Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Geografi Kelas 12 Bab 3 Pemanfaatan Peta, Penginderaan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis (SIG) ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Geografi Kelas 12 Bab 3 Pemanfaatan Peta, Penginderaan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis (SIG) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini rangkuman atau ringkasan (review) mata pelajaran Geografi Kelas 12 Bab 3 Pemanfaatan Peta, Penginderaan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis (SIG). Silahkan dibaca dan dipelajari dengan seksama, semoga bermanfaat.
Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Geografi Kelas XII Bab 3 Pemanfaatan Peta, Penginderaan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis (SIG)
Geografi Kelas 12 Bab 3 membahas empat Kegiatan Pembelajaran, yaitu:
- Pertama: Pemanfaatan Peta untuk Jaringan Transportasi meliputi konsep transportasi dan perencanaan transportasi
- Kedua: Pemanfaatan Penginderaan Jauh untuk Tata Guna Lahan meliputi faktor-faktor penetapan tata guna lahan, klasifikasi tata guna lahan, dan unsur-unsur interpretasi terkait tata guna lahan
- Ketiga: Pemanfaatan SIG Pengembangan Potensi Wilayah meliputi inventarisasi sumber daya alam, perencanaan pembangunan, perencanaan ruang, pariwisata, perencanaan transportasi
- Keempat: Pemanfaatan SIG Kesehatan Lingkungan meliputi pengertian kesehatan lingkungan dan pengaruh lingkungan terhadap kesehatan

Sebelumnya Sekolahmuonline pernah menyajikan contoh soal untuk bab ini. Baik soal pilihan ganda maupun soal essay. Bagi pembaca Sekolahmuonline yang belum membacanya, silahkan lihat pada postingan Sekolahmuonline yang berjudul:

Rangkuman Geografi Kelas XII Bab Pemanfaatan Peta, Penginderaan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis (SIG)

1. Transportasi merupakan kegiatan memindahkan orang atau barang dari satu tempat (asal) ke tempat lain (tujuan).

2. Sistem jaraingan jalan dibedakan menjadi dua yaitu sistem jaringan jalan primer dan sistem jaringa jalan sekunder.

3. Berdasarkan fungsinya jalan dibedakan menjadi jalan arteri, jalan kolektor, jalan lokal dan jalan lingkungan.

4. Status jalan dibedakan menjadi jalan nasional, jalan provinsi, jalan kabupaten, jalan kota dan jalan desa.

5. Sistem jaringan transportasi terdiri dari benda yang diangkut, sarana transportasi dan prasarana transportasi

6. Parameter utama jaringan transportasi adalah aksesibilitas, bangkitan dan pergerakan.

7. Tata guna lahan adalah wujud ruang di alam mengenai bagaimana penggunaan lahan tertata, baik secara alami maupun direncanakan.

8. Perencanaan tata guna lahan adalah proses penyiapan dalam upaya mewujudkan pola dan struktur ruang pada jangka waktu yang ditetapkan untuk memberikan bantuan pada pengguna lahan dalam menata lahan.

9. Faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan tata guna lahan adalah faktor fisik yang meliputi kondisi geologi, air, tanah dan iklim; faktor biologis meliputi vegetasi, hewan dan penduduk; faktor keadaan ekonomi meliputi keadaan pasar dan alat transportasi; dan faktor institusi meliputi keadaan hukum pertahanan, keadaan politik dan keadaan sosial.

10. Untuk perencanaan tata guna lahan memerlukan interpretasi citra penginderaan jauh agar memudahkan dalam menata lahan.

11. Tahapan dalam kerja SIG adalah klasifikasi, overlay, networking, buffering, dan tiga dimensi.

12. Kegiatan yang penting dalam SIG adalah melakukan tumpang susun (overlay) terhadap beberapa peta tematik untuk menghasilkan informasi baru yang menyeluruh.

13. Sistem informasi geografis (SIG) dapat dimanfaatkan untuk inventarisasi sumber daya alam, perencanaan pembangunan, perencanaan ruang, pariwisata, perencanaan transportasi, sosial budaya dan mitigasi bencana.

14. Kesehatan lingkungan adalah suatu keseimbangan ekologi yang harus tercipta di antara manusia dengan lingkungannya agar bisa menjamin keadaan sehat dari manusia.

15. Peranan lingkungan yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada manusia antara lain sebagai reservoir, sebagai agen, media transmisi dan sebagai vektor.

16. Menurut WHO dalam bidang kesehatan peranan SIG antara lain untuk menentukan distribusi geografis penyakit, analisis tren spasial dan temporal, pemetaan populasi berisiko, penilaian distribusi sumber daya, perencanaan dan penentu intervensifikasi dan monitoring penyakit.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan rangkuman atau ringkasan (review) mata pelajaran Geografi Kelas 12 Bab 3 Pemanfaatan Peta, Penginderaan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis (SIG). Rangkuman Sekolahmuonline himpun dari Modul PJJ Geografi Kelas XII SMA. Semoga bermanfaat. Membantu seluruh rakyat Indonesia dalam belajar secara gratis di mana saja dan kapan saja. Membantu orang tua agar seluruh anak Indonesia memanfatkan handphone yang dibelikannya untuk hal-hal yang bermanfaat. Selamat dan semangat belajar.

Rangkuman dan Contoh Soal Geografi Kelas 12

Lengkap Rangkuman dan Contoh Soal Geografi Kelas 12 dapat Anda baca dan pelajari pada judul-judul postingan di bawah ini (tinggal klik saja judulnya). Jika ada link/tautan yang mati, dapat Anda beritahukan lewat kolom komentar untuk kami perbaiki. Semoga membantu seluruh rakyat Indonesia dalam belajar secara mandiri di mana saja dan kapan saja secara gratis. Selamat dan semangat belajar, semoga masa depan Anda cerah dan mencerahkan.

Rangkuman:
Soal Pilihan Ganda:
Soal Essay:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Geografi Kelas 12 Bab 3 Pemanfaatan Peta, Penginderaan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis (SIG) ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close