Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Geografi Kelas 12 Bab 2 Pola Keruangan Desa dan Kota ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Geografi Kelas 12 Bab 2 Pola Keruangan Desa dan Kota ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan Rangkuman atau ringkasan (review) mata pelajaran Geografi Kelas XII Bab 2 yang membahas tentang Pola Keruangan Desa dan Kota.
Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Geografi Kelas XII Bab 2 Pola Keruangan Desa dan Kota
Geografi Kelas XII Bab Pola Keruangan Desa dan Kota terbagi menjadi 3 Kegiatan Pembelajaran sebagai berikut ini:
- Kegiatan Pembelajaran Pertama: Struktur dan Pola Keruangan Desa 
- Kegiatan Pembelajaran Kedua: Struktur dan Pola Keruangan Kota
- Kegiatan Pembelajaran Ketiga: Interaksi Desa dan Kota dalam Pemerataan Pembangunan

Sebelumnya Sekolahmuonline sudah menyajikan postingan contoh soal pilihan ganda dan essay dari Bab Pola Keruangan Desa dan Kota. Untuk membaca dan mempelajarinya silahkan baca postingan berikut ini:

Rangkuman Geografi Kelas XII Bab Pola Keruangan Desa dan Kota

• Desa didefinisikan sebagai kesatuan masyarakat umum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan msayarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

• Masyarakat desa umumnya lebih menjunjung asas kekeluargaan dan kekerabatan ketimbang penduduk kota.

• Penduduk desa mayoritasnya bermata pencaharian sebagai petani, sedangkan penduduk kota lebih beragam.

• Daerah pedesaan memiliki potensi sumber daya alam yang berlimpah, namun kurang dalam segi sumber daya manusia, sistem kelembagaan, dan fasilitas umum.

• Kota adalah suatu daerah terbangun dengan didominasi oleh lahan nonpertanian dengan jumlah penduduk dan intensitas penggunaan lahan yang tinggi. Kota berkembang akan membentuk suatu pola tertentu yaitu sentralisasi, desentralisasi, nukleasi dan segresi.

• Kota merupakan pusat kegiatan berbagai aktivitas penduduk. Jika sebuah kota mengalmai perkembangan, maka akan berdampak terhadap daerah lain di sekitarnya.

• Penataan ruang kota biasa dilakukan untuk menata lahan perumahan, industri, jasa, sarana pemerintaha, temapat pemasaran, serta pusat pendidikan, Kesehatan, peribadatan, rekreasi dan olahraga.

• Interaksi adalah terjadinya kontak antara dua wilayah atau lebih dan menimbulkan suatu kenyataan yang baru dalam wujud tertentu. Antara desa dan kota keduanya memiliki peranan penting dalam pembangunan baik di bidang tenaga kerja, sumber daya alam, bahan pangan, dan komoditas keduanya saling berinteraksi untuk saling dukung.

• Pertumbuhan penduduk dan aktivitas sosial ekonomi sebagai faktor yang mempengaruhi perkembangan kota mendorong pertumbuhan kebutuhan akan lahan. Karena karakteristiknya yang tetap dan terbatas, maka perubahan tata guna lahan menjadi sebuah konsekuensi logis dalam penumbuhan dan perkembangan kota. 

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan rangkuman atau ringkasan (review) mata pelajaran Geografi Kelas 12 Bab 2 Pola Keruangan Desa dan Kota. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Rangkuman dan Contoh Soal Geografi Kelas 12

Lengkap Rangkuman dan Contoh Soal Geografi Kelas 12 dapat Anda baca dan pelajari pada judul-judul postingan di bawah ini (tinggal klik saja judulnya). Jika ada link/tautan yang mati, dapat Anda beritahukan lewat kolom komentar untuk kami perbaiki. Semoga membantu seluruh rakyat Indonesia dalam belajar secara mandiri di mana saja dan kapan saja secara gratis. Selamat dan semangat belajar, semoga masa depan Anda cerah dan mencerahkan.

Rangkuman:
Soal Pilihan Ganda:
Soal Essay:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Geografi Kelas 12 Bab 2 Pola Keruangan Desa dan Kota ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close