Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal PAIBP Kelas 6 Pelajaran 2. Ketika Bumi Berhenti Berputar (PAIBP Kelas VI SD/MI) ~ sekolahmuonline.com

Soal PAIBP Kelas 6 Pelajaran 2. Ketika Bumi Berhenti Berputar (PAIBP Kelas VI SD/MI) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas VI SD/MI Bab 2 atau Pelajaran 2 yang berjudul Ketika Bumi Berhenti Berputar.
Soal PAIBP Kelas 6 SD/MI Pelajaran 2. Ketika Bumi Berhenti Berputar
Soal PAIBP Kelas VI SD/MI Bab 2. Ketika Bumi Berhenti Berputar

Pada bab ini putra-putri kita sedang mempelajari Kejadian Hari Kiamat, tanda-tanda dan hikmahnya; yang dikemas dalam judul “Ketika Bumi Berhenti Berputar”. Orang tua hendaknya mendampingi atau memantau putra-putrinya belajar, sehingga putra/putrinya mendapat arahan yang memadai di luar kelas. Dengan demikian dalam diri anak terbangun pengetahuan, sikap positif dan keterampilan.

Soal PAIBP Kelas VI Bab 2. Ketika Bumi Berhenti Berputar

Jawablah soal-soal di bawah ini! 

1. Jelaskan arti Hari Kiamat!

Kunci Jawaban:
Hari Kiamat adalah peristiwa hancurnya alam semesta beserta isinya. Alam semesta hancur luluh dan memusnahkan semua makhluk di dalamnya tanpa terkecuali. Hari kiamat ditandai dengan bunyi terompet sangkakala oleh Malaikat Israfil atas perintah dari Allah Swt..

2. Sebutkan 4 contoh Kiamat Sugrā!

Kunci Jawaban:
Kiamat Sugrā (kiamat kecil) yaitu hancurnya alam di sekitar kita; misalnya gunung meletus, gempa bumi, tsunami, air bah atau banjir bandang.

Kiamat kecil dapat terjadi dimana saja di atas bumi ini. Juga kiamat kecil dapat menimpa siapa saja dan dimana saja, seperti kematian seseorang.

Kiamat Sugrā (kiamat kecil) bisa saja terjadi karena ulah manusia sendiri. Misalnya berkendara tidak hati-hati sehingga kecelakaan, membakar hutan dan menebang pohon-pohon yang tidak terkendali, sehingga gunung menjadi gundul, tanah longsor serta membuang sampah di kali sehingga mengakibatkan banjir. 

3. Sebutkan 4 tanda akan datangnya Hari Kiamat!

Kunci Jawaban:
Di antara tanda-tanda akan datangnya Hari Kiamat adalah:
a. Banyak para ulama Muslim yang wafat.
b. Ilmu agama dianggap tidak penting.
c. Maksiat semakin terang-terangan dan kejahatan di muka bumi makin merajalela.
d. Banyak laki-laki yang perilakunya menyerupai perempuan, atau sebaliknya perempuan berperilaku seperti laki-laki.
e. Banyak peperangan dan kerusuhan di muka bumi ini.
f. Minuman keras dan barang terlarang (seperti narkoba) bebas beredar, sehingga menimbulkan tindakan kriminalitas yang merajalela.
g. Munculnya orang-orang yang mengaku sebagai nabi/rasul.

4. Sebutkan 4 hikmah mempercayai Hari Kiamat!

Kunci Jawaban:
Hikmah mempercayai Hari Kiamat diantaranya:
a. Kita bertambah yakin dengan kebesaran dan kekuasaan Allah Swt.
b. Kita bertambah semangat mengerjakan amal kebaikan.
c. Kita menghindari perbuatan yang dilarang oleh Allah Swt. seperti: berkelahi, menggunakan obat terlarang/narkoba, minum minuman keras, mencuri, memfitnah dan sebagainya.
d. Bersikap jujur, disiplin dan bertanggungjawab dalam melakukan pekerjaan.
e. Selalu waspada dan menjaga lingkungan sekitar rumah atau sekolah.
f. Tidak menunda-nunda melakukan amal kebaikan, seperti melakukan salat lima waktu, tugas mengerjakan PR dan sebagainya.
[Silakan pilih empat]

5. Sebutkan 4 perbedaan Kiamat Sugrā dengan Kiamat Kubrā?

Kunci Jawaban:
Kiamat Sugrā adalah hancurnya alam di sekitar kita; misalnya gunung meletus, gempa bumi, tsunami, air bah atau banjir bandang.

Kiamat Kubra adalah hancurnya alam semesta beserta isinya. Seperti matahari , bumi dan planet-planet lainnya sudah tidak berjalan di porosnya sehingga saling bertabrakan.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 6 SD/MI Bab 2 Ketika Bumi Berhenti Berputar Lengkap dengan Kunci Jawabannya. Soal Sekolahmuonline rujuk dari Buku PAIBP Kelas VI SD/MI. Semoga bermanfaat untuk Bapak/Ibu dan Kakak-kakak yang mendampingi belajar siswa-siswi kelas 6. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Lengkap Soal PAIBP Kelas VI SD/MI Semua Bab

Berikut ini adalah soal-soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 6 SD/MI semua bab. Dari Bab 1 s.d Bab 10 (Pelajaran 1 hingga Pelajaran 10). Silahkan baca dengan meng-klik judulnya masing-masing. Jika ada link yang error, silahkan langsung beritau kami untuk segera diperbaiki.

Lengkap Rangkuman PAIBP Kelas VI SD/MI Semua Bab

Berikut ini adalah rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 6 SD/MI semua bab. Dari Bab 1 s.d Bab 10 (Pelajaran 1 hingga Pelajaran 10). Silahkan baca dengan meng-klik judulnya masing-masing. Jika ada link yang error, silahkan langsung beritau kami untuk segera diperbaiki.

Posting Komentar untuk "Soal PAIBP Kelas 6 Pelajaran 2. Ketika Bumi Berhenti Berputar (PAIBP Kelas VI SD/MI) ~ sekolahmuonline.com"

close