Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Kimia Kelas 11 Bab Minyak Bumi ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Kimia Kelas 11 Bab Minyak Bumi ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Kimia Kelas XI Bab Minyak Bumi. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga membantu mempermudah pembaca Sekolahmuonline semuanya dalam mengingat-ingat materi Kimia khususnya Bab Minyak Bumi.
Rangkuman atau ringkasan Kimia Kelas XI Bab Minyak Bumi
Rangkuman Kimia Kelas XI Bab Minyak Bumi

Kimia Kelas 11 Bab Minyak Bumi membahas dua Kegiatan Pembelajaran, yaitu:
• Kegiatan Pembelajaran Pertama: Proses Pembentukan Minyak Bumi dan Fraksi Minyak Bumi
• Kegiatan Pembelajaran Kedua: Teknik Pemisahan Fraksi-fraksi Minyak Bumi dan Kegunaannya

Sebelum masuk ke rangkuman atau ringkasan Kimia Kelas XI Bab Minyak Bumi, silakan baca istilah-istilah yang mungkin akan sering Anda jumpai ketika membahas Bab ini. Sehingga, Anda menjadi tidak asing lagi dengan istilah-istilah yang ada. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam mempelajari Kimia khususnya Bab Minyak Bumi.
- Fitoplankton : komponen autotrof plankton
- Fosil : sisa-sisa atau bukti kehidupan yang terjadi waktu geologi sebelumnya / purba
- Fraksi minyak bumi : komponen-komponen penyusun minyak bumi
- Destilasi bertingkat : proses pemisahan campuran ke dalam bagian-bagian penyusunanya berdasarkan perbedaan titik didih
- Titik didih : suhu (temperatur) ketika tekanan uap sebuah zat cair sama dengan tekanan eksternal yang dialami oleh cairan
- Bilangan Oktan : menyatakan mutu bensin, semakin besar bilangan oktan, semakin baik mutunya
- MTBE : zat aditif pada bensin yang mengandung senyawa metil tersier butil eter
- Mutu bensin : ditentukan oleh bilangan oktan yang menyatakan kandungan isooktana dalam bensin

Rangkuman Kimia Kelas XI Bab Minyak Bumi

Nah, berikut ini rangkuman atau ringkasan Kimia kelas XI Bab Minyak Bumi. Selamat membaca dan selamat belajar. Semoga harimu indah dan menyenangkan.

1. Minyak bumi terbentuk selama jutaan tahun ketika pada masa purba, tanaman dan hewan laut kecil (mikroorganisme) mati lalu terkubur di lapisan pasir dan batuan. Minyak bumi akan bergerak melalui batuan berpori dan akan terakumulasi ketika mencapai lapisan batuan keras, menghasilkan minyak bumi.

2. Hidrokarbon yang terkandung dalam minyak bumi terutama adalah alkana, sedangkan sisanya adalah sikloalkana, alkena, alkuna, dan senyawa aromatik. Komponen kecil lainnya selain hidrokarbon adalah senyawa-senyawa karbon yang mengandung oksigen, belerang, ataupun nitrogen.

3. Minyak bumi merupakan campuran senyawa-senyawa hidrokarbon. Untuk dapat dimanfaatkan perlu dipisahkan melalui distilasi bertingkat, yaitu cara pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi berdasarkan perbedaan titik didihnya pada kolom bertingkat (distilasi bertingkat).

4. Fraksi-fraksi minyak bumi, antara lain: gas, petroleum eter, bensin/gasoline, nafta, kerosin, solar, oli, parafin, dan aspal.

5. Minyak bumi sebagian besar digunakan untuk memproduksi bensin dan minyak bakar, keduanya merupakan sumber "energi primer" utama. 84% dari volume hidrokarbon yang terkandung dalam minyak bumi diubah menjadi bahan bakar yang di dalamnya termasuk dengan bensin, diesel, bahan bakar jet, dan elpiji.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan Kimia Kelas XI Bab Minyak Bumi. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Kumpulan Rangkuman Kimia Kelas XI

Lengkap Rangkuman atau Ringkasan Kimia kelas XI semua Bab silakan pembaca Sekolahmuonline lihat pada tautan/link yang ada di bawah ini. Jika ada tautan/link yang error/mati, silakan beritahukan kepada kami langsung lewat kolom komentar atau lewat kontak yang sudah disediakan untuk segera Sekolahmuonline perbaiki.
Kumpulan Soal Kimia Kelas XI

Lengkap soal-soal Kimia kelas XI dan kunci jawaban serta pembahasannya dari semua Bab yang ada, silakan pembaca Sekolahmuonline lihat pada tautan/link yang ada di bawah ini. Jika ada tautan/link yang error/mati, silakan beritahukan kepada kami langsung lewat kolom komentar atau lewat kontak yang sudah disediakan untuk segera Sekolahmuonline perbaiki.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Kimia Kelas 11 Bab Minyak Bumi ~ sekolahmuonline.com"

close