Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Ekonomi Kelas 11 Bab 3 Ketenagakerjaan ~ sekolahmuonline.com

Soal Ekonomi Kelas 11 Bab 3 Ketenagakerjaan ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal mata pelajaran Ekonomi kelas XI SMA Bab 3 yang membahas tentang Ketenagakerjaan lengkap dengan kunci jawabannya.
Soal Ekonomi Kelas XI SMA Bab 3 Ketenagakerjaan lengkap dengan kunci jawabannya
Soal-soal Ekonomi kelas 11 di bawah ini terdiri dari soal-soal esai atau uraian Bab 1 yang ada pada Buku Ekonomi Kelas XI SMA Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar). Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga memudahkan seluruh anak bangsa Indonesia dalam belajar mandiri di rumah. Secara gratis dan tidak dipungut biaya.

Soal Ekonomi Kelas 11 Bab 3 Ketenagakerjaan

Pendidikan adalah hak semua anak bangsa Indonesia. Hal ini sesuai dengan yang dijelaskan oleh pasal 31 ayat 1 dan 2 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945:
(1) Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.
(2) Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.

Apalagi sekarang sudah diterapkan wajib belajar 12 tahun. Jadi minimal pendidikan anak-anak Indonesia adalah tingkat SMA sederjat (SMK/MA/MAK). 

Perkembangan ekonomi di berbagai negara berkembang dengan sangat pesat. Perkembangan ekonomi yang semakin bagus tersebut tentu tak lepas dari perkembangan teknologi yang semakin meningkat. Tek terkecuali perkembangan teknologi alat telekomunikasi yang kian hari dan semakin ke sini menunjukkan perkembangan yang sangat pesat.

Jika dulu telepon genggam cuma dikenal dengan handphone (HP), sekarang sudah jadi Smartphone (telepon pintar/cerdas). Berbagai macam produk telepon genggam disediakan oleh produsen yang berlomba-lomba terus berinovasi membuat Handphone menjadi semenarik mungkin dengan dilengkapi berbagai fitur canggih yang sangat mendukung aktivitas penggunanya. 

Maka, silahkan Smartphone yang Anda pegang digunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kuota yang sudah dibelikan orang tua dipakai untuk hal-hal yang bermanfaat. Jangan sampai untuk hal-hal yang "Unfaedah" lancar-lancar saja, begitu digunakan untuk kegiatan belajar alasannya macam-macam, kuota habis, baterai habis, dan seabrek alasan lainnya. "Sungguh terlalu!", kata Bang Haji Rhoma Irama.

Soal Esai Ekonomi Kelas XI Bab 3 Ketenagakerjaan

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan pengertian ketenagakerjaan dan tenaga kerja! 

Jawaban:
Menurut Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan:
- Ketenagakerjaan adalah segala hal yang berhubungan dengan tenaga kerja pada waktu sebelum, selama, dan sesudah masa kerja.
- Tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang dan/atau jasa baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk masyarakat.

2. Sebutkan dan jelaskan klasifikasi tenaga kerja! 

Jawaban:
Tenaga kerja dapat diklasiikasikan menjadi tiga kriteria yaitu:
1) Tenaga Kerja Terdidik
Tenaga kerja terdidik adalah seseorang yang memiliki keahlian atau pengetahuan di bidang tertentu. Keahlian dan pengetahuan tersebut didapatkan melalui pendidikan formal. Contohnya adalah dokter, guru, dan akuntan.

2) Tenaga Kerja Terlatih
Tenaga kerja terlatih adalah seseorang yang memiliki keterampilan atau keahlian yang didapatkan melalui pendidikan non-formal. Pendidikan tersebut bisa berupa kursus maupun pelatihan. Contohnya adalah sopir, montir dan tukang jahit.
3) Tenaga Kerja Tidak Terdidik dan Terlatih
Tenaga kerja tidak terdidik dan terlatih adalah tenaga kerja yang tidak memerlukan pendidikan dan pelatihan secara khusus. Kemampuan tenaga kerja pada kelompok ini didasarkan pada kebiasaan dan pekerjaan yang tidak menuntut keahlian tertentu. Contohnya adalah buruh cuci, kuli panggul, dan kuli bangunan.

3. Jelaskan pengertian angkatan kerja! Siapa penduduk yang termasuk bukan angkatan kerja? 

Jawaban:
Menurut International Labour Organization (ILO), angkatan kerja adalah penduduk usia kerja yang bekerja dan yang sedang mencari pekerjaan (menganggur).

Angkatan kerja sering juga disebut sebagai penduduk yang aktif secara ekonomi (economically active population). 

Sejalan dengan ILO, menurut Badan Pusat Statistik (BPS) penduduk yang termasuk angkatan kerja  adalah penduduk usia kerja (15 tahun ke atas) yang bekerja atau punya pekerjaan, sementara tidak bekerja, dan pengangguran. L

Penduduk yang termasuk bukan angkatan kerja adalah penduduk usia kerja yang masih sekolah, mengurus rumah tangga, atau melaksanakan kegiatan lainnya selain kegiatan pribadi.

4. Apa yang kamu ketahui tentang kesempatan kerja? 

Jawaban:
Kesempatan kerja dapat diartikan sebagai permintaan akan tenaga kerja.

Penjelasan:
Ketika memproduksi barang dan jasa, rumah tangga produsen memerlukan tenaga kerja dan modal sebagai input untuk proses produksi. Permintaan tenaga kerja adalah prinsip ekonomi yang berasal dari permintaan untuk output perusahaan. 

Jika permintaan terhadap output (barang dan jasa) perusahaan meningkat, perusahaan akan membutuhkan lebih banyak tenaga kerja sehingga akan mempekerjakan lebih banyak tenaga kerja. Sebaliknya jika permintaan terhadap output menurun, maka perusahaan akan membutuhkan lebih sedikit tenaga kerja sehingga permintaan tenaga kerja akan turun. Dampaknya adalah perusahaan dapat melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). 

5. Jelaskan pengertian upah! 

Jawaban:
Menurut Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, upah adalah hak pekerja/buruh yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha atau pemberi kerja kepada pekerja/buruh yang ditetapkan dan dibayarkan menurut suatu perjanjian kerja, kesepakatan, atau peraturan perundang undangan, termasuk tunjangan bagi pekerja/buruh dan keluarganya atas suatu pekerjaan dan/atau jasa yang telah atau akan dilakukan.

6. Sebutkan jenis-jenis upah yang ada di Indonesia! 

Jawaban:
Indonesia mengenal beberapa jenis upah diantaranya yaitu:
a. Upah menurut waktu adalah sistem upah yang didasarkan pada berapa lamanya kerja seseorang.
b. Upah menurut satuan hasil adalah sistem upah yang didasarkan pada jumlah produk yang dihasilkan oleh seorang pekerja.
c. Upah borongan adalah sistem upah yang didasarkan pada kesepakatan dari yang memberi kerja dengan penerima kerja.

7. Apa yang kamu ketahui tentang upah minimum?

Jawaban:
Dalam upaya mewujudkan penghasilan yang dapat memenuhi kebutuhan layak bagi masyarakat, pemerintah menerapkan kebijakan dalam sistem pengupahan yaitu kebijakan upah minimum.

Upah minimum adalah standar penghasilan yang harus diberikan oleh pengusaha kepada pekerja yang tingkatannya disesuaikan dengan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi suatu negara.

8. Jelaskan pengertian pengangguran! 

Jawaban:
Pengangguran adalah kelompok angkatan kerja yang tidak bekerja atau sedang mencari pekerjaan.

Pengangguran dapat terjadi karena jumlah penawaran tenaga kerja lebih besar daripada permintaan tenaga kerja. Dengan kata lain, terjadi surplus atau kelebihan penawaran di pasar tenaga kerja. 

Pengangguran menjadi salah satu masalah yang sering muncul di negara-negara berkembang. Hal ini disebabkan karena tingginya jumlah penduduk yang tidak diimbangi dengan ketersediaan lapangan pekerjaan, sehingga memicu terjadinya ketimpangan pendapatan. Untuk melihat jumlah pengangguran di Indonesia, kalian dapat mencarinya melalui situs resmi BPS.

9. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis pengangguran!

Jawaban:
Pengangguran dibagi menjadi beberapa jenis, berdasarkan lamanya waktu bekerja dan penyebabnya.

Adapun jenis-jenis pengangguran adalah sebagai berikut:
a. Pengangguran Berdasarkan Lamanya Waktu Bekerja
1) Pengangguran Terbuka
Pengangguran terbuka adalah angkatan kerja yang sama sekali tidak mempunyai pekerjaan. Contohnya yaitu mahasiswa yang baru lulus kuliah dan belum bekerja. Menurut BPS, pengangguran terbuka terdiri atas kelompok orang yang:
a) tidak memiliki pekerjaan dan sedang mencari pekerjaan
b) tidak memiliki pekerjaan dan sedang mempersiapkan usaha
c) tidak memiliki pekerjaan dan tidak mencari pekerjaan karena merasa
tidak mungkin memperoleh pekerjaan
d) sudah memiliki pekerjaan tetapi belum mulai bekerja
2) Setengah Pengangguran
Setengah pengangguran adalah angkatan kerja yang sudah bekerja namun tidak bekerja secara optimal atau bekerja di bawah jam kerja normal.
Contohnya petani yang menganggur karena menunggu musim panen tiba.
3) Pengangguran Terselubung
Pengangguran terselubung adalah angkatan kerja yang sudah bekerja namun tidak bekerja secara optimal karena ketidaksesuaian latar belakang
pendidikan, atau pekerjaan tidak sesuai dengan bakat dan kemampuan pekerja. Contohnya adalah seorang sarjana hukum yang bekerja sebagai customer service di salah satu bank padahal idealnya seorang sarjana hukum dapat bekerja sebagai pengacara, jaksa, atau notaris.

b. Pengangguran Berdasarkan Penyebabnya
1) Pengangguran Struktural
Pengangguran struktural terjadi karena adanya perubahan struktur ekonomi suatu negara, misalnya perubahan dari negara yang berstruktur agraris menjadi negara industri. Pengangguran ini disebabkan karena keahlian yang dimiliki oleh tenaga kerja tidak sesuai dengan pekerjaan yang dibutuhkan saat ini.
2) Pengangguran Friksional
Pengangguran friksional adalah angkatan kerja yang tidak bekerja karena mengharapkan pekerjaan yang lebih baik dari sebelumnya. Pengangguran friksional bersifat sementara karena pada dasarnya pengangguran ini bukan disebabkan oleh ketidakmampuan memperoleh pekerjaan, melainkan karena adanya keinginan untuk mendapatkan pekerjaan dan gaji yang lebih baik.
3) Pengangguran Siklis
Pengangguran siklis terjadi karena adanya penurunan kegiatan ekonomi. ketika permintaan barang dan jasa dalam perekonomian menurun, hal ini akan memaksa perusahaan untuk memberhentikan pekerja dalam upaya untuk memotong biaya. Perusahaan menghasilkan pendapatan dari penjualan barang dan jasa, dan ketika pendapatan menurun drastis, maka bisnis akan mengalami penurunan laba. Dalam upaya menjaga bisnis tetap bertahan, perusahaan memberhentikan pekerja untuk mengurangi biaya tenaga kerja.

10. Sebutkan dan jelaskan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi pengangguran! 

Jawaban:
Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi pengangguran tentunya dengan membuka lapangan pekerjaan, karena masalah pengangguran timbul akibat penawaran tenaga kerja yang lebih tinggi dibandingkan permintaannya, maka solusinya adalah meningkatkan permintaan tenaga kerja.

Adapun upaya yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:
1. Meningkatkan Investasi
Investasi bagi perusahaan akan meningkatkan modal perusahaan untuk membuka usaha-usaha baru, dengan begitu penyerapan tenaga kerja dapat dilakukan oleh perusahaan. Dengan mempermudah alur investasi akan menimbulkan dampak yang luas. Karena selain dapat menyerap tenaga kerja, investasi juga dapat menggerakkan perekonomian dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
2. Pelatihan Kerja
Pengangguran dapat timbul karena angkatan kerja tidak memiliki keterampilan yang dibutuhkan. Oleh karena itu, untuk mengatasinya perlu diberikan pelatihan-pelatihan yang dibutuhkan masyarakat sehingga mereka memiliki keahlian atau kualiikasi yang diperlukan di perusahaan. Pelatihan kerja juga dapat meningkatkan kualitas tenaga kerja sehingga bisa bekerja dengan optimal.
3. Program Kerja Sama Luar Negeri
Pemanfaatan kerja sama dengan negara lain dapat dilakukan sebagai usaha penyerapan tenaga kerja Indonesia. Kerja sama ini dapat dilakukan oleh pihak swasta maupun pemerintah. Dengan kerja sama tersebut, kesempatan kerja masyarakat semakin terbuka, dan permintaan tenaga kerja yang tidak seimbang di dalam negeri dapat teratasi.
4. Menggalakkan Usaha UMKM
Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggiatkan UMKM adalah salah satu upaya mengatasi pengangguran. Masyarakat dibina dan diberikan bantuan modal untuk membuka lapangan kerjanya sendiri sehingga masyarakat tidak hanya berusaha mencari pekerjaan bagi dirinya sendiri tapi juga dapat membuka lapangan usaha baru yang dapat membantu mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kegiatan ekonomi. 

Latihan Soal Ekonomi Kelas 11 Bab 3 Ketenagakerjaan

1. Jelaskan mengapa terkadang pengangguran disebut “sumber daya yang tersia-siakan”?

Jawaban:
Poin penting yang harus diperjelas untuk menjawab adalah sumber daya manusia merupakan modal penting untuk meningkatkan kegiatan ekonomi

[Jawaban silahkan dikembangkan]

2. Identifikasi keuntungan yang akan didapat apabila pengangguran turun !

Jawaban:
Poin penting yang harus muncul adalah apabila pengangguran turun maka pertumbuhan ekonomi akan meningkat

[Jawaban silahkan dikembangkan]

3. Mengapa upah di setiap daerah di Indonesia berbeda-beda ?

Jawaban:
Upah di daerah berbeda- beda diantaranya karena faktor-faktor berikut:
• Kebutuhan hidup layak
• Kondisi pasar tenaga kerja
• Inflasi
• Pertumbuhan ekonomi

4. Diantara pengangguran friksional, struktural, dan siklis manakah dari ketiga tersebut yang sering ditemui di Indonesia. Jelaskan !

Jawaban:
Untuk menjawab dapat mengembangkan jawaban berdasarkan data yang sudah dicari berkaitan dengan pengangguran di Indonesia
5. Apa peran yang dapat kalian lakukan sebagai peserta didik dalam upaya mengatasi pengangguran?

Jawaban:
Peserta didik dapat mengembangkan ide dan gagasannya untuk menentukan perannya dalam mengatasi pengangguran di Indonesia

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Soal Ekonomi kelas XI SMA Bab 3 yang membahas tentang Ketenagakerjaan lengkap dengan kunci jawabannya. Soal Sekolahmuonline rujuk dan olah kembali dari buku Ekonomi Kelas XI SMA. Semoga bermanfaat, silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya. Selamat dan semangat belajar.

Lengkap soal Ekonomi Kelas XI SMA Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar) semua Bab, silahkan baca pada judul-judul postingan Sekolahmuonline di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Soal Ekonomi Kelas 11 Bab 3 Ketenagakerjaan ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close