Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Kimia Kelas 11 Bab Dampak Reaksi Pembakaran Hidrokarbon ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Kimia Kelas 11 Bab Dampak Reaksi Pembakaran Hidrokarbon ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Kimia Kelas XI Bab Dampak Reaksi Pembakaran Hidrokarbon. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga membantu mempermudah pembaca Sekolahmuonline semuanya dalam mengingat-ingat materi Kimia khususnya Bab Dampak Reaksi Pembakaran Hidrokarbon.
Rangkuman atau ringkasan Kimia Kelas XI Bab Dampak Reaksi Pembakaran Hidrokarbon
Rangkuman Kimia Kelas 11 Bab Dampak Reaksi Pembakaran Hidrokarbon

Kimia Kelas 11 Bab Dampak Reaksi Pembakaran Hidrokarbon membahas satu Kegiatan Pembelajaran yang meliputi pembahasan tentang:
• Pembakaran sempurna dan tidak sempurna senyawa hidrokarbon.
• Dampak pembakaran tidak sempurna senyawa hidrokarbon terhadap kesehatan dan lingkungan
• Langkah-langkah mengatasi dampak pembakaran tidak sempurna senyawa hidrokarbon

Rangkuman Kimia Kelas XI Bab Dampak Reaksi Pembakaran Hidrokarbon

Nah, berikut ini rangkuman atau ringkasan Kimia kelas XI Bab Dampak Reaksi Pembakaran Hidrokarbon. Selamat membaca.

1. Reaksi pembakaran hidrokarbon ada 2 jenis yaitu pembakaran sempurna dan tidak sempurna.
- Proses pembakaran tidak sempurna menghasilkan gas karbon monoksida (CO) dan uap air (H₂O)
- Reaksi pembakaran sempurna senyawa hidrokarbon menghasilkan gas karbondioksida(CO₂) dan uap air (H₂O)

2. Polutan karena dampak pembakaran hidrokarbon antara lain gas CO bersifat racun dalam darah, gas CO₂ menyebabkan pemanasan global, gas SOx mengakibatkan hujan asam, gas NOx menyebabkan smog dan partikulat karbon.

3. Langkah-langkah mengatasi dampak pembakaran hidrokarbon, antara lain dengan penghijauan, menggunakan sel bahan bakar, konverter katalitik dan sistem elektronic fuel injection.

4. Pembakaran sempurna adalah Reaksi pembakaran senyawa hidrokarbon yang menghasilkan gas karbondioksida(CO₂) dan uap air (H₂O).

5. Reaksi pembakaran tidak sempurna adalah Proses pembakaran senyawa hidrokarbon yang menghasilkan gas karbon monoksida (CO) dan uap air (H₂O), hal ini terjadi karena kurangnya oksigen.

6. Efek rumah kaca (green house effect) adalah Peristiwa naiknya suhu lingkungan (permukaan bumi) akibat sinar matahari yang sebagian diserap oleh bumi dan sinar yang dipantulan keangkasa terhalang oleh gas CO₂, sehingga sinar inframerah terperangkap diatmosfir bumi.

7. Hujan asam adalah Peristiwa bereaksinya air hujan dengan polutan gas
SO₂,SO3 atau NO₂ membentuk senyawa asam (H₂SO3, H₂SO4 atau HNO3) yang terlarut dalam air hujan dan bersifat korosif.

8. Partikulat adalah Polutan hasil pembakaran hidrokarbon yang berupa partikel padat, seperti karbon (C) dan timbal (Pb) dapat menimbulkan iritasi pada kulit, mata perih, gangguan saluran pernafasan dan merusak ginjal.

9. EFI (elektronic fuel injection) adalah Sistem penyemprotan bahan bakar yang dalam kerjanya dikontrol secara elektronik. EFI memastikan campuran udara dan bahan bakar selalu sesuai dengan kebutuhan mobil bakar.

10. Konverter katalitik adalah alat pengendali emisi buangan yang mengubah gas dan polutan beracun pada gas buangan, menjadi polutan yang tak terlalu bahaya.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan Kimia Kelas XI Bab Dampak Reaksi Pembakaran Hidrokarbon. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Kumpulan Rangkuman Kimia Kelas XI

Lengkap Rangkuman atau Ringkasan Kimia kelas XI semua Bab silakan pembaca Sekolahmuonline lihat pada tautan/link yang ada di bawah ini. Jika ada tautan/link yang error/mati, silakan beritahukan kepada kami langsung lewat kolom komentar atau lewat kontak yang sudah disediakan untuk segera Sekolahmuonline perbaiki.
Kumpulan Soal Kimia Kelas XI

Lengkap soal-soal Kimia kelas XI dan kunci jawaban serta pembahasannya dari semua Bab yang ada, silakan pembaca Sekolahmuonline lihat pada tautan/link yang ada di bawah ini. Jika ada tautan/link yang error/mati, silakan beritahukan kepada kami langsung lewat kolom komentar atau lewat kontak yang sudah disediakan untuk segera Sekolahmuonline perbaiki.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Kimia Kelas 11 Bab Dampak Reaksi Pembakaran Hidrokarbon ~ sekolahmuonline.com"

close