Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Kimia Kelas 11 Bab Konsep Dasar Perubahan Entalpi ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Kimia Kelas 11 Bab Konsep Dasar Perubahan Entalpi ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Kimia Kelas XI Bab Konsep Dasar Perubahan Entalpi. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga membantu mempermudah pembaca Sekolahmuonline semuanya dalam mengingat-ingat materi Kimia khususnya Bab Konsep Dasar Perubahan Entalpi.
Rangkuman atau ringkasan Kimia Kelas XI Bab Konsep Dasar Perubahan Entalpi
Rangkuman Kimia Kelas XI Bab Konsep Dasar Perubahan Entalpi

Kimia Kelas 11 Bab Konsep Dasar Perubahan Entalpi membahas satu Kegiatan Pembelajaran yang meliputi pembahasan tentang:
- Pengertian perubahan Entalpi
- Sistem dan lingkungan
- Jenis reaksi berdasarkan perubahan energi
- Persamaan termokimia
- Diagram tingkat energi

Sebelum masuk ke rangkuman atau ringkasan Kimia Kelas XI Bab Konsep Dasar Perubahan Entalpi, silakan baca istilah-istilah yang mungkin akan sering Anda jumpai ketika membahas Bab ini. Sehingga, Anda menjadi tidak asing lagi dengan istilah-istilah yang ada. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam mempelajari Kimia khususnya Bab Konsep Dasar Perubahan Entalpi.
- Diagram entalpi : suatu diagram yang menunjukan tingkat entalpi reaktan dan produk
- Endoterm : Suatu proses dimana terjadi penyerapan kalor oleh sistem
- Energi : Kemampuan melakukan usaha
- Entalpi : Jumlah total energi dari suatu sistem yang diukur pada kondisi tekanan tetap
- Eksoterm : Suatu proses dimana terjadi pelepasan kalor oleh sistem
- Kalor : Salah satu bentuk energi yang dideteksi melalui suhu
- Lingkungan : Bagian di luar sistem dan dapat berpengaruh terhadap sistem
- Persamaan Termokimia : Persamaan reaksi yang diikuti besarnya nilai perubahan entalpi pada reaksi
- Sistem : Segala sesuatu yang menjadi pusat pengamatan
- Sistem terbuka : Kondisi dimana memungkinkan terjadinya pertukaran materi dan energi dari sistem ke lingkungan ataupun sebaliknya.
- Sistem terisolasi : Kondisi dimana tidak memungkinkan terjadinya pertukaran materi dan energi dari sistem ke lingkungan ataupun sebaliknya.
- Sistem tertutup : Kondisi dimana memungkinkan terjadinya pertukaran energi dari sistem ke lingkungan ataupun sebaliknya.

Rangkuman Kimia Kelas XI Bab Konsep Dasar Perubahan Entalpi

Nah, berikut ini rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Kimia kelas XI Bab Konsep Dasar Perubahan Entalpi. Selamat membaca dan mempelajari.

1. Sistem adalah segala sesuatu yang menjadi pusat pengamatan.

2. Lingkungan adalah segala sesuatu di luar sistem dan dapat berpengaruh terhadap sistem.

3. Sistem dibedakan menjadi 3 macam yaitu sistem terbuka, tertutup dan terisolasi.
- Sistem terbuka, yaitu suatu sistem dimana dapat dimungkinkan terjadinya perpindahan kalor serta materi.
- Sistem tertutup, yaitu suatu sistem dimana dapat dimungkinkan terjadinya perpindahan kalor, tetapi tidak terjadi perpindahan materi.
- Sistem terisolasi, yaitu suatu sistem dimana tidak dimungkinkan terjadinya perpindahan kalor dan materi.

4. Reaksi eksoterm adalah kondisi di mana terjadi pelepasan kalor oleh sistem. Dengan dilepasnya kalor oleh sistem maka kalor pada keadaan akhir reaksi akan lebih kecil daripada keadaan awal, maka nilai perubahan entalpinya akan kurang dari nol atau bernilai negatif. Ciri reaksi eksoterm adalah terjadinya kenaikan suhu pada sistem.

5. Reaksi eksoterm adalah kondisi di mana terjadi pelepasan kalor oleh sistem. Dengan dilepasnya kalor oleh sistem maka kalor pada keadaan akhir reaksi akan lebih kecil daripada keadaan awal, maka nilai perubahan entalpinya akan kurang dari nol atau bernilai negatif. Ciri reaksi eksoterm adalah terjadinya kenaikan suhu pada sistem.

6. Persamaan termokimia adalah persamaan reaksi yang disertai nilai perubahan entalpinya. Perubahan arah ataupun angka koefisien pada persamaan termokimia akan turut merubah besarnya nilai perubahan entalpinya.

7. Diagram tingkat energi merupakan penulisan persamaan termokimia dalam bentuk diagram. Untuk reaksi eksoterm akan diikuti tanda panah ke bawah, karena entalpi produk lebih kecil daripada entalpi reaktan, reaksi endoterm tanda panah akan mengarah ke atas karena entalpi produk lebih besar daripada entalpi reaktan.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan Kimia Kelas XI Bab Konsep Dasar Perubahan Entalpi. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Kumpulan Rangkuman Kimia Kelas XI

Lengkap Rangkuman atau Ringkasan Kimia kelas XI semua Bab silakan pembaca Sekolahmuonline lihat pada tautan/link yang ada di bawah ini. Jika ada tautan/link yang error/mati, silakan beritahukan kepada kami langsung lewat kolom komentar atau lewat kontak yang sudah disediakan untuk segera Sekolahmuonline perbaiki.
Kumpulan Soal Kimia Kelas XI

Lengkap soal-soal Kimia kelas XI dan kunci jawaban serta pembahasannya dari semua Bab yang ada, silakan pembaca Sekolahmuonline lihat pada tautan/link yang ada di bawah ini. Jika ada tautan/link yang error/mati, silakan beritahukan kepada kami langsung lewat kolom komentar atau lewat kontak yang sudah disediakan untuk segera Sekolahmuonline perbaiki.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Kimia Kelas 11 Bab Konsep Dasar Perubahan Entalpi ~ sekolahmuonline.com"

close