Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Esai Ekonomi Kelas 12 Bab 2 Persamaan Dasar Akuntansi + Kunci Jawabannya [Part 3] ~ sekolahmuonline.com

Soal Esai Ekonomi Kelas 12 Bab 2 Persamaan Dasar Akuntansi + Kunci Jawabannya [Part 3] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan Bagian Ketiga (Part 3) dari Contoh Soal Esai (Essay) atau uraian mata pelajaran Ekonomi Kelas XII Bab 2 yang membahas tentang Persamaan Dasar Akuntansi lengkap dengan Kunci Jawaban atau pembahasannya. 
Soal Esai Ekonomi Kelas XII Bab 2 Persamaan Dasar Akuntansi lengkap dengan Kunci Jawabannya

Soal Esai Ekonomi Kelas XII Bab 2 Persamaan Dasar Akuntansi ~ Part 3

Ekonomi Kelas 12 Bab 2 Persamaan Dasar Akuntansi membahas tiga kegiatan pembelajaran.
- Kegiatan Pembelajaran Pertama membahas tentang Bukti-bukti Transaksi
- Kegiatan Pembelajaran Kedua membahas tentang Persamaan Dasar Akuntansi
- Kegiatan Pembelajaran Ketiga membahas tentang Laporan Keuangan. 

Oh ya, sebelumnya Sekolahmuonline sudah menyajikan contoh soal pilihan ganda dari Bab 2 ini. Bagi Anda yang belum membacanya, jangan lewatkan, silahkan baca postingan Sekolahmuonline yang berjudul:

Soal Esai Ekonomi Kelas 12 Bab 2 Persamaan Dasar Akuntansi

Nah, berikut ini soal esai Ekonomi Kelas 12 Bab 2 bagian Pembelajaran Ketiga yang membahas tentang Laporan Keuangan. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan pengertian laporan keuangan!

Jawaban:
Laporan Keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada satu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Salah satu fungsi utama akuntansi adalah menyediakan laporan keuangan secara periodik kepada manajemen, investor, kreditur, dan pihak-pihak lain di luar perusahaan. Laporan keuangan yang disajikan harus dapat memberikan gambaran secara jelas terhadap posisi keuangan (neraca) dan kinerja suatu perusahaan (laporan laba-rugi). Hal ini dimaksudkan agar para pemakai akuntansi, baik intern maupun ekstern perusahaan dapat mengambil keputusan ekonomi sesuai dengan apa yang dikehendaki.

2. Sebutkan dan jelaskan komponen-konponen laporan keuangan! 

Jawaban:
Laporan keuangan merupakan penyajian terstruktur dari posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu organisasi. Laporan keuangan juga menunjukan hasil pertanggung jawaban manajemen atas penggunaan sumber daya yang dipercayakan kepada mereka.

Laporan keuangan yang lengkap terdiri dari komponen-komponen berikut ini :
a. Laporan Posisi Keuangan (Neraca), yaitu laporan yang menggambarkan posisi keuangan, baik aset, liabilitas, mau pun ekuitas suatu perusahaan selama periode tertentu.
b. Laporan Laba Rugi, yaitu laporan yang menggambarkan jumlah penghasilan dan beban suatu perusahaan selama suatu periode.
c. Laporan Perubahan Ekuitas, yaitu laporan yang berisi tentang perubahan ekuitas yang menunjukkan penambahan atau pengurangan kekayaan selama periode tertentu.

3. Sebutkan dan jelaskan unsur-unsur laporan keuangan yang mempengaruhi laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi sehingga posisi keuangan perusahaan dapat memenuhi harapan sebagaimana yang telah direncanakan sebelumnya! 

Jawaban:
Dalam menyusun laporan keuangan, laporan posisi keuangan (neraca) dan laporan laba-rugi merupakan salah satu komponennya.

Ada beberapa unsur-unsur yang mempengaruhi laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi sehingga posisi keuangan perusahaan dapat memenuhi harapan sebagaimana yang telah direncanakan sebelumnya, yaitu:

a. Unsur Laporan Posisi Keuangan
Laporan posisi keuangan adalah laporan yang menunjukkan posisi keuangan perusahaan pada akhir periode. Posisi keuangan yang dimaksud terdiri atas aset (harta), liabilitas (utang), dan ekuitas (modal). Pospos tersebut dapat didefinisikan sebagai berikut:
1). Aset adalah sumber daya yang dikuasai oleh perusahaan sebgai akibat dari peristiwa masa lalu dan manfaat ekonomi yang diharapkan akan diperoleh perusahaan di masa depan.
2). Liabilitas adalah kewajiban perusahaan di masa kini yang timbul dari peristiwa masa lalu, penyelesaiannya diharapkan mengakibatkan arus keluar dari sumber daya perusahaan yang mengandung manfaat ekonomi.
3). Ekuitas adalah hak residual atas aset perusahaan setelah dikurangi semua kewajiban.

b. Unsur Laporan Laba-Rugi
Laporan laba-rugi adalah laporan yang menunjukkan kinerja perusahaan, yakni tentang besarnya pendapatan (penghasilan) dan beban pada akhir periode akuntansi. Unsurunsur tersebut dapat didefinisikam sebagai berikut :
1). Penghasilan (income) adalah kenaikan manfaat ekonoi selama suat periode akuntansi dalam bentuk pemasukan atau penambahan aset atau penurunan liabilitas yang mengakibatkan kenaikan ekuitas yang bukan berasal dari kontribusi penanam modal.
2). Beban (expense) adalah penurunan manfaat ekonomi selamau suatu periode akuntansi dalam bentuk arus keluar/berkurangnya aset atau terjadinya liabilitas yang mengakibatkan penurunana ekuitas yang tidak menyangkut pembagian kepada penanam modal.

c. Bentuk-bentuk laporan keuangan
1). Laporan Laba-Rugi (Income Statement)
a) Bentuk Langsung (Single Step)
b). Bentuk bertahap (multiple step)

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal esai (essay) atau uraian mata pelajaran Ekonomi Kelas 12 Bab 2 Persamaan Dasar Akuntansi lengkap dengan Kunci Jawaban atau pembahasannya Bagian Ketiga (Part 3) pembahasan kegiatan pembelajaran ketiga tentang Laporan Keuangan. Soal kami olah dari Modul PJJ Ekonomi Kelas XII dengan dikemas menjadi kemasan yang semoga membuahkan untuk dibaca dan dipelajari. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Posting Komentar untuk "Soal Esai Ekonomi Kelas 12 Bab 2 Persamaan Dasar Akuntansi + Kunci Jawabannya [Part 3] ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close