Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lengkap Soal Ekonomi Kelas 11 Bab 1 Pendapatan Nasional ~ sekolahmuonline.com

Lengkap Soal Ekonomi Kelas 11 Bab 1 Pendapatan Nasional ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline suguhkan soal lengkap mata pelajaran Ekonomi kelas XI SMA. Kali ini Sekolahmuonline sajikan soal Ekonomi Kelas 11 Bab 1 yang membahas tentang Pendapatan Nasional.
Lengkap Soal Ekonomi Kelas XI SMA Bab 1 Pendapatan Nasional
Lengkap Soal Ekonomi Kelas 11 Bab 1 Pendapatan Nasional
Bagi Anda yang membutuhkan rangkuman ekonomi bab ini, silahkan baca postingan yang berjudul:

Lengkap Soal Ekonomi Kelas XI Bab 1 Pendapatan Nasional

Sebelumnya perlu pembaca ketahui bahwa Ekonomi Kelas XI Bab 1 Pendapatan Nasional terbagi menjadi 2 kegiatan pembelajaran, yaitu:
- Pertama : Pengertian pendapatan nasional, manfaat pendapatan nasional, dan konsep-konsep pendapatan nasional.
- Kedua: Metode perhitungan pendapatan nasional, pendapatan per kapita dan distribusi pendapatan.

Jawablah soal-soal berikut ini dengan benar dan tepat!

1. Jelaskan pengertian pendapatan nasional! 

Jawaban:
Pengertian Pendapatan Nasional
Pendapatan nasional secara sederhana dapat diartikan sebagai jumlah pendapatan masyarakat suatu negara dalam periode tertentu (biasanya satu tahun).

Pembahasan:
Masyarakat pelaku kegiatan ekonomi akan terus berusaha memperoleh pendapatan untuk memenuhi semua kebutuhan sehingga menjadikan masyarakat makmur. Jika seluruh pendapatan atau pengeluaran yang dilakukan pelaku ekonomi di dalam suatu negara dijumlahkan maka akan terbentuklah pendapatan nasional. Besarnya pendapatan nasional ditentukan oleh jumlah produk yang dihasilkan oleh para pelaku ekonominya.

Pada konsep pendapatan nasional, kegiatan masyarakat dalam berbagai sektor ekonomi berpengaruh terhadap tingkat pendapatan nasional. Pendapatan nasional adalah jumlah pendapatan yang diterima seluruh pelaku ekonomi dalam suatu negara selama satu tahun. Pendapatan nasional dapat diartikan dari tiga pendekatan yaitu pendekatan produksi, pendekatan pedapatan, dan pendekatan pengeluaran. Adapun yang mempengaruhi pendapatan nasional adalah keseluruhan permintaan dan penawaran, konsumsi dan tabungan, investasi, kualitas sumber daya manusia, keadaan sumber daya alam, ketersediaan modal, dan stabilitas dan kebijakan yang mantap.

Pendapatan nasional menggambarkan tingkat produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara dalam kurun waktu satu tahun tertentu. Dengan demikian pendapatan nasional mempunyai peran penting dalam menggambarkan tingkat kegiatan ekonomi yang dicapai serta perubahan dan pertumbuhannya dari tahun ke tahun. Kegiatan perekonomian negara dalam menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat, merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Aktivitas tersebut melibatkan individu, keseluruhan masyarakat baik pemerintah, swasta, dan rumah tangga. Setiap negara akan mengumpulkan berbagai informasi mengenai kegiatan ekonominya agar secara kontinyu dapat diperhatikan perubahan-perubahan tingkat dan corak kegiatan ekonomi yang berlaku.

2. Apa manfaat mempelajari pendapatan nasional?

Jawaban:
Manfaat dari mempelajari pendapatan nasional yaitu sebagai berikut:
a. Mengetahui dan menganalisis struktur ekonomi suatu negara apakah struktur
ekonomi industri, agraris, atau jasa.
b. Membandingkan keadaan perekonomian dari waktu ke waktu karena pendapatan nasional dicatat setiap tahun.
c. Membandingkan perekonomian antarnegara di dunia.
d. Pedoman bagi pemerintah untuk mengambil kebijakan yang berkaitan dengan pembangunan ekonomi nasional.

3. Jelaskan tujuan dari mempelajari pendapatan nasional!

Jawaban:
Tujuan dari mempelajari pendapatan nasional adalah untuk mengetahui kemajuan perekonomian masyarakat dan hal-hal berikut, yaitu:
a. Memperoleh taksiran akurat mengenai nilai barang dan jasa yang dihasilkan masyarakat suatu negara dalam satu tahun.
b. Membantu membuat rencana dan melaksanakan program pembangunan berjangka untuk mencapai tujuan pembangunan.
c. Mengkaji dan mengendalikan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat perekonomian suatu negara.

4. Dalam penghitungan pendapatan nasional suatu negara dikenal beberapa konsep pendapatan nasional. Sebutkan dan jelaskan masing-masing konsep tersebut! 

Jawaban:
Dalam penghitungan pendapatan nasional suatu negara dikenal beberapa konsep pendapatan nasional, yaitu:
a. Produk Domestik Bruto (PDB)/Gross Domestic Product (GDP)
Merupakan jumlah produk berupa barang dan jasa yang dihasilkan oleh unit-unit produksi di dalam batas wilayah suatu negara (domestik) selama satu tahun, termasuk hasil produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan orang asing yang beroperasi di wilayah negara yang bersangkutan. GDP dianggap bersifat bruto/kotor. Dengan demikian, pendapatan yang diperoleh dari produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh penduduk suatu negara yang berada di luar negeri tidak turut diperhitungkan.
Produk Domestik Regional Bruto (PDRB)/Gross Regional Domestic Product (GRDP) adalah menghitung pendapatan nasional dalam lingkup wilayah atau daerah.

b. Produk Nasional Bruto (PNB)/Gross Nasional Product (GNP)
Adalah jumlah seluruh produk barang dan jasa suatu negara dalam satu tahun, yang meliputi barang dan jasa yang dihasilkan oleh seluruh warga negara (nasional) baik yang berada di dalam negeri maupun di luar negeri. Dalam pengertian ini, barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan asing yang berada di dalam negeri tidak diperhitungkan.
Ada dua aliran pembayaran penggunaan jasa faktor produksi.
1) Apabila hasil produksi perusahaan asing yang berada di dalam negeri lebih besar dari hasil produksi perusahaan nasional di luar negeri, maka akan terjadi pembayaran penggunaan jasa faktor produksi ke luar negeri.
Selisih tersebut dinamakan pendapatan neto terhadap luar negeri dari faktor produksi atau net factor income to abroad.
2) Apabila hasil produksi perusahaan asing yang berada di dalam negeri lebih kecil daripada produksi perusahaan nasional di luar negeri maka akan terjadi pembayaran ke dalam negeri. Selisihnya dinamakan pendapatan neto ke dalam negeri dari faktor produksi atau net factor income domestic.
Jika PDB lebih besar daripada PNB maka menunjukkan bahwa investasi negara asing di dalam negeri lebih besar daripada investasi negara tersebut di negara lain. Dengan demikian menunjukkan perekonomian negara tersebut belum maju karena masih menerima banyak modal dari luar negeri. Sedangkan sebaliknya jika PDB lebih kecil daripada PNB maka menunjukkan bahwa investasi negara tersebut di luar negeri lebih besar
daripada investasi negara lain di dalam negeri. Hal ini menunjukkan bahwa perekonomian negara tersebut sudah maju karena mampu menanamkan modalnya lebih besar di luar negeri daripada menerima penanaman modal dari negara lain. Dengan demikian dapat dirumuskan:

GNP = GDP - Pendapatan Neto terhadap luar negeri

c. Produk Nasional Neto atau Net National Product (NNP)
Adalah nilai pasar barang dan jasa yang dihasilkan dalam satu tahun. Untuk menghitung NNP adalah Produk Nasional Bruto (PNB) dikurangi dengan penyusutan (depreciation). Penyusutan di sini artinya penyusutan barang-barang yang digunakan dalam proses produksi atau barang modal.

NNP= PNB - penyusutan

d. Pendapatan Nasional Bersih atau Net National Income (NNI)
Dapat dilihat dari dua sisi.
1) Dari sisi pendapatan, yaitu pendapatan yang dihitung menurut jumlah balas jasa yang diterima oleh masyarakat sebagai pemilik faktor produksi.
2) Dari sisi produksi, yaitu sejumlah nilai bersih barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara. Untuk mengetahui besarnya NNI yaitu NNP dikurangi dengan pajak tidak langsung. Pajak tidak langsung adalah pajak yang pembebanannya dapat dilimpahkan kepada pihak lain, misalnya Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM)

NNI = NNP - Pajak Tidak Langsung

e. Pendapatan Perorangan/Personal Income (PI)
Adalah seluruh pendapatan yang benar-benar diterima oleh masyarakat.
Jenis pendapatan yang tidak termasuk dalam pendapatan nasional, merupakan pendapatan pribadi. Berikut ini pendapatan yang tergolong dalam pendapatan nasional tetapi tidak termasuk sebagai pendapatan pribadi yaitu:
1) Keuntungan perusahaan yang tidak dibagikan,
2) Pajak yang dikenakan pemerintah atas keuntungan perusahaan, 
3) Kontribusi yang dilakukan oleh perusahaan.

PI = NNI - (laba ditahan + iuran jaminan sosial + asuransi + pajak perseroan) + transfer payment

Tranfer payment adalah penerimaan-penerimaan yang bukan merupakan balas jasa pada tahun yang bersangkutan, melainkan diambil dari pendapatan tahun sebelumnya

f. Pendapatan Bebas/Disposable Income (DI)
Apabila pendapatan pribadi dikurangi oleh pajak yang harus dibayar oleh para penerima pendapatan, nilai yang tersisa dinamakan pendapatan disposabel. Dengan demikian, pada hakikatnya pendapatan disposabel adalah pendapatan yang dapat digunakan oleh penerimanya, yaitu semua rumah tangga yang ada dalam perekonomian, untuk membeli barang-barang dan jasa yang mereka inginkan.

DI= PI - Pajak Langsung

5. Buatlah contoh tentang penghitungan pendapatan nasional! 

Jawaban:
Berikut ini contoh penghitungan pendapatan nasional. Angka yang digunakan hanya merupakan contoh saja, agar memudahkan cara berpikir.

Contoh Pertama Penghitungan Pendapatan Nasional:

Contoh Kedua Penghitungan Pendapatan Nasional:
Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan secara lengkap soal Ekonomi Kelas 11 Bab 1 yang membahas tentang Pendapatan Nasional. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya. 

Posting Komentar untuk "Lengkap Soal Ekonomi Kelas 11 Bab 1 Pendapatan Nasional ~ sekolahmuonline.com"

close