Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal PPKn dan Jawabannya Bab 2 Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila (PPKn Kelas XI SMA/SMK/MA)~ Part 1

Sekolahmuonline - Contoh Soal PPKn dan Jawabannya Bab 2 Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila (PPKn Kelas XI SMA/SMK/MA) ~ Part 1. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda Contoh Soal dan Jawabannya mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) untuk kelas 11 SMA/SMK/MA/MAK Bab 2 yang membahas tentang Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila khususnya tentang bagian Hakikat DemokrasiSilahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan pengertian demokrasi!

Jawaban:
Kata demokrasi berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani, yaitu demos yang berarti rakyat, dan kratos/cratein yang berarti pemerintahan sehingga demokrasi dapat diartikan sebagai pemerintahan rakyat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, demokrasi merupakan istilah politik yang berarti pemerintahan rakyat. Hal tersebut dapat diartikan bahwa dalam sebuah negara demokrasi kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat dan dijalankan langsung oleh rakyat atau wakil-wakil yang mereka pilih di bawah sistem pemilihan  bebas

Dalam pandangan Abraham Lincoln, demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Artinya, rakyat dengan serta merta mempunyai kebebasan untuk melakukan semua aktivitas kehidupan termasuk aktivitas politik tanpa adanya tekanan dari pihak mana pun, karena pada hakikatnya yang berkuasa adalah rakyat untuk kepentingan bersama. Dengan demikian, sebagai sebuah konsep politik, demokrasi adalah landasan dalam menata sistem pemerintahan  negara yang terus berproses ke arah yang lebih baik. Dalam proses tersebut, rakyat diberi peran penting dalam menentukan  atau memutuskan berbagai hal  yang menyangkut kehidupan bersama sebagai sebuah bangsa dan negara.

2. Jelaskan hubungan antara kebebasan dan demokrasi!

Jawaban:
Kebebasan dan demokrasi sering dipakai secara timbal balik, tetapi keduanya tidak sama. Sebagai suatu konsep, demokrasi   adalah seperangkat gagasan dan prinsip  tentang kebebasan  yang juga mencakup seperangkat praktik yang terbentuk  melalui sejarah panjang dan sering berliku-liku. Pendeknya, demokrasi adalah pelembagaan dari kebebasan. Artinya,  kebebasan yang dimiliki rakyat diatur dan diarahkan oleh sebuah lembaga kekuasaan yang sumber kekuasaannya berasal dari rakyat dan dijalankan sendiri oleh rakyat sehingga kebebasan yang mereka miliki dapat dilaksanakan secara bertanggung jawab dan tidak melanggar kebebasan yang dimiliki orang lain.

3. Salah satu pilar demokrasi adalah prinsip trias politica. Jelaskan tentang prinsip tersebut dalam demokrasi!

Jawaban:
Salah satu pilar demokrasi adalah prinsip trias politica yang membagi ketiga kekuasaan politik negara (legislatif, eksekutif, dan yudikatif) untuk diwujudkan dalam tiga jenis lembaga negara yang saling lepas (independen) dan berada dalam peringkat yang sejajar satu sama lain. Kesejajaran dan independensi ketiga jenis lembaga negara ini diperlukan agar ketiga lembaga negara ini dapat saling mengawasi dan saling mengontrol berdasarkan prinsip checks and balances.

4. Jelaskan seperti apa penerapan demokrasi di Indonesia!

Jawaban:
Penerapan demokrasi di Indonesia didasari oleh sila Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan yang dijiwai oleh sila Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia,  serta menjiwai sila Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

5. Dilihat dari titik berat yang menjadi perhatiannya, demokrasi dapat dibedakan ke dalam tiga bentuk. Sebutkan dan jelaskan!

Jawaban:
Dilihat dari titik berat yang menjadi perhatiannya, demokrasi dapat dibedakan ke dalam tiga bentuk. 
1) Demokrasi formal, yaitu  suatu demokrasi yang menjunjung tinggi persamaan  dalam bidang politik, tanpa disertai upaya untuk mengurangi atau menghilangkan kesenjangan dalam bidang ekonomi. Bentuk demokrasi ini dianut oleh negara-negara liberal. 
2) Demokrasi material, yaitu demokrasi yang dititikberatkan pada upaya menghilangkan perbedaan dalam bidang ekonomi, sedangkan persamaan dalam bidang politik kurang diperhatikan bahkan kadang-kadang dihilangkan. Bentuk demokrasi ini dianut oleh negara-negara komunis 
3) Demokrasi gabungan, yaitu bentuk demokrasi yang mengambil kebaikan serta membuang keburukan dari bentuk demokrasi formal dan material. Bentuk demokrasi ini dianut oleh negara-negara non-blok.

6. Berdasarkan ideologi yang menjadi landasannya, demokrasi dapat dibedakan ke dalam dua bentuk. Sebutkan dan jelaskan!

Jawaban:
Berdasarkan ideologi yang menjadi landasannya, demokrasi dapat dibedakan ke dalam dua bentuk. 
1) Demokrasi konstitusional atau demokrasi liberal, yaitu demokrasi yang didasarkan pada kebebasan atau individualisme. Ciri khas pemerintahan demokrasi konstitusional adalah kekuasaan pemerintahannya terbatas dan tidak diperkenankan banyak melakukan campur tangan dan bertindak sewenang-wenang terhadap rakyatnya. Kekuasaan pemerintah dibatasi oleh konstitusi. 

2) Demokrasi rakyat atau demokrasi proletar, yaitu demokrasi yang didasarkan pada paham marxisme-komunisme. Demokrasi rakyat mencita-citakan kehidupan yang tidak mengenal kelas sosial. Manusia dibebaskan dari keterikatannya kepada pemilikan pribadi tanpa ada penindasan serta paksaan. Akan tetapi, untuk mencapai masyarakat tersebut, apabila diperlukan, dapat dilakukan dengan cara paksa atau kekerasan. 

Menurut Mr. Kranenburg demokrasi rakyat lebih mendewakan pemimpin. Sementara menurut pandangan Miriam Budiardjo, komunisme tidak hanya merupakan sistem politik, tetapi juga mencerminkan gaya hidup yang berdasarkan nilai-nilai tertentu. Negara merupakan alat untuk mencapai komunisme dan kekerasaan dipandang sebagai alat yang sah

7. Menurut  cara penyaluran kehendak rakyat, demokrasi dapat dibedakan ke dalam dua bentuk. Sebutkan dan jelaskan!

Jawaban:
Menurut  cara penyaluran kehendak rakyat, demokrasi dapat dibedakan ke dalam dua bentuk berikut:
1). Demokrasi langsung, yaitu paham demokrasi yang mengikutsertakan  setiap warga negaranya dalam permusyawaratan untuk menentukan kebijaksanaan umum negara atau undang-undang secara langsung. 

2). Demokrasi tidak langsung, yaitu paham demokrasi yang dilaksanakan melalui sistem perwakilan. Penerapan demokrasi seperti ini berkaitan dengan kenyataan suatu negara yang jumlah penduduknya semakin banyak, wilayahnya semakin luas, dan permasalahan yang dihadapinya semakin rumit dan kompleks. Demokrasi tidak langsung atau demokrasi perwakilan biasanya dilaksanakan melalui pemilihan umum.

8. Sebutkan prinsip-prinsip demokrasi yang akan mewujudkan suatu sistem politik yang demokratis!

Jawaban:
Prinsip-prinsip demokrasi yang akan mewujudkan suatu sistem politik yang demokratis adalah sebagai berikut:
a. Menyelesaikan perselisihan dengan damai dan secara melembaga. 
b. Menjamin terselenggaranya perubahan secara damai dalam suatu masyarakat yang sedang berubah. 
c. Menyelenggarakan pergantian pimpinan secara teratur.
d. Membatasi pemakaian kekerasan sampai minimum. 
e. Mengakui serta menganggap wajar adanya keanekaragaman. 
f. Menjamin tegaknya keadilan

9. Suatu negara dapat disebut berbudaya demokrasi apabila memiliki soko guru demokrasi. Sebutkan soko guru demokrasi tersebut!

Jawaban:
Soko guru demokrasi adalah sebagai berikut ini:
a. Kedaulatan rakyat. 
b. Pemerintahan berdasarkan persetujuan dari yang diperintah. 
c. Kekuasaan mayoritas. 
d. Hak-hak minoritas. 
e. Jaminan hak-hak asasi manusia. 
f. Pemilihan yang bebas dan jujur. 
g. Persamaan di depan hukum. 
h. Proses hukum yang wajar. 
i. Pembatasan pemerintahan secara konstitusional. 
j. Pluralisme sosial, ekonomi, dan politik. 
k. Nilai-nilai toleransi, pragmatisme, kerja sama dan mufakat


Rangkuman PPKn:

Posting Komentar untuk "Contoh Soal PPKn dan Jawabannya Bab 2 Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila (PPKn Kelas XI SMA/SMK/MA)~ Part 1"

close