Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Sejarah Kelas 11 Bab 3 Peristiwa di Eropa yang Berpengaruh Terhadap Kehidupan Umat Manusia ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Sejarah Kelas 11 Bab 3 Peristiwa di Eropa yang Berpengaruh Terhadap Kehidupan Umat Manusia ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini adalah Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Sejarah Kelas 11 Bab 3 yang membahas tentang Peristiwa di Eropa yang Berpengaruh Terhadap Kehidupan Umat Manusia.

Rangkuman Sejarah Kelas XI Bab 3 Peristiwa di Eropa yang Berpengaruh Terhadap Kehidupan Umat Manusia


Sejarah Kelas 11 Bab 3 membahas dua pembelajaran. Pembelajaran Pertama membahas tentang Renaissance, Merkantilisme, dan Reformasi Gereja di Eropa. Pembelajaran Kedua membahas tentang Aufklarung, dan Revolusi Industri di Eropa.

Rangkuman Sejarah Kelas XI Bab 3 Peristiwa di Eropa yang Berpengaruh Terhadap Kehidupan Umat Manusia

Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 1: Renaissance, Merkantilisme, dan Reformasi Gereja di Eropa

1. Renaissance berasal dari bahasa latin renaitre yang terdiri atas dua kata yakni, re berarti kembali dan naitre berarti lahir. Dengan demikian, renaissance dapat diterjemahkan sebagai terlahir kembali. Renaissancee berdampak pada kemajuan dalam berbagai bidang di Eropa

2. Merkantilisme merupakan konsep ekonomi yang menitik beratkan pada kesejahteraan sebuah negara hanya ditentukan oleh banyaknya aset atau modal yang disimpan oleh negara yang bersangkutan. Oleh karena itu, besarnya volume perdagangan global sangat penting. Dampak dari merkantilisme negara-negara Eropa tidak hanya bersaing dalam bidang ekonomi atau perdagangan saja, akan tetapi berlomba-lomba juga dalam memperluas wilayah koloni atau kekuasaannya ke berbagai penjuru dunia termasuk afrika, amerika, dan asia.

3. munculnya reformasi gereja salah satunya adalah keinginan untuk membebaskan diri dari kepemimpinan paus terhadap kehidupan beragama di negara Eropa. Adanya penyimpangan dalam praktek jual beli surat pengakuan dosa juga menjadi pemicu lahirnya reformasi gereja. Reformasi gereja pada perkembangannya melahirkan agama kristen protestan.

Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 2: Aufklarung, dan Revolusi Industri di Eropa

1. Aufklarung merupakan Abad pencerahan (1685-1815) adalah suatu periode dalam sejarah manusia yang ditandai dengan optimism yang tinggi pada kemampuan rasio manusia untuk menciptakan kemajuan. optimisme itu muncul karena keberanian menggunakan rasio itu telah terbukti melhirkan perubahan besar. Hal itu tampak sangat nyata melalui hasil penemuan para ilmuwan serta pemikiran-pemikiran para filsuf. Penemuan para lmuwan pada masa-masa menjelang munculnya optimisme Pencerahan memicu lahirnya banyak kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

2. Revolusi industri adalah perubahan cara pembuatan barang-barang industri yang semula dikerjakan dengan tenaga manusia diganti dengan tenaga mesin. Saat ini, dunia telah masuk dalam revolusi industry 4.0 dimana otomisasi mesin menjadi kunci sehingga negara yang menguasai teknologi dengan baik akan mampu bertahan dan mengikuti perkembangan.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Sejarah Kelas 11 Bab 3 Peristiwa di Eropa yang Berpengaruh Terhadap Kehidupan Umat Manusia. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Lengkap Soal-soal Sejarah Kelas 11 dan Kunci Jawabannya bentuk soal Pilihan Ganda (PG) dan Essay (Uraian):

Posting Komentar untuk "Rangkuman Sejarah Kelas 11 Bab 3 Peristiwa di Eropa yang Berpengaruh Terhadap Kehidupan Umat Manusia ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...