Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal dan Jawabannya Bab 5 Sistem Pencernaan Makanan (IPA kelas 8 SMP/MTs)~Part 1

Sekolahmuonline - Contoh Soal dan Jawabannya Bab 5 Sistem Pencernaan Makanan (IPA kelas 8 SMP/MTs)~Part 1. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda Contoh Soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Jawabannya Bab 5 Sistem Pencernaan Makanan (IPA kelas 8 SMP/MTs). Soal kami buat campuran. Ada model isian, model penyebutan, dan model essay. Yang penting bisa dipakai untuk belajar. Ini adalah bagian pertama (Part 1), soal no 1 s/d 30. Silahkan dibaca, dipahami, semoga memudahkan anda dalam belajar IPA terutama bagi adik-adik yang masih duduk di kelas VII SMP atau MTs.

1. Tubuh membutuhkan ... untuk setiap kegiatan, seperti detak jantung, kedipan kelopak mata, dan mengangkat barang. 

Jawaban: energi

2. Tubuh menggunakan energi untuk mempertahankan suhu tubuh normal sekitar ... (Jawaban: 37°C)

3. Energi berasal dari makanan yang dimakan. Jumlah energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas diukur dalam satuan .... (Jawaban: kalori)

4. Jumlah energi yang tersedia dalam makanan diukur dalam satuan ... (Jawaban: kalori)

5. Satu kalori (Cal) menunjukkan jumlah panas yang dibutuhkan untuk menaikkan  ....  (Jawaban: 1°C suhu dari 1 g air)

6. Jumlah kalori pada sepotong roti berbeda dengan jumlah kalori pada sepiring nasi dan 1 buah pisang. Hal ini dapat terjadi karena ... (Jawaban: jenis makanan yang berbeda akan mengandung jumlah kalori yang berbeda pula)

7. Makanan yang kita konsumsi seharusnya tidak hanya sekedar mengenyangkan, tetapi harus mengandung nutrisi atau gizi. Nutrisi atau gizi adalah .... (Jawaban: zat yang dibutuhkan makhluk hidup sebagai sumber energi, mempertahankan kesehatan, pertumbuhan, dan keberlangsungan fungsi pada setiap jaringan dan organ tubuh secara normal.

8. Sebenarnya, makanan yang kita konsumsi sehari-hari harus mengandung enam jenis nutrisi, yaitu ... (Jawaban: karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air)

9. Karbohidrat, lemak, dan protein dibutuhkan dalam jumlah yang cukup banyak, sedangkan vitamin dan mineral dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang ... (Jawaban: hanya sedikit)

10. Karbohidrat, lemak, protein, dan vitamin merupakan nutrisi ... (Jawaban: organik) yang mengandung ... (Jawaban: karbon) 

11. Nutrisi anorganik contohnya seperti ... (Jawaban: air dan mineral) tidak mengandung karbon

12. Makanan yang mengandung ... (Jawaban: karbohidrat, lemak, dan protein) perlu dicerna atau dipecah terlebih dahulu oleh tubuh, sedangkan .... (Jawaban: air, vitamin, dan mineral) dapat diserap langsung oleh sel-sel tubuh. 

13. Kandungan nutrisi dalam bahan makanan dapat diketahui dengan menggunakan ... (Jawaban: indikator uji makanan atau reagen)

14. Bahan makanan yang mengandung amilum jika diuji dengan larutan lugol akan berubah warna menjadi ... (Jawaban: biru tua)

15. Setiap molekul karbohidrat terbuat dari ... (Jawaban: karbon, hidrogen, dan oksigen)

16. Sumber utama energi bagi tubuh adalah ... (JawabanKarbohidrat)

17. Satu gram karbohidrat menghasilkan ... (Jawaban: 4,0 – 4,1 kilokalori (kkal))

18. Sebutkan tiga jenis karbohidrat!

Jawaban: Tiga jenis karbohidrat  adalah gula, pati, dan serat

19. Gula disebut karbohidrat ... (Jawban: sederhana)

20. Sebutkan contoh makanan yang mengandung gula!

Jawaban:
Contoh makanan yang mengandung gula antara lain buah-buahan, madu, dan susu. 

21. Dua jenis karbohidrat lainnya, yaitu pati dan serat disebut ... (Jawaban: karbohidrat kompleks)

22. Pati ditemukan dalam ... (Jawaban: kentang dan makanan yang terbuat dari biji-bijian.

23. Serat, seperti selulosa ditemukan di .... (Jawaban: dinding sel tumbuhan)

24. Sebutkan contoh makanan yang merupakan sumber serat yang baik!

Jawaban: makanan yang merupakan sumber serat yang baik contohnya seperti roti gandum atau sereal, kacang-kacangan, kacang polong, sayuran, dan buah-buahan lainnya 

25. Serat tidak dapat dicerna oleh saluran pencernaan makanan manusia, sehingga dikeluarkan sebagai ... (Jawaban: feses)

26.  Serat bukan merupakan ... (Jawaban: sumber energi) bagi tubuh manusia.

28. Mengonsumsi karbohidrat terlalu berlebihan dapat menyebabkan penyakit ... (Jawaban: gula atau diabetes)

29. Menurut WHO 246 juta orang di dunia mengidap diabetes. Jumlah ini menunjukkan hampir 6% dari populasi orang dewasa di dunia. Karena besarnya jumlah penderita diabetes, maka diabetes disebut  ... (Jawaban: “The Silent Epidemi”.

30. Olahraga dan pengaturan pola makan dapat mengurangi atau menunda timbulnya diabetes lebih dari 50%. Penyebab utama peningkatan penderita diabetes adalah ... (Jawaban: gaya hidup)

Posting Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawabannya Bab 5 Sistem Pencernaan Makanan (IPA kelas 8 SMP/MTs)~Part 1"

Iklan

Close x