Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Materi Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah (MKCHM)

Sekolahmuonline - Soal Materi Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah (MKCHM)

Berikut ini adalah contoh Soal Materi Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah (MKCHM). Sebelum anda menjawab soal-soal di bawah silahkan pelajari materi "Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah".
Soal Materi Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah (MKCHM)  1. Jelaskan latar belakang perumusan MKCHM!  2. Jelaskan fungsi Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah (MKCHM)!  3. Jelaskan seperti apa keyakinan Muhammadiyah tentang agama Islam sebagaiman yang ada dalam matan MKCHM!  4. Jelaskan pengertian Agama Islam menurut Paham Agama persyarikatan Muhammadiyah!  5. Jelaskan pengertian ijtihad dan tarjih dalam Muhammadiyah!  6. Jelaskan keterkaitan antara perkembangan zaman dengan kebolehan umat Islam melakukan ijtihad!  7. Jelaskan pengertian ibadah menurut Majelis Tarjih Muhammadiyah!l  8. Jelaskan klasifikasi ibadah menurut Majelis Tarjih Muhammadiyah!  9. Jelaskan peran Muhammadiyah dalan pemberantasan Partai Komunis Indonesia (PKI)!  10. Jelaskan maksud Baldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghafuur!
1. Jelaskan latar belakang perumusan MKCHM!

2. Jelaskan fungsi Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah (MKCHM)!

3. Jelaskan seperti apa keyakinan Muhammadiyah tentang agama Islam sebagaiman yang ada dalam matan MKCHM!

4. Jelaskan pengertian Agama Islam menurut Paham Agama persyarikatan Muhammadiyah!

5. Jelaskan pengertian ijtihad dan tarjih dalam Muhammadiyah!

6. Jelaskan keterkaitan antara perkembangan zaman dengan kebolehan umat Islam melakukan ijtihad!

7. Jelaskan pengertian ibadah menurut Majelis Tarjih Muhammadiyah!l

8. Jelaskan klasifikasi ibadah menurut Majelis Tarjih Muhammadiyah!

9. Jelaskan peran Muhammadiyah dalan pemberantasan Partai Komunis Indonesia (PKI)!

10. Jelaskan maksud Baldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghafuur!

1 komentar untuk "Soal Materi Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah (MKCHM)"

  1. 1.Adanya upaya Muhammadiyah salam tajdid dalam berbagai pembaharuan salah satunya dibidang ideologi
    2.-mkchm sebagai petunjuk arah yg tepat menuju cita-cita yg perjuangankan
    3.Muhammadiyah berkeyakinan bahwa Islam adalah agama Allah yang diwahyukan kepada RasulNya, sejak Nabi Adam, Nuh, Ibrahim, Musa, Isa, dan seterusnya sampai kepada Nabi penutup Muhammad SAW sebagai hidayah dan rahmat Allah kepada umat manusia sepanjang masa dan menjamin kesejahteraan hidup materiil, duniawi dan ukhrawi.
    4.agama Allah yang diturunkan kepada Nabi-Nya sejak Adam A.s. hingga Muhammad Saw.
    5.-tarjih berarti melakukan penilaian terhadap suatu dalil syar’i yang secara zahir tampak bertentangan untuk menentukan mana yang lebih kuat
    -ijtihad berarti mencurahkan segenap kemampuan dalam mencari hukum-hukum syar’i yang bersifat zhanni sampai mujtahid tidak lagi mampu melebihi usahanya
    6.pekembangan islam pada zaman ini sangat lah pesat. dalam melakukan ibadah mau pun jihad kaum mislim tidak pernah mengeluh.
    7.Ibadah adalah bertaqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah SWT, dengan cara mentaati perintah-perintah-Nya, menjauhi larangan-larangan-Nya dan mengamalkan segala yang diizinkan-Nya.
    8.Agama adalah apa yang disyarikatkan Allah dengan perantaraan Nabi-nabinya, berupa perintah-perintah dan larangan-larangan serta petunjuk-petunjuk untuk kebaikan manusia di dunia dak akhirat.
    9.sangat besar yakni membantu militer mengumpulkan anggota-anggota PKI dan yang dicurigai di daerah-daerah Jawa Tengah, Timur dan Sumatera Utara dan melakukan banyak pembunuhan serta pembantaian
    10.Kalimat baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur yang disematkan kepada Negeri Saba' memiliki arti : “Negeri yang baik dengan Rabb (Tuhan) yang Maha Pengampun

    BalasHapus
Memuat...
close