Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal PPKn kelas 12 dan Jawabannya Bab 4 Kasus-Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara (PPKn kelas XII SMA/MA/SMK/MAK)~Part 1

Sekolahmuonline - Contoh Soal PPKn kelas 12 dan Jawabannya Bab 4 Kasus-Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara (PPKn kelas XII SMA/MA/SMK/MAK)~Part 1. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda contoh soal dan jawabannya mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas 12 SMA/MA/SMK/MAK. Kali ini kita bahas Bab keempat yaitu Bab yang membahas Kasus-Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara. Agar tidak terlalu panjang, kami buat menjadi beberapa bagian. Ini adalah bagian yang pertama (Part 1). Dalam bagian pertama ini lebih fokus membahas Makna Hak dan Kewajiban Warga Negara serta Jenis-Jenis Hak dan Kewajiban Warga Negara Republik Indonesia. Selamat membaca, selamat belajar, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk berbagi, karena berbagi tak akan membuat kita menjadi misqueen.
Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan pengertian hak warga negara!

Jawaban:
Hak warga negara merupakan seperangkat hak yang melekat dalam diri manusia dalam kedudukannya sebagai anggota dari sebuah negara

2. Hak warga negara Indonesia meliputi hak konstitusional dan hak hukum. Jelaskan pengertian hak konstitusional dan apa jaminan dari hak hukum hukum!

Jawaban:
Hak konstitusional adalah hak-hak yang dijamin di dalam dan oleh Undang-Undang 
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945), sedangkan hak-hak hukum timbul berdasarkan jaminan undang-undang dan peraturan perundang-undangan di bawahnya.

3. Jelaskan perbedaan antara hak asasi manusia dan hak warga negara!

Jawaban:
Hak asasi manusia adalah hak yang melekat pada diri setiap pribadi manusia. Karena itu, hak asasi manusia itu berbeda pengertiannya dengan hak warga negara. 

Hak warga negara merupakan seperangkat hak yang melekat dalam diri manusia dalam kedudukannya sebagai anggota dari sebuah negara. Hak asasi sifatnya universal, tidak terpengaruh status kewarganegaraan seseorang. Akan tetapi hak warga negara dibatasi oleh status kewarganegaraannya.
Dengan kata lain, tidak semua hak warga negara adalah hak asasi manusia. Akan tetapi, dapat dikatakan bahwa semua hak asasi manusia juga merupakan hak warga negara, misalnya hak setiap warga negara untuk menduduki jabatan dalam pemerintahan Republik Indonesia adalah hak asasi warga negara Indonesia. Hak ini tidak berlaku bagi orang yang bukan warga negara Indonesia.

4. Jelaskan pengertian kewajiban!

Jawaban:
Kewajiban secara sederhana dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

5. Jelaskan pengertian kewajiban warga negara!

Jawaban:
Kewajiban warga negara dapat diartikan sebagai tindakan atau perbuatan yang harus dilakukan oleh seorang warga negara sebagaimana diatur dalam ketentuan perundang-undangan yang berlaku

6. Jelaskan perbedaan kewajiban asasi dan kewajiban warga negara!

Jawaban:
Kewajiban asasi merupakan kewajiban dasar setiap orang. Dengan kata lain, kewajiban asasi terlepas dari status kewarganegaraan yang dimiliki oleh orang tersebut. Sementara itu, kewajiban warga negara dibatasi oleh status kewarganegaran seseorang. Akan tetapi, meskipun demikian, konsep kewajiban warga negara memiliki cakupan yang lebih luas, karena meliputi pula kewajiban asasi. Misalnya, di Indonesia menghormati hak hidup merupakan kewajiban setiap orang terlepas apakah ia warga negara Indonesia atau bukan. Adapun, kewajiban bela negara hanya merupakan kewajiban warga negara Indonesia saja, sementara warga negara asing tidak dikenakan kewajiban tersebut

7. Hak dan kewajiban warga negara merupakan dua hal yang saling berkaitan. Jelaskan maksudnya!

Jawaban:
Hak dan kewajiban warga negara merupakan dua hal yang saling berkaitan. Keduanya memiliki hubungan kausalitas atau hubungan sebab akibat. Seseorang mendapatkan haknya dikarenakan dipenuhinya kewajiban yang dimilikinya. Misalnya, seorang pekerja mendapatkan upah, setelah dia melaksanakan pekerjaan yang menjadi kewajibannya. Selain itu, hak yang didapatkan seseorang sebagai akibat dari kewajiban yang dipenuhi oleh orang lain. Misalnya, seorang pelajar mendapatkan ilmu pengetahuan pada mata pelajaran tertentu, sebagai salah satu akibat dari dipenuhinya kewajiban oleh guru yaitu melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas.

8. Jelaskan mengapa hak dan kewajiban warga negara tidak dapat dipisahkan?

Jawaban:
Hak dan kewajiban warga negara tidak dapat dipisahkan, karena bagaimanapun dari kewajiban itulah muncul hak-hak dan sebaliknya. Akan tetapi, sering terjadi pertentangan karena hak dan kewajiban tidak seimbang.
Misalnya, setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban untuk mendapatkan penghidupan yang layak, akan tetapi pada kenyataannya banyak warga negara yang belum merasakan kesejahteraan dalam menjalani kehidupannya. Hal ini disebabkan oleh terjadinya ketidakseimbangan antara hak dan kewajiban. Jika keseimbangan itu tidak ada maka akan terjadi kesenjangan sosial yang berkepanjangan. 

9. Sebutkan beberapa jenis hak dan kewajiban yang diatur dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945!

Jawaban:
Berikut ini adalah beberapa jenis hak dan kewajiban yang diatur dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945:
- Hak atas kewarganegaraan
- Kesamaan kedudukan dalam hukum dan pemerintahan
- Hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan
- Hak dan kewajiban bela negara
- Kemerdekaan berserikat dan berkumpul
- Kemerdekan memeluk agama
- Pertahanan dan keamanan negara
- Hak mendapat pendidikan
- Kebudayaan nasional Indonesia
- Perekonomian nasional
- Kesejahteraan sosial

10. Jelaskan bagaimana cara mewujudkan keseimbangan antara hak dan kewajiban!

Jawaban:
Keseimbangan antara hak dan kewajiban dapat diwujudkan dengan cara mengetahui posisi diri kita sendiri.
Sebagai seorang warga negara kita harus tahu hak dan kewajiban kita. Laksanakan apa yang menjadi kewajiban kita serta perjuangkan apa yang menjadi hak kita.
Seorang pejabat atau pemerintah pun harus tahu akan hak dan kewajibannya. Seperti yang sudah tercantum dalam hukum dan aturan-aturan yang berlaku. Jika hak dan kewajiban seimbang dan terpenuhi, maka kehidupan masyarakat akan aman sejahtera.

Baca juga mapel lainnya:
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Contoh Soal PPKn kelas 12 dan Jawabannya Bab 4 Kasus-Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara (PPKn kelas XII SMA/MA/SMK/MAK)~Part 1"

close