Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Seni Budaya (Seni Musik) Kelas 10 Bab Konsep, Bentuk dan Jenis Pertunjukan Musik Tradisional ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Seni Budaya (Seni Musik) Kelas 10 Bab Konsep, Bentuk dan Jenis Pertunjukan Musik Tradisional ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Seni Budaya (Seni Musik) kelas 10 Bab Konsep, Bentuk dan Jenis Pertunjukan Musik Tradisional. 
Rangkuman atau ringkasan Seni Budaya (Seni Musik) Kelas 10 Bab Konsep, Bentuk dan Jenis Pertunjukan Musik Tradisional
Rangkuman atau ringkasan Seni Budaya (Seni Musik) Kelas 10 Bab Konsep, Bentuk dan Jenis Pertunjukan Musik Tradisional

Seni Budaya (Seni Musik) Kelas 10 Bab Konsep, Bentuk dan Jenis Pertunjukan Musik Tradisional terdiri dari tiga kegiatan pembelajaran:
• Kegiatan Pembelajaran Pertama: Konsep Pertunjukan Musik Tradisional
• Kegiatan Pembelajaran Kedua: Bentuk Pertunjukan Musik Tradisional
• Kegiatan Pembelajaran Ketiga: Jenis Pertunjukan Musik Tradisional

Rangkuman atau Ringkasan Seni Budaya (Seni Musik) Kelas X Bab Konsep, Bentuk dan Jenis Pertunjukan Musik Tradisional

Nah, berikut ini rangkuman Seni Budaya (Seni Musik) Kelas X Bab Konsep, Bentuk dan Jenis Pertunjukan Musik Tradisional. Semoga membantu memudahkan Anda dalam mempelajari Seni Budaya khususnya Seni Musik bab ini.

• Secara konseptual pertunjukan musik tradisional terdiri atas pertunjukan musik sakral dan profan. Musik sakral berhubungan dengan upacara adat di lingkungan masyarakat adat, sedang musik profan adalah pertunjukan musik yang tidak ada kaitan dengan keagamaan tetapi lebih berfungsi sebagai tontonan, hiburan, dan pendidikan.

• Pada pertunjukan musik tradisional yang profan, terdapat beberapa garapan mandiri dan garapan kolaborasi. Cara pertunjukannya dapat berupa pertunjukan langsung, baik di dalam ruangan (indoor) maupun di luar ruangan (outdoor); dan pertunjukan tidak langsung berupa pertunjukan virtual di dunia maya. Hal ini terjadi bersamaan dengan perkembangan teknologi informasi berupa teknologi internet.

• Dari kedua cara pertunjukan tersebut, pertunjukan langsung tetap menjadi prioritas utama untuk dilakukan oleh para seniman. Hal ini berdasarkan pertimbangan bahwa pertunjukan langsung memberikan kemungkinan terjadinya interaksi secara langsung antara seniman, karya musik dengan penonton. Kondisi ini akan mengakibatkan jiwa kesenian tetap dirasakan sehingga pengalaman estetis pun semakin meningkat.

• Pertunjukan musik tradisional di Indonesia sangat beragam. Ditinjau dari bentuk penyajiannya, terdapat dua bentuk penyajian yaitu penyajian tunggal (solo) dan kelompok (ansambel). Beberapa alat musik sejak awal kelahirannya disajikan secara tunggal, namun dalam perkembangannya dimainkan pula dalam kelompok. Sehingga untuk kepentingan pertunjukan, alat musik sejenis ini dapat disajikan secara tunggal dapat pula secara kelompok. Contoh alat musik yang dimaksud di antaranya adalah suling dan kacapi. Namun terdapat pula alat musik yang sejak kelahirannya selalu bersifat ansambel, salah satunya adalah senivgamelan.

• Contoh pertunjukan musik tradisional di atas, baik penyajian tunggal maupun kelompok, menunjukan adanya kekayaan kesenian yang terdapat di Indonesia. Untuk itu, sudah sewajarnya semua warga Indonesia bangga dan ikut menjaga kelestariannya. Cara yang tepat adalah berusaha mengapresiasi dan mempelajari keunikan yang terdapat di dalamnya, salah satunya melalui pelajaran Seni Budaya.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan Seni Budaya (Seni Musik) Kelas X Bab Konsep, Bentuk dan Jenis Pertunjukan Musik Tradisional. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap Soal Seni Budaya (Seni Musik) kelas X dan Kunci Jawaban atau Pembahasannya:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Seni Budaya (Seni Musik) Kelas 10 Bab Konsep, Bentuk dan Jenis Pertunjukan Musik Tradisional ~ sekolahmuonline.com"

close