِنكُمْ ۖ فَإِن تَنَٰزَعْتُمْ فِى شَىْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى ٱللَّهِ وَٱلرَّسُولِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْآخِرِ ۚ ذَٰلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا ﴿٥٩﴾

"Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya." (Q.S.An-Nisa/4: 59)
 
3. Perhatikan potongan ayat di bawah ini

فَإِن تَنَٰزَعْتُمْ فِى شَىْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى ٱللَّهِ وَٱلرَّسُولِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْآخِرِ

Arti kalimat yang digaris bawahi adalah ….
A. Dan hari kemudian
B. Di kemudian hari
C. Akhir zaman
D. Hari akhir

Jawaban: A
Terjemah lengkap Q.S. an-Nisā’/4:59:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَطِيعُوا۟ ٱللَّهَ وَأَطِيعُوا۟ ٱلرَّسُولَ وَأُو۟لِى ٱلْأَمْرِ مِنكُمْ ۖ فَإِن تَنَٰزَعْتُمْ فِى شَىْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى ٱللَّهِ وَٱلرَّسُولِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ ۚ ذَٰلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا ﴿٥٩﴾

"Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul (sunahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya (Q.S. an-Nisā’/4:59)."

4. Arti dari penggalan ayat وَهُدًى وَرَحْمَةً لِّقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ adalah ….
A. Dan menjadi petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman
B. Dan Kami tidak menurunkan kepadamu Al-Kitab
C. Kepada mereka apa yang mereka perselisihkan
D. Melainkan agar kamu dapat menjelaskan

Jawaban: A

Pembahasan:
Wa hudan: dan petunjuk
Wa rohmatan: dan rahmat
Liqoumin: untuk kaum
Yu;minuun: yang beriman (Yu;minuun= mereka beriman) 

5. Kata yang artinya “taatilah Allah” yang tertulis di dalam Q.S. an-Nisā’/4: 59 adalah terjemahan dari kata….
A. أَطِيعُوا۟ ٱللَّهَ
B. وَأَطِيعُوا۟
C. ٱلرَّسُولَ
D. وَأُو۟لِى ٱلْأَمْرِ 

Jawaban: A

Pembahasan:
Arti masing-masing lafal di atas adalah
A. أَطِيعُوا۟ ٱللَّهَ : taatilah Allah
B. وَأَطِيعُوا۟ : dan taatilah
C. ٱلرَّسُولَ : Rasul
D. وَأُو۟لِى ٱلْأَمْرِ : dan Ulil Amri

6. Perhatikan Q.S.Al-Maidah/5: 91 di bawah ini

إِنَّمَا يُرِيدُ ٱلشَّيْطَٰنُ أَن يُوقِعَ بَيْنَكُمُ ٱلْعَدَٰوَةَ وَٱلْبَغْضَآءَ فِى ٱلْخَمْرِ وَٱلْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَن ذِكْرِ ٱللَّهِ وَعَنِ ٱلصَّلَوٰةِ ۖ فَهَلْ أَنتُم مُّنتَهُونَ

Pada ayat tersebut terdapat hukum bacaan Alif Lām Syamsiyyah sebanyak ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

Jawaban: B

Pembahasan:
Pada Q.S.Al-Maidah/5: 91 terdapat hukum bacaan Alif Lām Syamsiyyah sebanyak 3 kali yaitu: ٱلشَّيْطَٰنُ , ٱلصَّلَوٰةِ dan ٱللَّهِ

Pada ketiga lafal tersebut bacaan AL (Alif Lamnya) lebur/tidak terbaca karena langsung masuk ke huruf setelahnya. Tulisannya "Al-Syaithoonu" dibaca "Asy-Syaithoonu", sedangakan tulisan " Al-Sholaatu" dibaca "Ash-Sholaatu". Begitu pula dengan lafal Allah. 

Huruf syamsiah
Huruf syamsiah atau huruf matahari yaitu huruf yang menghilangkan pembacaan dari huruf lam, contohnya pada kata al-Syamsiyah (الشمسية) harus dibaca as-syamsiyah dengan menghilangkan pembacaan dari huruf lam.

Banyak huruf syamsiah ada 14 huruf hijaiah, yakni: ط ث ص ر ت ض ذ ن د س ظ ز ش ل

Huruf qamariah
Huruf qamariah atau huruf bulan yaitu huruf yang dibaca secara jelas namun tetap mempertegas pembacaan dari huruf lam, contohnya pada kata al-qamariyah (القمرية) harus dan tetap dibaca al-qamariyah dengan menegaskan pembacaan dari huruf lam.

Banyak huruf qamariah ada 14 huruf hijaiah, yakni: ا ب غ ح ج ك و خ ف ع ق ي م ه


Q.S.Al-Maidah/5: 91 dan terjemahnya

إِنَّمَا يُرِيدُ ٱلشَّيْطَٰنُ أَن يُوقِعَ بَيْنَكُمُ ٱلْعَدَٰوَةَ وَٱلْبَغْضَآءَ فِى ٱلْخَمْرِ وَٱلْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَن ذِكْرِ ٱللَّهِ وَعَنِ ٱلصَّلَوٰةِ ۖ فَهَلْ أَنتُم مُّنتَهُونَ ﴿٩١﴾

"Dengan minuman keras dan judi itu, setan hanyalah bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu, dan menghalang-halangi kamu dari mengingat Allah dan melaksanakan salat, maka tidakkah kamu mau berhenti?" (Q.S.Al-Maidah/5: 91)

7. Tabel berikut menyajikan contoh hukum bacaan Alif Lām qamariyyah dan Alif Lām syamsiyah yang sering kita jumpai dalan Al-Qur’an.
Contoh Hukum Bacaan Alif Lām qamariyyah dan Alif Lām syamsiyah

Yang merupakan contoh hukum bacaan Alif Lām qamariyyah....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4

Jawaban: B

8. Pernyataan berikut merupakan contoh implementasi dari perilaku taat dalam kehidupan sehari-hari
1) Disiplin dan selalu menaati tata tertib sekolah.
2) Selalu taat kepada Allah Swt., rasul dan pemimpin.
3) Senang mengikuti kompetensi yang diadakan oleh sekolah-sekolah lain.
4) Berlomba-lomba untuk mewujudkan kebersihan dan keindahan di sekolah.
5) Belajar dan berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mencapai cita-citanya.

Yang merupakan implementasi perilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari terkait dengan Q.S. an-Nisā’/4: 59 ditunjukkan pada nomor….
A. 1) dan 2)
B. 2) dan 3)
C. 3) dan 4)
D. 4) dan 5)

Jawaban: A

9. Ketika kalian menemukan permasalahan atau perselisihan pendapat, masing-masing menganggap dirinya paling benar atas pendapatnya, maka sikap kalian yang benar….
A. Tidak perlu diselesaikan karena keduanya ingin menang
B. Membela salah satu dari mereka yang dianggap benar
C. Berusaha mencari titik temu dari perbedaan tersebut
D. Melaporkan kepada pihak yang berwajib

Jawaban: C

10. Ulil amri adalah pemimpin, siapapun pemimpinnya harus kita taati selama tidak memerintahkan untuk berbuat maksiat. Yang tidak termasuk ulil amri sesuai makna Q.S. an-Nisā’/4: 59 adalah….
A. Ketua kelas
B. Kepala desa
C. Wali kota/ bupati
D. Paguyuban

Jawaban: D

B. Soal Essay PAIBP Kelas 7 Bab 1 Al-Qur’an dan Sunah sebagai Pedoman Hidup

Jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Kita diperintahkan untuk untuk patuh dan taat kepada Allah Swt. Taat kepada Allah Swt. adalah mengikuti ajaran Al-Qur’an, sedangkan taat kepada Rasulullah saw. dengan mengamalkan sunahnya, begitu pula menaati ulil amri. Tuliskan dalil naqli yang menjelaskan kewajiban kita untuk taat kepada Allah Swt., rasul dan ulil amri!

Jawaban:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَطِيعُوا۟ ٱللَّهَ وَأَطِيعُوا۟ ٱلرَّسُولَ وَأُو۟لِى ٱلْأَمْرِ مِنكُمْ ۖ فَإِن تَنَٰزَعْتُمْ فِى شَىْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى ٱللَّهِ وَٱلرَّسُولِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ ۚ ذَٰلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا ﴿٥٩﴾

"Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul (sunahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya (Q.S. an-Nisā’/4:59)."

2. Mengapa sebagai seorang muslim yang baik, harus menaati ulil amri selama kebijakan mereka tidak bertentangan dengan Al-Qur’an dan Hadis?

Jawaban:
Mentaati pimpinan menjadi kewajiban orang yang beriman. Ketaatan tersebut bermanfaat yang besar untuk umat yang sesuai dengan ajaran Islam

3. Alif lam Qamariyyah merupakan Alif lam yang berhadapan dengan salah satu huruf Alif Lām Qamariyyah. Tuliskan hukum bacaan Alif Lām Qamariyyah yang ada pada Q.S. an-Naḥl/16: 64 ! Berikan alasannya!

Jawaban:
Ayat dan terjemah lengkap Q.S. An-Nahl/16: 64:

وَمَآ أَنزَلْنَا عَلَيْكَ ٱلْكِتَٰبَ إِلَّا لِتُبَيِّنَ لَهُمُ ٱلَّذِى ٱخْتَلَفُوا۟ فِيهِ ۙ وَهُدًى وَرَحْمَةً لِّقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ ﴿٦٤﴾

"Dan Kami tidak menurunkan Kitab (Al-Qur'an) ini kepadamu (Muhammad), melainkan agar engkau dapat menjelaskan kepada mereka apa yang mereka perselisihkan, serta menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman." (Q.S. An-Nahl/16: 64)

ٱلْكِتَٰبَ karena alif lām bertemu dengan huruf kaf (ك )

4. Buatlah peta konsep tentang perbedaan sunah, Hadis, aṡar, dan khabar!

Jawaban:
Silahkan berkarya dengan referensi berikut ini:
- Sunah adalah semua yang bersumber dari Nabi Muhammad saw. baik perkataan, perbuatan, taqri̅r, tabiat, budi pekerti atau perjalanan hidupnya.
- Hadis adalah perkataan, perbuatan, dan taqri̅r yang bersumber Nabi Muhammad saw. Ada pula ulama yang menyamakan sunah dengan Hadis.
- Khabar adalah sesuatu yang berasal atau disandarkan kepada nabi dan selain nabi.
- Aṡar adalah sesuatu yang disandarkan sahabat dan tabiin.

5. Jelaskan fungsi Hadis terhadap Al-Qur’an!

Jawaban:
Fungsi hadis terhadap Al-Qur’an adalah menetapkan dan memperkuat apa yang telah diterangkan di dalam Al-Qur’an, menafsirkan terhadap ayat-ayat yang masih mutlak dan memberikan pengkhususan terhadap ayat-ayat yang masih umum, memberikan kepastian hukum Islam yang tidak ada di AlQur’an dan membatalkan ketentuan yang datang kemudian yang terdahulu, sebab ketentuan yang baru dianggap lebih cocok dengan lingkungannya dan lebih luas.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang contoh soal pilihan ganda dan essay mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 7 SMP Bab 1 Al-Qur’an dan Sunah sebagai Pedoman Hidup lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Soal Sekolahmuonline rujuk dari Buku PAIBP Kelas VII SMP. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Lengkap Contoh Soal PAIBP Kelas 7 SMP

Lengkap contoh soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas VII SMP semua Bab disertai dengan jawaban dan pembahasannya silahkan baca dan pelajari pada judul-judul postingan Sekolahmuonline di bawah ini:

Lengkap Rangkuman PAIBP Kelas 7 SMP

Lengkap rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas VII SMP semua Bab silahkan baca dan pelajari pada judul-judul postingan Sekolahmuonline di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Contoh Soal PAIBP Kelas 7 Bab 1 Al-Qur’an dan Sunah sebagai Pedoman Hidup (PAIBP Kelas VII SMP) ~ sekolahmuonline.com"

close