Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Kimia Kelas 11 Bab Sistem Koloid ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Kimia Kelas 11 Bab Sistem Koloid ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Kimia Kelas XI Bab Sistem Koloid. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga membantu mempermudah pembaca Sekolahmuonline semuanya dalam mengingat-ingat materi Kimia khususnya Bab Sistem Koloid.
Rangkuman atau ringkasan Kimia Kelas XI Bab Sistem Koloid
Rangkuman atau ringkasan Kimia Kelas XI Bab Sistem Koloid

Kimia Kelas 11 Bab Sistem Koloid membahas dua Kegiatan Pembelajaran, yaitu:
• Kegiatan Pembelajaran Pertama: Sistem Koloid
• Kegiatan Pembelajaran Kedua: Sifat dan Pembuatan Koloid

Rangkuman Kimia Kelas XI Bab Sistem Koloid

Nah, berikut ini rangkuman Kimia kelas XI Bab Sistem Koloid. Selamat membaca.

1. Koloid merupakan suatu bentuk campuran yang keadaannya diantara larutan dan suspensi. Secara kasat mata koloid terlihat homogen, tetapi secara mikoskopis koloid merupakan campuran heterogen.

2. Koloid terdiri dari 2 fase yaitu fase terdispersi dan pendispersi, di mana fase terdispersi merupakan zat yang tersebar dan fase pendispersi merupakan medium zat terdispersi tersebut tersebar merata.

3. Fase terdispersi koloid dapat berupa padat, cair dan gas, begitu pula dengan fase pendispersinya. Terdapat hanya 8 jenis koloid karena apabila fase terdispersi gas dan fase pendispersi gas, campuran keduanya bukan merupakan koloid tetapi larutan (campuran homogen).

4. Beberapa sifat koloid:
a. Efek Tyndall adalah efek penghamburan cahaya yang disebabkan oleh partikel-partikel koloid.
b. Gerak Brown adalah gerak acak atau gerak zig-zag yang dilakukan oleh partikel-partikel koloid.
c. Muatan Koloid.
Partikel-partikel koloid bermuatan listrik, ada yang positif dan ada yang negatif.

Adanya muatan listrik pada partikel-partikel koloid tersebut dapat dijelaskan dengan beberapa peristiwa yaitu :
1) Elektroforesis
2) Adsorpsi
3) Koagulasi
4) Koloid pelindung
5) Dialisis
5. Koloid Liofil dan Liofob. Koloid liofil adalah suatu koloid yang fase terdispersinya dapat menarik medium pendispersi yang berupa cairan akibat adanya gaya Van der Waals atau ikatan hidrogen. Koloid liofob adalah suatu koloid yang fase terdispersinya tidak dapat mengikat atau menarik medium pendispersinya.

6. Koloid dengan ukuran partikel yang besarnya di antara larutan sejati, maka koloid dapat dibuat dengan 2 cara yaitu memperbesar ukuran partikel larutan atau memperkecil ukuran partikel suspensi.
a. Cara Kondensasi.
1) Cara Kimia
- Reaksi Hidrolisis
- Reaksi Substitusi
- Reaksi Redoks
2) Cara Fisika.
- Penggantian Pelarut.
- Pengembunan Uap

b. Cara Dispersi.
1) Cara Mekanik.
2) Cara Peptisasi
3) Cara Busur Bredig.
4) Cara Homogenisasi.
5) Cara Dispersi dalam Gas.

7. Cara memurnikan koloid
a. Dialisis
b. Ultrafiltrasi.
c. Elektroforesis.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan Kimia Kelas XI Bab Sistem Koloid. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Kumpulan Rangkuman Kimia Kelas XI

Lengkap Rangkuman atau Ringkasan Kimia kelas XI semua Bab silakan pembaca Sekolahmuonline lihat pada tautan/link yang ada di bawah ini. Jika ada tautan/link yang error/mati, silakan beritahukan kepada kami langsung lewat kolom komentar atau lewat kontak yang sudah disediakan untuk segera Sekolahmuonline perbaiki.
Kumpulan Soal Kimia Kelas XI

Lengkap soal-soal Kimia kelas XI dan kunci jawaban serta pembahasannya dari semua Bab yang ada, silakan pembaca Sekolahmuonline lihat pada tautan/link yang ada di bawah ini. Jika ada tautan/link yang error/mati, silakan beritahukan kepada kami langsung lewat kolom komentar atau lewat kontak yang sudah disediakan untuk segera Sekolahmuonline perbaiki.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Kimia Kelas 11 Bab Sistem Koloid ~ sekolahmuonline.com"

close