Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Kimia Kelas 11 Bab Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Teori Tumbukan + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com

Soal Kimia Kelas 11 Bab Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Teori Tumbukan + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal mata pelajaran Kimia Kelas XI Bab Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Teori Tumbukan lengkap dengan kunci jawabannya. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga membantu mempermudah pembaca Sekolahmuonline semuanya dalam belajar Kimia secara mandiri khususnya Bab Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Teori Tumbukan.
Soal Kimia Kelas XI Bab Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Teori Tumbukan lengkap dengan Kunci Jawabannya
Soal Kimia Kelas XI Bab Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Teori Tumbukan lengkap dengan Kunci Jawabannya

Kimia Kelas 11 Bab Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Teori Tumbukan membahas satu Kegiatan Pembelajaran, yaitu meliputi pembahasan tentang:
- Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
- Teori tumbukan 

Sebelum masuk ke pembahasan soal-soal Kimia Kelas XI Bab Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Teori Tumbukan, silakan baca istilah-istilah yang mungkin akan sering Anda jumpai ketika membahas Bab ini. Sehingga, Anda menjadi tidak asing lagi dengan istilah-istilah yang ada. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam mempelajari Kimia khususnya Bab Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Teori Tumbukan.
- Laju reaksi : Perubahan konsentrasi dari reaktan ataupun produk per satu satuan waktu.
- Teori Tumbukan : Teori yang menyatakan bahwa partikel-partikel pereaksi atau reaktan harus bertumbukan untuk terjadinya suatu reaksi
- Tumbukan efektif : Tumbukan yang dapat menyebabkan reaksi kimia dapat berlangsung
- Energi aktivasi (Ea) : Energi minimal yang harus dimiliki oleh partikel pereaksi sehingga menghasilkan tumbukan efektif
- Konsentrasi : Banyaknya partikel per satuan volum
- Luas permukaan : Luas total keseluruhan permukaan suatu benda, yang dihitung dengan menjumlahkan seluruh permukaan pada benda tersebut.
- Suhu : Derajat panas benda atau zat
- Katalis : Zat yang dapat mempengaruhi laju reaksi

Soal Pilihan Ganda Kimia Kelas XI Bab Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Teori Tumbukan

Nah, berikut ini soal-soal pilihan ganda Kimia kelas XI Bab Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Teori Tumbukan lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Selamat membaca dan mempelajari. Semoga harimu menyenangkan selalu. Jika ada masalah maka bersabarlah dan tetap berusaha serta optimis selalu ada jalan keluar atau solusi yang paling baik. Menyerah bukanlah sifat pejuang sejati! Dan Anda adalah pejuang sejati! Ingat itu!

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar dan tepat!

Perhatikan pernyataan di bawah ini untuk menjawab soal nomor 1 dan 2:
a) Makanan yang disimpan di ruangan biasa lebih cepat basi dibanding yang disimpan di refrigerator.
b) Pada makanan kaleng terdapat asam benzoat yang berfungsi sebagai pengawet makanan.
c) Pada saat memasak, bahan masakan dipotong menjadi potongan yang lebih kecil agar lebih cepat masak.

1. Apabila hal di atas dikaitkan dengan laju reaksi maka faktor yang mempengaruhi laju reaksi pada a) dan c) berturut-turut adalah ....
A. suhu dan katalis
B. katalis dan suhu
C. suhu dan luas permukaan
D. luas permukaan dan suhu
E. katalis dan luas permukaan

Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Peristiwa pertama adalah makanan yang disimpan di ruangan biasa lebih cepat basi dibanding yang disimpan di refrigerator. Hal ini berarti ada perbedaan suhu antara ruangan biasa dengan di dalam refrigerator atau lemari pendingin.
Peristiwa kedua adalah pada saat memasak, bahan masakan dipotong menjadi potongan yang lebih kecil agar lebih cepat masak. Hal ini berarti terjadi penambahan total luas permukaan pada bahan masakan. Jadi faktor yang mempengaruhi laju reaksi pada peristiwa tersebut berturutturut adalah suhu dan luas permukaan.

2. Berdasar keterangan di atas, maka pernyataan di bawah ini yang paling tepat adalah ....
A. Pada kerusakan makanan, laju kerusakan makanan tidak dipengaruhi oleh suhu.
B. Penurunan suhu ternyata dapat menurunkan energi aktivasi laju kerusakan makanan.
C. Asam benzoat pada makanan kaleng berfungsi sebagai katalisator reaksi kerusakan makanan.
D. Pemotongan bahan masakan menjadi potongan yang lebih kecil meningkatkan luas permukaan bahan makanan.
E. Pemotongan bahan masakan menjadi potongan yang lebih kecil meningkatkan energi kinetik bahan makanan sehingga mempercepat pemasakan.

Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
• Pada kerusakan makanan, laju kerusakan makanan tidak dipengaruhi oleh suhu. Pernyataan tersebut salah karena kita dapat mencegah makanan agar tidak rusak atau basi dengan cara memasukan ke dalalm lemari pendingin.
• Penurunan suhu ternyata dapat menurunkan energi aktivasi laju kerusakan makanan. Pernyataan ini salah karena yang dapat menurunkan energi aktivasi adalah dengan adanya penambahan katalis.
• Asam benzoat pada makanan kaleng berfungsi sebagai katalisator reaksi kerusakan makanan. Pernyataan ini juga salah, karena asam benzoat pada makanan bersifat memperlambat laju kerusakan makanan, berarti bukan katalisator, tetapi inhibitor.
• Pemotongan bahan masakan menjadi potongan yang lebih kecil meningkatkan luas permukaan bahan makanan. Pernyataan ini benar, karena dengan memotong-motong bahan masakan menjadi lebih kecil berarti akan memperluas total luas permukaan sehingga pada makanan tersebut akan menjadi lebih cepat matang.
• Pemotongan bahan masakan menjadi potongan yang lebih kecil meningkatkan energi kinetik bahan makanan sehingga mempercepat pemasakan. Pernyataan ini salah karena untuk menaikan energi kinetik partikel, hal yang harus dilakukan adalah dengan cara meningkatkan suhu.

Perhatikan ilustrasi percobaan laju reaksi dengan berbagai perlakuan seperti berikut untuk menjawab nomor 3 dan 4 !
3. Pada percobaan 1 dan 3 laju reaksi dipengaruhi oleh ....
A. Suhu
B. Konsentrasi
C. Luas permukaan
D. Luas permukaan dan suhu
E. Luas permukaan dan konsentrasi

Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Pada percobaan 1 dan 3 laju reaksi dipengaruhi oleh luas permukaan dan suhu. Perhatikan kondisi gambar nomor 1 dan 3!
Berdasar pengamatan tersebut maka faktor yang mempengaruhi laju reaksi adalah yang faktornya berbeda, maka jawabannya adalah luas permukaan dan suhu.

4. Laju reaksi yang dipengaruhi oleh suhu dan konsentrasi adalah percobaan nomor ....
A. 1 dan 4
B. 1 dan 5
C. 2 dan 4
D. 2 dan 5
E. 3 dan 4

Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Laju reaksi yang dipengaruhi oleh suhu dan konsentrasi, berarti suhu dan konsentrasinya berbeda, luas permukaan atau bentuknya sama, dan percobaan tersebut terdapat pada nomor 1 dan 4.

5. Perhatikan beberapa pernyataan berikut:
1. Untuk dapat menaikan energi aktivasi dengan cara penambahan katalis
2. Setiap terjadi tumbukan partikel reaktan akan menghasilkan reaksi
3. Peningkatan suhu dapat menyebabkan penurunan energi aktivasi
4. Sebelum terjadinya suatu reaksi pasti terjadi tumbukan
5. Tidak semua tumbukan akan menghasilkan reaksi

Pernyataan di atas yang sesuai dengan teori tumbukan adalah pernyataan dengan nomor ....
A. 1, 2 dan 3
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 4 dan 5
E. Hanya 5

Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Teori tumbukan menyatakan bahwa partikel-partikel reaktan atau pereaksi harus saling bertumbukan terlebih dahulu sebelum terjadinya reaksi. Tumbukan antar partikel reaktan yang berhasil menghasilkan reaksi disebut tumbukan efektif, sedangkan tumbukan yang tidak menghasilkan reaksi disebut tumbukan tidak efektif. Tidak semua tumbukan dapat menghasilkan tumbukan efektif. Energi minimum yang harus dimiliki oleh partikel reaktan untuk bertumbukan efektif disebut energi aktivasi (Ea).

Pada soal tersebut terdapat 5 pernyataan yaitu:
1. Untuk dapat menaikan energi aktivasi dengan cara penambahan Katalis.
Pernyataan ini salah, sebab penambahan katalis dapat menurunkan energi aktivasi, sehingga laju reaksi akan meningkat.
2. Setiap terjadi tumbukan partikel reaktan akan menghasilkan reaksi
Pernyataan ini salah, sebab tidak semua tumbukan menghasilkan reaksi, hanya tumbukan efektif yang dapat menghasilkanreaksi.
3. Peningkatan suhu dapat menyebabkan penurunan energi aktivasi
Pernyataan ini salah, sebab peningkatan suhu menyebabkan kenaikan energi kinetik partikel, dengan demikian tumbukan yang dihasilkan akan menjadi tumbukan yang efektif.
4. Sebelum terjadinya suatu reaksi pasti terjadi tumbukan
Pernyataan ini benar, karena reaksi kimia didahului dengan adanya tumbukan antar partikel zat reaktan.
5. Tidak semua tumbukan akan menghasilkan reaksi
Pernyataan ini benar, hanya tumbukan efektiflah yang menyebabkan terjadinya reaksi.

Latihan Soal Pilihan Ganda Kimia Kelas XI Bab Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Teori Tumbukan

Setelah membaca dan mempelajari soal-soal di atas, silakan pembaca mencoba untuk mengerjakan soal-soal di bawah ini. Semoga semakin menambah pengetahuan dalam belajar Bab Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Teori Tumbukan.

Kunci Jawaban Latihan Soal Pilihan Ganda Kimia Kelas XI Bab Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Teori Tumbukan

Berikut ini adalah Kunci Jawaban dari Latihan Soal Pilihan Ganda Kimia Kelas XI Bab Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Teori Tumbukan. Usahakan pembaca semuanya untuk menjawab sendiri soal-soal yang ada, kemudian dapat dicocokkan dengan kunci jawaban yang ada. Jika ada kesulitan atau merasa jawaban yang ada salah, silakan diskusikan dengan Guru Kimia di kelas Anda.
Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Pilihan Ganda Kimia Kelas XI Bab Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Teori Tumbukan Lengkap dengan Kunci Jawaban dan Pembahasannya. Semoga bermanfaat. Memudahkan seluruh rakyat Indonesia dalam belajar di mana saja dan kapan saja. Pendidikan adalah hak seluruh anak bangsa Indonesia. Hidup Merdeka Belajar! Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Kumpulan Rangkuman Kimia Kelas XI

Lengkap Rangkuman atau Ringkasan Kimia kelas XI semua Bab silakan pembaca Sekolahmuonline lihat pada tautan/link yang ada di bawah ini. Jika ada tautan/link yang error/mati, silakan beritahukan kepada kami langsung lewat kolom komentar atau lewat kontak yang sudah disediakan untuk segera Sekolahmuonline perbaiki.
Kumpulan Soal Kimia Kelas XI

Lengkap soal-soal Kimia kelas XI dan kunci jawaban serta pembahasannya dari semua Bab yang ada, silakan pembaca Sekolahmuonline lihat pada tautan/link yang ada di bawah ini. Jika ada tautan/link yang error/mati, silakan beritahukan kepada kami langsung lewat kolom komentar atau lewat kontak yang sudah disediakan untuk segera Sekolahmuonline perbaiki.

Posting Komentar untuk "Soal Kimia Kelas 11 Bab Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Teori Tumbukan + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com"

close