Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Kimia Kelas 11 Bab Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Teori Tumbukan ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Kimia Kelas 11 Bab Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Teori Tumbukan ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Kimia Kelas XI Bab Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Teori Tumbukan. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga membantu mempermudah pembaca Sekolahmuonline semuanya dalam mengingat-ingat materi Kimia khususnya Bab Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Teori Tumbukan.
Rangkuman atau ringkasan Kimia Kelas XI Bab Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Teori Tumbukan
Rangkuman Kimia Kelas XI Bab Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Teori Tumbukan

Kimia Kelas 11 Bab Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Teori Tumbukan membahas satu Kegiatan Pembelajaran, yaitu meliputi pembahasan tentang:
- Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
- Teori tumbukan 

Sebelum masuk ke rangkuman atau ringkasan Kimia Kelas XI Bab Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Teori Tumbukan, silakan baca istilah-istilah yang mungkin akan sering Anda jumpai ketika membahas Bab ini. Sehingga, Anda menjadi tidak asing lagi dengan istilah-istilah yang ada. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam mempelajari Kimia khususnya Bab Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Teori Tumbukan.
- Laju reaksi : Perubahan konsentrasi dari reaktan ataupun produk per satu satuan waktu.
- Teori Tumbukan : Teori yang menyatakan bahwa partikel-partikel pereaksi atau reaktan harus bertumbukan untuk terjadinya suatu reaksi
- Tumbukan efektif : Tumbukan yang dapat menyebabkan reaksi kimia dapat berlangsung
- Energi aktivasi (Ea) : Energi minimal yang harus dimiliki oleh partikel pereaksi sehingga menghasilkan tumbukan efektif
- Konsentrasi : Banyaknya partikel per satuan volum
- Luas permukaan : Luas total keseluruhan permukaan suatu benda, yang dihitung dengan menjumlahkan seluruh permukaan pada benda tersebut.
- Suhu : Derajat panas benda atau zat
- Katalis : Zat yang dapat mempengaruhi laju reaksi

Rangkuman Kimia Kelas XI Bab Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Teori Tumbukan

Nah, berikut ini rangkuman atau ringkasan Kimia kelas XI Bab Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Teori Tumbukan. Selamat membaca.

1. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi laju reaksi adalah:
- konsentrasi
- luas permukaan
- suhu
- katalis

2. Prinsip kerja konsentrasi dapat menaikan laju reaksi disebabkan karena semakin tinggi konsentrasi, semakin banyak partikel yang bertumbukan sehingga meningkatkan laju reaksi.

3. Luas permukaan dapat mempengaruhi laju reaksi karena semakin luas permukaan, akan semakin banyak partikel yang bertumbukan, sehingga semakin besar pula laju reaksinya.

4. Prinsip kerja suhu dapat menaikan laju reaksi adalah dengan meningkatkan energi kinetik dari partikel-pertikel pereaksi.

5. Prinsip kerja katalis dapat meningkatkan laju reaksi adalah dengan cara menurunkan energi aktivasi reaksi tersebut.

6. Teori tumbukan adalah suatu teori yang menyatakan bahwa untuk memulai suatu reaksi, partikel-partikel reaktan atau pereaksi harus saling bertumbukan terlebih dahulu.

7. Tumbukan antar partikel reaktan yang berhasil menghasilkan reaksi disebut tumbukan efektif, sedangkan tumbukan yang tidak menghasilkan reaksi disebut tumbukan tidak efektif.

√ Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi laju reaksi adalah:
- konsentrasi
- luas permukaan
- suhu
- katalis

Penjabaran ringkas:
• Konsentrasi
Konsentrasi merupakan banyaknya partikel yang terdapat pada per satuan volum. Dengan demikian semakin tinggi konsentrasinya maka akan semakin banyak partikelnya. Dengan demikian semakin tinggi konsentrasi, semakin besar pula kemungkinan terjadinya tumbukan antar partikel, sehingga semakin tinggi pula laju reaksinya.

• Luas Permukaan
Pada reaksi yang reaktannya terdapat dalam fasa padat, laju reaksi dipengaruhi oleh luas permukaan.
Pada benda padat dengan masa yang sama, semakin kecil ukuran suatu materi, maka mengandung arti memperluas permukaan sentuh materi tersebut.

Jika ukuran partikel suatu benda semakin kecil, maka akan semakin banyak jumlah total permukaan benda tersebut. Dengan menggunakan teori tumbukan dapat dijelaskan bahwa semakin luas permukaan bidang sentuh zat padat semakin banyak tempat terjadinya tumbukan antar partikel zat yang bereaksi sehingga laju reaksinya makin cepat.

• Suhu
Suhu merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi laju reaksi. Setiap partikel selalu bergerak, dengan menaikkan temperatur, energi gerak atau energi kinetik partikel bertambah, sehingga tumbukan lebih sering terjadi. Pada frekuensi tumbukan yang semakin besar, maka kemungkinan terjadinya tumbukan efektif yang mampu menghasilkan reaksi juga semakin besar. Begitu pula sebaliknya, apabila suhu diturunkan maka gerakan partikel akan lebih lambat sehingga energi kinetik dari pertikel tersebut lebih kecil, sehingga semakin kecil pula kemungkinan tumbukan yang akan menghasilkan tumbukan efektif. Dengan menurunnnya kemungkinan tumbukan efektif tentu saja akan berakibat menurun pula laju reaksinya.

Suhu atau temperatur ternyata juga memperbesar energi potensial suatu zat. Zat-zat yang energi potensialnya kecil, jika bertumbukan akan sukar menghasilkan tumbukan efektif. Hal ini terjadi karena zat-zat tersebut tidak mampu melampaui energi aktivasi. Dengan menaikkan suhu, maka hal ini akan memperbesar energi potensial, sehingga ketika bertumbukan akan menghasilkan reaksi.

Setiap partikel dalam keadaan selalu bergerak. Dengan menaikkan temperatur, maka kecepatan gerak partikel menjadi lebih tinggi, dengan demikian energi gerak atau energi kinetik partikel bertambah, sehingga tumbukan lebih sering terjadi. Dengan frekuensi tumbukan yang semakin besar, maka kemungkinan terjadinya tumbukan efektif yang mampu menghasilkan reaksi juga semakin besar.

• Katalis
Katalis adalah zat yang dapat mempengaruhi laju reaksi. Katalis adalah suatu zat yang dapat mempengaruhi laju reaksi, tanpa dirinya mengalami perubahan yang kekal. Suatu katalis mungkin dapat terlibat dalam proses reaksi atau mengalami perubahan selama reaksi berlangsung, tetapi setelah reaksi itu selesai maka katalis akan diperoleh kembali dalam jumlah yang sama. 

Apabila katalis tersebut dapat mempercepat laju reaksi maka dikenal dengan istilah katalisator, namun apabila katalis tersebut memperlambat laju suatu reaksi maka disebut inhibitor atau katalis negatif. Hanya saja secara umum istilah katalis digunakan untuk zat yang dapat mempercepat reaksi. 

Apakah reaksi harus dalam keadaan cepat semuanya? Bukankah lebih cepat lebih baik, sehingga reaksi dapat segera selesai? Tidak semua reaksi diharapkan berjalan dengan lebih cepat. Untuk reaksi-reaksi yang sifatnya merugikan maka reaksi diharapkan berjalan selambat mungkin, misalnya reaksi pembusukan dan reaksi perkaratan pada logam.

Berdasar wujud atau fasanya, katalis dibedakan menjadi katalis homogen dan katalis heterogen. Disebut katalis homogen apabila wujud atau fasa katalis tersebut sama dengan fasa zat pereaksinya, begitu pula sebaliknya, apabila fasa katalis berbeda dengan fasa zat pereaksinya maka disebut katalis heterogen.

Contohnya misalnya pada reaksi pembentukan gas SO3, pada reaksi tersebut dapat digunakan gas NO dan gas NO2, maka gas NO dan gas NO2 tersebut disebut katalis homogen, karena fasa atau wujudnya sama, yaitu sama-sama gas.

Bagaimana prinsip kerja katalis dalam mempercepat suatu reaksi? Katalis dapat mempercepat laju reaksi karena atalis menyediakan alternatif jalur reaksi dengan energi aktivasi yang lebih rendah dibanding jalur reaksi tanpa katalis sehingga reaksinya menjadi semakin cepat.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan Kimia Kelas XI Bab Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Teori Tumbukan. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Kumpulan Rangkuman Kimia Kelas XI

Lengkap Rangkuman atau Ringkasan Kimia kelas XI semua Bab silakan pembaca Sekolahmuonline lihat pada tautan/link yang ada di bawah ini. Jika ada tautan/link yang error/mati, silakan beritahukan kepada kami langsung lewat kolom komentar atau lewat kontak yang sudah disediakan untuk segera Sekolahmuonline perbaiki.
Kumpulan Soal Kimia Kelas XI

Lengkap soal-soal Kimia kelas XI dan kunci jawaban serta pembahasannya dari semua Bab yang ada, silakan pembaca Sekolahmuonline lihat pada tautan/link yang ada di bawah ini. Jika ada tautan/link yang error/mati, silakan beritahukan kepada kami langsung lewat kolom komentar atau lewat kontak yang sudah disediakan untuk segera Sekolahmuonline perbaiki.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Kimia Kelas 11 Bab Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Teori Tumbukan ~ sekolahmuonline.com"

close