Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Kimia Kelas 11 Bab Pergeseran Kesetimbangan ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Kimia Kelas 11 Bab Pergeseran Kesetimbangan ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Kimia Kelas XI Bab Pergeseran Kesetimbangan. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga membantu mempermudah pembaca Sekolahmuonline semuanya dalam mengingat-ingat materi Kimia khususnya Bab Pergeseran Kesetimbangan.
Rangkuman atau ringkasan Kimia Kelas XI Bab Pergeseran Kesetimbangan
Rangkuman Kimia Kelas XI Bab Pergeseran Kesetimbangan

Kimia Kelas 11 Bab Pergeseran Kesetimbangan membahas satu Kegiatan Pembelajaran yang meliputi pembahasan tentang: Azas Le Chatelier, Faktor–faktor yang Mempengaruhi Pergeseran Kesetimbangan dan Penerapan Kesetimbangan di Industri.

Sebelum masuk ke rangkuman atau ringkasan Kimia Kelas XI Bab Pergeseran Kesetimbangan, silakan baca istilah-istilah yang mungkin akan sering Anda jumpai ketika membahas Bab ini. Sehingga, Anda menjadi tidak asing lagi dengan istilah-istilah yang ada. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam mempelajari Kimia khususnya Bab Pergeseran Kesetimbangan.
- Kesetimbangan Dinamis : Suatu keadaan dari sistem kesetimbangan yang menyatakan reaksi terus berlangsung ke dua arah yang berlawanan secara mikroskopis
- Azas Le Chatelier : Prinsip yang menyatakan bahwa jika dalam suatu sistem kesetimbangan mengalami perubahan konsentrasi, suhu, volume, atau tekanan maka sistem akan menyesuaikan dirinya untuk meniadakan pengaruh perubahan yang diterapkan hingga kesetimbangan baru tercapai
- Konsentrasi larutan : Besaran yang menunjukkan kepekatan suatu larutan melalui perbandingan antara zat terlarut dan pelarut
- Koefisien Reaksi : Angka yang ditulis mendahului rumus kimia zat, yang menyatakan perbandingan mol zat yang terlibat dalam reaksi
- Reaksi Eksoterm : Reaksi yang melepaskan kalor dari sistem ke lingkungan sehingga entalpi hasil reaksi menjadi berkurang
- Reaksi Endoterm : Reaksi yang menyerap kalor dari lingkungan ke sistem sehingga entalpi hasil reaksi bertambah
- Kalor : Energi yang berpindah akibat adanya perbedaan suhu
- Entalpi : Jumlah energi yang terkandung dalam suatu materi
- Proses Haber Bosh : Proses pembuatan gas amonia di industri yang menggunakan bahan baku gas nitrogen dan gas oksigen dengan katalis besi (Fe)
- Proses Kontak : Proses pembuatan asam sulfat di industri dengan menggunakan katalis vanadium pentaoksida (V2O5)
- Katalis : Zat yang dapat mempercepat terjadinya reaksi tetapi tidak ikut bereaksi
- Optimal : Suatu kondisi tertinggi dari suatu proses

Rangkuman Kimia Kelas XI Bab Pergeseran Kesetimbangan

Nah, berikut ini rangkuman atau ringkasan Kimia kelas XI Bab Pergeseran Kesetimbangan. Selamat membaca dan selamat belajar. Semoga hasilnya memuaskan.

• Azas Le Chatelier adalah azas yang digunakan untuk memprediksi pengaruh perubahan kondisi pada kesetimbangan kimia.

• Azas Le Chatelier berbunyi: “Jika suatu sistem kesetimbangan menerima suatu aksi, maka sistem tersebut akan mengadakan suatu reaksi sehingga pengaruh aksi menjadi sekecil-kecilnya”

• Dalam ilmu kimia, Azas Le Chatelier digunakan untuk memanipulasi hasil dari reaksi bolak-balik (reversibel) bahkan bisa juga untuk memperbanyak produk reaksi.
Asas Le Chatelier hanya berlaku untuk kesetimbangan dinamis.

• Cara sistem melakukan reaksi adalah dengan melakukan pergeseran ke kiri atau ke kanan.
Pergeseran ke kiri artinya laju reaksi ke arah kiri menjadi lebih besar dan pergeseran ke kanan artinya laju reaksi ke kanan menjadi lebih besar.

• Perubahan dari keadaan kesetimbangan semula ke keadaan kesetimbangan yang baru akibat adanya aksi atau pengaruh dari luar itu dikenal dengan pergeseran kesetimbangan

• Suatu sistem dalam keadaan setimbang cenderung mempertahankan kesetimbangannya, sehingga bila ada pengaruh dari luar maka sistem tersebut akan berubah sedemikian rupa agar segera diperoleh keadaan kesetimbangan lagi seperti yang diungkapkan oleh azas Le Chatelier.

• Beberapa aksi yang dapat menimbulkan perubahan pada sistem kesetimbangan antara lain,
1. Perubahan Konsentrasi
Jika dalam suatu sistem kesetimbangan konsentrasi salah satu komponen dalam sistem ditambah maka kesetimbangan akan bergeser dari arah penambahan itu, dan jika salah satu komponen dikurangi maka kesetimbangan akan bergeser ke arah pengurangan itu.
2. Perubahan Volume/Tekanan
Antara volume dan tekanan berbanding terbalik, jika volume diperbesar maka tekanan diperkecil begitu juga sebaliknya. Jika dalam suatu sistem kesetimbangan volume diperbesar/tekanan diperkecil maka kesetimbangan akan bergeser ke arah koefisien zat yang lebih besar dan jika volumenya diperkecil/tekanan diperbesar maka kesetimbangan akan bergeser ke arah koefisien yang lebih kecil.
3. Perubahan Suhu
Menurut Azas Le Chatelier , jika sistem dalam sistem kesetimbangan terjadi kenaikan suhu, maka akan terjadi pergeseran kesetimbangan ke arah reaksi yang menyerap kalor (ΔH positif/endoterm) dan sebaliknya jika dalam sistem penurunan suhu maka akan terjadi pergeseran kesetimbangan kea rah reaksi yang melepaskan kalor ( ∆H negative/eksoterm)

• Penerapan Kesetimbangan dalam Industri: Dalam industri yang melibatan reaksi kesetimbangan kimia, produk reaksi yang dihasilkan tidak akan bertambah ketika system telah mencapai kesetimbangan. Produk reaksi akan kembali dihasilkan, jika dilakukan perubahan konsentrasi, perubahan suhu, atau perubahan tekanan dan volume.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan Kimia Kelas XI Bab Pergeseran Kesetimbangan. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Kumpulan Rangkuman Kimia Kelas XI

Lengkap Rangkuman atau Ringkasan Kimia kelas XI semua Bab silakan pembaca Sekolahmuonline lihat pada tautan/link yang ada di bawah ini. Jika ada tautan/link yang error/mati, silakan beritahukan kepada kami langsung lewat kolom komentar atau lewat kontak yang sudah disediakan untuk segera Sekolahmuonline perbaiki.
Kumpulan Soal Kimia Kelas XI

Lengkap soal-soal Kimia kelas XI dan kunci jawaban serta pembahasannya dari semua Bab yang ada, silakan pembaca Sekolahmuonline lihat pada tautan/link yang ada di bawah ini. Jika ada tautan/link yang error/mati, silakan beritahukan kepada kami langsung lewat kolom komentar atau lewat kontak yang sudah disediakan untuk segera Sekolahmuonline perbaiki.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Kimia Kelas 11 Bab Pergeseran Kesetimbangan ~ sekolahmuonline.com"

close