Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal Seni Budaya Kelas 10 Bab 15 Pagelaran Teater (Seni Budaya Kelas X SMA/MA/SMK/MAK) ~ Semester 2

Contoh Soal Seni Budaya Kelas 10 Bab 15 Pagelaran Teater (Seni Budaya Kelas X SMA/MA/SMK/MAK) ~ Semester 2. Pembaca Sekolahmuonline, kembali Sekolahmuonline sajikan untuk Anda khususnya adik-adik kelas 10 Contoh Soal Lengkap dengan Jawabannya mata pelajaran Seni Budaya Kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK Semester 2 atau semester genap. Kali ini Sekolahmuonline akan membahas Bab 15 yang membahas tentang Pagelaran Teater.
Contoh Soal Seni Budaya Kelas 10 Lengkap dengan Jawabannya Bab 15 Pagelaran Teater


Perlu pembaca Sekolahmuonline ketahui semua khususnya adik-adik yang duduk di kelas 10, bahwa setelah mempelajari Bab 15 ini peserta didik diharapkan dapat:

1. Mendeskripsikan pengertian pergelaran teater.
2. Mengidentifikasi unsur pergelaran teater.
3. Mengidentifikasi teknik pergelaran teater.
4. Melakukan perencanaan pergelaran teater.
5. Melakukan persiapan pergelaran teater.
6. Melakukan pergelaran teater dengan lisan, tulisan dan praktik. 
7. Mengevaluasi pergelaran teater.
8. Memaknai pembelajaran melalui pergelaran teater.

1. Jelaskan pengertian pergelaran teater!

Jawaban/Pembahasan:
Pergelaran Teater secara umum merupakan proses komunikasi atau peristiwa interaksi antara karya seni dengan penontonya yang dibangun oleh suatu sistem pengelolaan, yakni manajemen seni pertunjukan. 

2. Apa yang kamu ketahui tentang Manajemen Seni Pertunjukan?

Jawaban/Pembahasan:
Manajemen Seni Pertunjukan dapat dipahami sebagai serangkaian tindakan yang dilakukan seorang pengelola seni (pimpinan produksi) dalam memberdayakan sumber-sumber (potensi) yang ada berdasarakan fungsi-fungsi manajemen (POAC) secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan seni.

Tujuan seni di dalam manajemen seni pertunjukan, termasuk di dalamnya Teater adalah guna mencapai kualitas karya seni yang bermutu dan menjaga kesejahteraan beberapa awak pendukung pergelaran di dalamnya. Dalam hal ini, kualitas karya seni ditanggungjawabi oleh seorang Manager Artistik, dikenal dengan Sutradara. Dan kesejahteraan bagi beberapa awak pendukungnya dipercayakan kepada seseorang yang mengetahui secara ilmu dan praktik sebagai Puncak Kreativitas pengelolaan pergelaran, yakni Manager Produksi Pergelaran Teater atau Pimpinan Produksi.

3. Sebutkan dan jelaskan unsur-unsur penting dalam pergelaran Teater!

Jawaban/Pembahasan:

Suatu pergelaran seni, termasuk pergelaran Teater memiliki persyaratan. Persyaratan dimaksud sebagai unsur penting dalam terselenggaranya pergelaran Teater.

Tanpa adanya persyaratan tersebut, pergelaran seni atau peristiwa seni tidak akan terwujud. Unsur penting tersebut meliputi adanya unsur; Panitia pergelaran, materi pergelaran Teater, dan penonton. 

1. Panitia Pergelaran
Panitia adalah sekelompok orang-orang yang membentuk suatu organisasi untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam hal ini, organisasi yang dibentuk dengan system panitia. Dengan system kepanitiaan dalam pergelaran seni, termasuk pergelaran Teater sangat cocok untuk diterapkan. Karena pembentukan organisasi dengan system panitia memiliki kemudahan, yakni mudah dibentuk dan mudah pula untuk dibubarkan tanpa adanya ikatan kerja yang rumit. 

2. Materi Pergelaran Teater
Syarat kedua sebagai unsur penting di dalam pergelaran Teater adanya unsur materi seni atau karya teater. Materi pergelaran yang dimaksud adalah wujud karya teater yang dibangun melalui proses kreatif melalui tahapan dengan menggunakan medium tertentu bersifat kolektif (bekerja bersama) dengan wilayah kerja dan tanggungjawab secara bersama (kolaborasi). 

3. Penonton 
Penonton adalah orang-orang atau sekelompok manusia yang sengaja datang untuk menyaksikan tontonan. Penonton dapat juga dikatakan sebagai apresiator, penikmat, penilai, dst. terhadap materi seni (seni teater) yang di pergelarkan. Oleh karena itu, kehadiran penonton dalam suatu pergelaran adalah bersifat mutlak. Tanpa penonton, pergelaran teater adalah kesia-siaan atau
mubazir. Karena pergelaran teater membutuhkan suatu penilaian, penghargaan atau kritikan dari
orang lain dalam rangka menciptakan peristiwa seni sebagai peristiwa budaya.

4. Penyelenggaraan pergelaran memiliki dua komponen penting. Sebutkan apa saja komponen tersebut!

Jawaban/Pembahasan:
Penyelenggaraan pergelaran memiliki dua komponen penting, yakni adanya: panitia artistik atau pemateri atau kreator seni dibawah pimpinan seorang Sutradara (art director) dan panitia non artistik atau penggiat seni dipimpin oleh seorang Pimpinan Produksi yang dipilih dan diangkat atas musyawarah kelas atau teman dalam kelompok yang dibentuk.

5. Sebutkan tahapan-tahapan di dalam penyelenggaraan pergelaran!

Jawaban:
Tahapan-tahapan di dalam penyelenggaraan pergelaran, meliputi: 
- Tahap prapelaksanaan
- Tahap pelaksanaan
- Tahap pasca pelaksanaan

Tahapan-tahapan tersebut pada dasarnya merupakan satu kesatuan di dalam pelaksanaan fungsi-fungsi manajamen, berupa: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan kegiatan pergelaran Teater untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan

6. Sebutkan dan jelaskan tiga golongan penonton dalam hubungan pergelaran seni (Teater)!

Jawaban/Pembahasan:
Menonton, mengapresiasi adalah sikap menerima, menghargai dan sekaligus mengkritisi pesan yang disampaikan pergelaran karya seni.

Penilaian terhadap pergelaran seni untuk setiap penonton sangatlah berbeda dan bersifat relative.

Oleh karena itu, berpijak pada keragaman latarbelakang penonton dan pengalaman seni, penonton dalam hubungan pergelaran seni (Teater) dapat dibedakan dalam tiga golongan, yakni penonton: awam, tanggap dan kritis. 
a. Penonton awam adalah penonton penikmat seni dengan kecenderungan kurang atau tidak dibekali dengan pengetahuan dan pengalaman seni. Dalam hal ini wawasan dan pengalaman seni Teater. 

b. Penonton tanggap, artinya penonton bersikap responsif dengan kecenderungan memiliki wawasan dan pengalaman seni, tetapi tidak ditindaklanjuti untuk mengulas terhadap apa yang pergelaran yang ditontonnya cukup untuk dipahami dan dinikmati sendiri. 

c. Penonton kritis, adalah penonton dengan bekal keilmuan dan pengalaman seni kemudian melakukan ulasan atau menulis kritik pergelaran dan dipublikasikan dalam forum ilmiah, diskusi sampai media cetak dan elektronik. 

7. Jelaskan pengertian teknik pergelaran Teater!

Jawaban/Pembahasan:
Teknik adalah cara, upaya, strategi dan metode untuk memudahkan kerja dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Terkait teknik dalam pergelaran Teater dapat dipahami sebagai suatu cara dan upaya kamu bersama teman-teman satu kelas atau kelompok yang dibentuk untuk terlibat dalam merencanakan, mempersiapkan, mempergelarkan karya Teater yang kamu ciptakan.

8. Sebutkan langkah-langkah pembelajaran seni teater!

Jawaban:
Pembelajaran seni teater melalui pergelaran teater dapat kamu lakukan dengan menggunakan kreativitas, mencoba dan gagal (trial and error), dan bebas terbimbing melalui langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut:
• Memilih dan Menentukan Naskah.
• Menyusun dan membentuk Panitia Pergelaran.
• Menganalisis/menafsir naskah Teater.
• Merancang konsep garap pergelaran teater.
• Merancang jadwal latihan dan pergelaran.
• Mengidentikasi elemen pemain dan pendukung.
• Melakukan latihan pemeranan sesuai casting.
• Melakukan observasi watak tokoh sesuai naskah.
• Merancang dan membuat property kebutuhan pergelaran.
• Merancang, membuat dan melakukan tata rias/kostum pemain 
sesuai penokohan.
• Merancang dan membuat tata musik.
• Merancang dan membuat tata panggung.
• Melakukan latihan sektoral.
• Melakukan latihan gabungan beberapa unsur artistik.
• Melakukan gladi kotor dan gladi bersih pergelaran.
• Merancang, membuat, dan melakukan publikasi dan kemitraan.
• Menyajikan teater (kolaborasi seni) karya siswa.
• Membuat laporan dan evaluasi terhadap pergelaran teater yang 
telah dilakukan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Seni Budaya Kelas 10 Bab 15 Pagelaran Teater (Seni Budaya Kelas X SMA/MA/SMK/MAK) ~ Semester 2"

Memuat...