Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman PAIBP Kelas 6 Pelajaran 4. Ayo Membayar Zakat (PAIBP Kelas VI SD/MI) ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman PAIBP Kelas 6 Pelajaran 4. Ayo Membayar Zakat (PAIBP Kelas VI SD/MI) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline posting rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas VI SD/MI Bab 4 atau Pelajaran 4 yang berjudul Ayo Membayar Zakat.

Pada bab ini putra-putri kita sedang mempelajari materi zakat yang dikemas lewat judul “Ayo Membayar Zakat”. Orangtua hendaknya mendampingi atau memantau putra-putrinya belajar, sehingga putra/putrinya mendapat arahan yang memadai di luar kelas. Dengan demikian dalam diri anak terbangun pengetahuan, sikap positif dan keterampilan.

Rangkuman PAIBP Kelas 6 Bab 4. Ayo Membayar Zakat

1. Menurut bahasa, zakat bermakna membersihkan. Sedangkan menurut istilah, zakat berarti mengeluarkan sebagian dari harta tertentu yang telah mencapai nisab.

2. Zakat fitrah adalah mengeluarkan beras atau bahan makanan pokok lainnya sebesar 2,5 kilogram atau 3,5 liter tiap orang, yang diberikan kepada fakir miskin yang membutuhkan.

3. Zakat Māl disebut juga zakat harta, yang terdiri: emas, perak, uang simpanan, hasil tambang, harta perniagaan, hasil pertanian, barang temuan, binatang ternak, dan sebagainya.

4. Syarat wajib zakat, yaitu: pemilik harta pemilik harta telah balig dan berakal (tidak gila); harta tersebut termasuk dari jenis-jenis harta yang wajib dizakati; harta tersebut telah mencapai nisab; harta tersebut milik sendiri.

5. Golongan orang yang berhak menerima zakat: fakir, miskin, orang terlilit hutang, mualaf, amil zakat, orang yang berjuang di jalan Allah Swt.

6. Hikmah Berzakat:
a. Membersihkan harta dan jiwa pembayar zakat dari sifat kikir, tamak atau rakus;
b. Membantu orang yang kesusahan atau kesulitan dari segi ekonomi;
c. Mendorong manusia untuk berjiwa sosial dan peduli kepada sesama;
d. Mendorong manusia untuk bersikap jujur dan bertanggung jawab atas harta yang dimilikinya;
e. Mengingatkan manusia, bahwa harta dan kekayaan hanyalah titipan dari Allah Swt.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 6 SD/MI Bab 4 Ayo Membayar Zakat yang Sekolahmuonline rujuk dari Buku PAIBP Kelas VI SD/MI. Semoga bermanfaat untuk Bapak/Ibu dan Kakak-kakak yang mendampingi belajar siswa kelas 6. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Lengkap Rangkuman PAIBP Kelas VI SD/MI Semua Bab

Berikut ini adalah rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 6 SD/MI semua bab. Dari Bab 1 s.d Bab 10 (Pelajaran 1 hingga Pelajaran 10). Silahkan baca dengan meng-klik judulnya masing-masing. Jika ada link yang error, silahkan langsung beritau kami untuk segera diperbaiki. 

Posting Komentar untuk "Rangkuman PAIBP Kelas 6 Pelajaran 4. Ayo Membayar Zakat (PAIBP Kelas VI SD/MI) ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close