Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Logo IPM dan Artinya

Logo IPM dan Artinya

Berdirinya Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) tidak lepas dari latar belakang berdirinya Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah Islam amar ma’ruf nahi munkar sekaligus sebagai konsekuensi dari banyaknya sekolah yang merupakan amal usaha Muhammadiyah untuk membina dan mendidik kader. Sebagaimana Muhammadiyah memiliki logo atau lambang tersendiri, maka IPM sebagai salah satu organisasi otonom di Muhammadiyah pun memiliki logo atau lambang sendiri. Dengan memiliki logo atau lambang, maka sekilas IPM akan mudah diktahui, mudah dikenal, dan mudah diidentifikasi sebagaimana organisasi otonom Muhammadiyah lainnya yang juga memiliki logo atau lambang sendiri. Seperti Nasyiatul Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Tapak Suci, dan lain-lainnya.

Menurut Prof. Dr. Yongki Safanayong (di dalam buku Mendesain Logo), "Suatu logo memperoleh maknanya dari suatu kualitas yang disimbolkan, melalui corporate cultur, positioning, historis dan aspirasi. Apa yang diartikan atau dimaksudkan adalah lebih penting daripada seperti apa rupanya".
Logo IPM dan Artinya    Berdirinya Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) tidak lepas dari latar belakang berdirinya Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah Islam amar ma’ruf nahi munkar sekaligus sebagai konsekuensi dari banyaknya sekolah yang merupakan amal usaha Muhammadiyah untuk membina dan mendidik kader. Sebagaimana Muhammadiyah memiliki logo atau lambang tersendiri, maka IPM sebagai salah satu organisasi otonom di Muhammadiyah pun memiliki logo atau lambang sendiri. Dengan memiliki logo atau lambang, maka sekilah IPM akan mudah dikeathui, mudah dikenal, dan mudah diidentifikasi sebagaimana organisasi otonom Muhammadiyah lainnya.    Menurut Prof. Dr. Yongki Safanayong (di dalam buku Mendesain Logo), "Suatu logo memperoleh maknanya dari suatu kualitas yang disimbolkan, melalui corporate cultur, positioning, historis dan aspirasi. Apa yang diartikan atau dimaksudkan adalah lebih penting daripada seperti apa rupanya".    Kembali ke logo atau lambang IPM. Logo Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) adalah berupa bentuk segi lima perisai yang runcing dibawah, gambar matahari yang berwarna kuning, di tengah bulatan matahari terdapat gambar buku warna putih, dan di bawah bulatan matahari terdapat tulisan ayat Al-quran, surat Al Qalam ayat 1 yang berbunyi  “Nuun Walqalami Wamaa Yasthuruun” yang merupakan semboyan IPM.    Kemudian, apa arti dari kesemua bentuk yang ada pada logo atau lambang IPM tersebut? Berikut ini arti dari logo atau lambang Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM):    1. Bentuk segi lima perisai, runcing dibawah merupakan deformasi bentuk pena.    2. Warna kuning berarti keagungan dan ketuhanan; putih berarti kesucian; merah berarti keberanian, Warna hijau menunjukan agar ilmu yang didapatkan dapat mempertebal iman.    3. Gambar matahari yang berwarna kuning yang menunjukan bahwa IPM adalah keluarga besar Muhammadiyah.    4. Di tengah bulatan matahari terdapat gambar buku berarti pengetahuan. Atau bisa juga berarti Al-Qur’an yang suci (putih).    5. Di bawah bulatan matahari terdapat tulisan ayat Al-quran, surat Al Qalam ayat 1 yang berbunyi  “Nuun Walqalami Wamaa Yasthuruun” (dalam tulisan arab). Artinya: Nuun, Demi pena dan apa yang dituliskannya.    6. Tulisan Al-Quran tersebut ditulis dengan menggunakan huruf Arab, warna hitam dan merupakan semboyan IPM. Huruf IPM berwarna merah dengan kontur hitam. Merah berarti berani serta aktif menyampaikan dakwah Islam karena IPM mengemban tugas sebagai pelopor, pelangsung dan penyempurna amal usaha Muhammadiyah.

Kembali ke logo atau lambang IPM. Logo Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) adalah berupa bentuk segi lima perisai yang runcing dibawah, gambar matahari yang berwarna kuning, di tengah bulatan matahari terdapat gambar buku warna putih, dan di bawah bulatan matahari terdapat tulisan ayat Al-quran, surat Al Qalam ayat 1 yang berbunyi  “Nuun Walqalami Wamaa Yasthuruun” yang merupakan semboyan IPM.

Kemudian, apa arti dari kesemua bentuk yang ada pada logo atau lambang IPM tersebut? Berikut ini arti dari logo atau lambang Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM):

1. Bentuk segi lima perisai, runcing dibawah merupakan deformasi bentuk pena.

2. Warna kuning berarti keagungan dan Ketuhanan; putih berarti kesucian; merah berarti keberanian, Warna hijau menunjukan agar ilmu yang didapatkan dapat mempertebal iman.

3. Gambar matahari yang berwarna kuning yang menunjukan bahwa IPM adalah keluarga besar Muhammadiyah.

4. Di tengah bulatan matahari terdapat gambar buku berarti pengetahuan. Atau bisa juga berarti Al-Qur’an yang suci (putih).

5. Di bawah bulatan matahari terdapat tulisan ayat Al-Quran, surat Al-Qalam ayat 1 yang berbunyi  “Nuun Walqalami Wamaa Yasthuruun” (dalam tulisan arab). Artinya: Nuun, Demi pena dan apa yang dituliskannya.

6. Tulisan Al-Quran tersebut ditulis dengan menggunakan huruf Arab, warna hitam dan merupakan semboyan IPM. Huruf IPM berwarna merah dengan kontur hitam. Merah berarti berani serta aktif menyampaikan dakwah Islam karena IPM mengemban tugas sebagai pelopor, pelangsung dan penyempurna amal usaha Muhammadiyah.

Posting Komentar untuk "Logo IPM dan Artinya"

Memuat...
close