Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Kimia kelas X Bab III Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi Serta Jawabannya (Kelas X SMA/MA)

Sekolahmuonline - Contoh Soal Kimia kelas X Bab III Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi Serta Jawabannya (Kelas X SMA/MA). Pembaca Sekolahmuonline khususnya adik-adik yang masih duduk di kelas X, berikut ini Sekolahmuonline sajikan untuk Anda materi mata pelajaran Kimia Bab III yang membahas tentang Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi yang kami ambil dari buku elektronik Kimia. Semoga bermanfaat dan memudahkan adik-adik dalam mencari materi pelajaran dan mempelajarinya. Jangan lupa untuk berbagai. Karena berbagai, sharing is caring itu membahagiakan.

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan pengertian rumus kimia!

Jawaban:
Rumus kimia adalah rumus yang menyatakan komposisi atom-atom penyusun senyawa.

2. Rumus kimia mengandung lambang-lambang unsur dan angka yang menunjukkan jumlah unsur-unsur penyusun senyawa. Buatlah penulisan rumus kimia!

Jawaban:
Berikut ini penulisan rumus kimia:
X dan Y menyatakan lambang unsur dan angka 2 menunjukkan jumlah unsur X

3. Unsur-unsur ada yang berdiri sendiri atau monoatomik, ada juga yang terdiri dari dua atom yang sama (diatomik) dan lebih dari dua atom yang sama (poliatomik). Jelaskan bagaimana cara penulisan rumus kimia untuk unsur monoatomik, molekul diatomik, dan poliatomik!

Jawaban:
Rumus kimia untuk unsur monoatomik ditulis sesuai dengan lambang unsurnya. Rumus kimia untuk molekul diatomik dan poliatomik ditulis dengan menuliskan lambang unsurnya ditambah angka yang menunjukkan jumlah atomnya.

4. Sebutkan contoh rumus kimia unsur dan molekul!

Jawaban:
Contoh rumus kimia unsur dan molekul:

Unsur yang atom-atomnya berikatan dengan atom sejenis, disebut molekul unsur misalnya O2, N2, dan P4. Molekul-molekul ini merupakan senyawa kovalen.

5. Rumus kimia untuk senyawa dengan unsur-unsur yang berbeda ada yang berupa rumus molekul dan rumus empiris. Apa yang dimaksud dengan rumus molekul dan rumus empiris itu? 

Jawaban:
Rumus molekul suatu senyawa adalah rumus yang menunjukkan jumlah atom yang sebenarnya di dalam molekul senyawa itu.
Rumus empiris suatu senyawa adalah rumus yang menyatakan perbandingan terkecil dari jumlah atom-atom unsur penyusun senyawa.

Rangkuman Bab Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi 

1. Rumus kimia dapat berupa rumus kimia dan rumus empiris. Rumus kimia dibedakan menjadi rumus kimia senyawa ion dan senyawa kovalen.

2. Tata nama senyawa ion diawali dengan menuliskan nama ion positif kemudian nama ion negatif. Pada senyawa biner dimulai dengan nama logam kemudian nama nonlogam dengan diberi akhiran-ida.
Pada ion poliatom, ion yang memiliki oksigen lebih banyak nama ion diberi akhiran –it, yang lebih sedikit diberi akhiran-at.

3. Tata nama senyawa kovalen diawali dengan menuliskan jumlah unsur pertama, nama unsur, jumlah unsur kedua, dan nama unsur kedua dengan akhiran –ida. Jumlah unsur ditulis dalam bahasa latin.

4. Tata nama senyawa organik disesuaikan dengan nama golongannya.

5. Gejala-gejala yang menyertai reaksi kimia adalah terjadinya endapan, gas, perubahan warna, dan suhu.

6. Reaksi kimia dapat dituliskan dalam suatu persamaan reaksi yang menyatakan zat-zat pereaksi, hasil reaksi, koefisien reaksi dan fasa zat pada reaksi.

7. Pada reaksi kimia tidak terjadi perubahan massa maka jumlah atom-atom sebelum reaksi dengan hasil reaksi harus disamakan dulu dengan cara penyetaraan reaksi.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Kimia kelas X Bab III Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi Serta Jawabannya (Kelas X SMA/MA)"

close