Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Kimia Kelas 11 Bab Jenis-jenis dan Cara Penentuan Entalpi Reaksi ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Kimia Kelas 11 Bab Jenis-jenis dan Cara Penentuan Entalpi Reaksi ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Kimia Kelas XI Bab Jenis-jenis dan Cara Penentuan Entalpi Reaksi. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga membantu mempermudah pembaca Sekolahmuonline semuanya dalam mengingat-ingat materi Kimia khususnya Bab Jenis-jenis dan Cara Penentuan Entalpi Reaksi.

Kimia Kelas 11 Bab Jenis-jenis dan Cara Penentuan Entalpi Reaksi membahas tiga Kegiatan Pembelajaran, yaitu:
• Kegiatan Pembelajaran Pertama: Jenis-jenis Entalpi Reaksi
• Kegiatan Pembelajaran Kedua: Penentuan Entalpi Reaksi Berdasar Data Percobaan dan Perubahan Entalpi Pembentukan Standar (π›₯𝐻°π‘“)
• Kegiatan Pembelajaran Ketiga: Penentuan Entalpi Reaksi Berdasar Hukum Hess dan Energi Ikatan

Rangkuman Kimia Kelas XI Bab Jenis-jenis dan Cara Penentuan Entalpi Reaksi

Sebelum masuk ke rangkuman atau ringkasan Kimia Kelas XI Bab Jenis-jenis dan Cara Penentuan Entalpi Reaksi, silakan baca istilah-istilah yang mungkin akan sering Anda jumpai ketika membahas Bab ini. Sehingga, Anda menjadi tidak asing lagi dengan istilah-istilah yang ada. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam mempelajari Kimia khususnya Bab Jenis-jenis dan Cara Penentuan Entalpi Reaksi.
Nah, berikut ini rangkuman atau ringkasan Kimia kelas XI Bab Jenis-jenis dan Cara Penentuan Entalpi Reaksi. Rangkuman disajikan per kegiatan pembelajaran. Selamat membaca.

A. Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 1: Jenis-jenis Entalpi Reaksi

1. Entalpi Pembentukan
Entalpi pembentukan merupakan entalpi yang dibutuhkan atau dilepaskan pada pembentukan 1 mol senyawa dari unsur-unsurnya.

2. Entalpi Penguraian
Entalpi yang dibutuhkan atau dilepaskan pada penguraian 1 mol senyawa menjadi unsur-unsur penyusunnya.

3. Entalpi Pembakaran
Entalpi yang dibutuhkan atau dilepaskan pada pembakaran sempurna 1 mol zat.

4. Entalpi Penetralan
Perubahan entalpi yang dibutuhkan atau dilepaskan pada penetralan 1 mol asam oleh basa atau 1 mol basa oleh asam.

5. Entalpi Penguapan
Entalpi yang dibutuhkan atau dilepaskan pada penguapan 1 mol zat dalam fasa cair menjadi fasa gas.

6. Entalpi Peleburan
Entalpi yang dibutuhkan atau dilepaskan pada pencairan 1 mol zat dalam fasa padat menjadi fasa cair.

7. Entalpi Penyubliman
Entalpi yang dibutuhkan atau dilepaskan pada penyubliman 1 mol zat dalam fasa padat menjadi fasa gas.

8. Entalpi Pelarutan
Entalpi yang dibutuhkan atau dilepaskan pada pelarutan 1 mol zat terlarut. 

B. Rangkuman Kegiatan Pembelajaran Kedua: Penentuan Entalpi Reaksi Berdasar Data Percobaan dan Perubahan Entalpi Pembentukan Standar (π›₯π»π‘“π‘œ)

1. Kalorimeter adalah suatu alat untuk mengukur kalor yang dilepaskan atau diserap pada suatu reaksi kimia.

2. Untuk menentukan besarnya entalpi reaksi berdasar data percobaan adalah dengan cara menghitung kalor yang dilepas atau diserap, dengan prinsip bahwa kalor yang dilepas atau diserap dapat kita tentukan dengan mengukur perubahan suhu larutan.

3. Menghitung besarnya entalpi reaksi berdasar data percobaan dengan rumus:
q = m.c. π›₯ T
dengan q = jumlah kalor (joule)
c = kalor jenis zat / larutan (Joule.g – 1 oC– 1 )
π›₯T = perubahan suhu (Takhir – Tawal)

4. Cara penentuan besarnya entalpi reaksi berdasar perubahan entalpi pembentukan standar (π›₯π»π‘“π‘œ) adalah dengan menghitung selisih antara perubahan entalpi pembentukan standar (π›₯π»π‘“π‘œ) produk dan perubahan entalpi pembentukan standar (π›₯π»π‘“π‘œ) reaktannya.

5. Cara menghitung besarnya entalpi reaksi berdasar perubahan entalpi pembentukan standar (π›₯π»π‘“π‘œ) :
π›₯H = (π›₯π»π‘“π‘œ)produk – (π›₯π»π‘“π‘œ) reaktan

C. Rangkuman Kegiatan Pembelajaran Ketiga: Penentuan Entalpi Reaksi Berdasar Hukum Hess dan Energi Ikatan

1. Hukum Hess atau Hukum penjumlahan kalor menyatakan bahwa jika suatu reaksi berlangsung dalam dua tahap atau lebih, maka perubahan entalpi reaksi tersebut sama dengan jumlah perubahan entalpi dari semua tahapannya.

2. Cara menghitung atau menentukan besarnya entalpi reaksi berdasar Hukum Hess adalah dengan cara menentukan terlebih dahulu persamaan penjumlahan kalornya, karena dengan Hukum Hess dapat dibuat persamman penjumlahan kalornya.

3. Energi ikatan adalah energi yang berkait dengan pemutusan atau pembentukan ikatan kimia ikatan.

4. Cara menentukan atau menghitung besarnya entalpi reaksi berdasar data energi ikatan adalah mencari selisih energi pemutusan dengan energi penggabungan (pengikatan). Untuk menghitung besarnya entalpi reaksi berdasar data energi ikatan diawali dengan menghitung jumlah ikatan yang ada pada tiap senyawanya, baik itu zat reaktan maupun zat produk. Setelah masing-masing jumlah energi pemutusan (zat reaktan) dan energi penggabungan (zat produk) diketahui, barulah ditentukan selisihnya dengan rumus:
π›₯H = 𝛴energi pemutusan – 𝛴energi penggabungan

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan Kimia Kelas XI Bab Jenis-jenis dan Cara Penentuan Entalpi Reaksi. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Kumpulan Rangkuman Kimia Kelas XI

Lengkap Rangkuman atau Ringkasan Kimia kelas XI semua Bab silakan pembaca Sekolahmuonline lihat pada tautan/link yang ada di bawah ini. Jika ada tautan/link yang error/mati, silakan beritahukan kepada kami langsung lewat kolom komentar atau lewat kontak yang sudah disediakan untuk segera Sekolahmuonline perbaiki.
Kumpulan Soal Kimia Kelas XI

Lengkap soal-soal Kimia kelas XI dan kunci jawaban serta pembahasannya dari semua Bab yang ada, silakan pembaca Sekolahmuonline lihat pada tautan/link yang ada di bawah ini. Jika ada tautan/link yang error/mati, silakan beritahukan kepada kami langsung lewat kolom komentar atau lewat kontak yang sudah disediakan untuk segera Sekolahmuonline perbaiki.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Kimia Kelas 11 Bab Jenis-jenis dan Cara Penentuan Entalpi Reaksi ~ sekolahmuonline.com"

close