Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Hari Guru di Berbagai Negara, Disatukan Pada Hari Guru Internasional

Sekolahmuonline - Perbedaan Hari Guru di Berbagai Negara, Disatukan Pada Hari Guru Internasional. Pembaca Sekolahmuonline, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) guru diartikan sebagai orang yang pekerjaannya (mata pencahariannya, profesinya) mengajar. Sedangkan laman id.wikipedia.org menjelaskan bahwa guru (bahasa Sanskerta: गुरू yang berarti guru, tetapi arti secara harfiahnyaadalah "berat") adalah seorang pengajar suatu ilmu. Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
Berkaitan dengan profesinya di atas, seorang guru harus bisa memberi teladan yang baik kepada muridnya (peserta didik). Sampai-sampai ada peribahasa "Guru kencing berdiri, murid kencing berlari", yang mengandung maksud atau pengertian bahwa kelakuan murid (orang bawahan) selalu mencontoh guru (orang atasannya). Orang mengatakan, guru itu " digugu dan ditiru). Dianut dan ditiru tingkah lakunya.

Hari Guru Nasional

Hari Guru adalah hari untuk menunjukkan penghargaan terhadap guru, dan diperingati pada tanggal yang berbeda-beda bergantung pada negaranya. Di beberapa negara, hari guru merupakan hari libur sekolah. Berikut ini daftar hari guru masing-masing negara menurut laman wikipedia.org:

A. Amerika
- Amerika Serikat: Minggu pertama di bulan Mei (Minggu Apresiasi Guru).
- Argentina: 11 September
- Brasil: 15 Oktober
- Chili: 16 Oktober
- Meksiko: 15 Mei

B. Asia

- Filipina: 5 Oktober
- Hong Kong: 10 September (hingga 1997: 28 September)
- India: 5 September
- Iran: 2 Mei
- Korea Selatan: 15 Mei
- Malaysia: 16 Mei
- Pakistan: 5 Oktober
- RRC: 10 September
- Singapura: 1 September
- Taiwan: 28 September
- Thailand: 16 Januari
- Vietnam:20 November

C. Eropa

- Albania: 7 Maret
- Ceko: 28 Maret
- Rusia: 5 Oktober
- Polandia: 14 Oktober
- Turki: 24 November

D. Australia

Hari Jumat terakhir bulan Oktober dirayakan sebagai Hari Guru Sedunia di Australia.

Hari Guru di Indonesia


Jamak diketahui di kalangan para akademisi khususnya para guru, Hari Guru Nasional di Indonesia diperingati setiap tanggal 25 November. Hari Guru Nasional diperingati bersama hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Hari Guru Nasional bukan hari libur resmi, dan dirayakan dalam bentuk upacara peringatan di sekolah-sekolah dan pemberian tanda jasa bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Guru di Indonesia dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Banyak guru-guru di berbagai wilayah di Indonesia yang sudah lama mengabdi tapi gaji atau honornya dibawah kata layak. Ada yang sebulannya 150 ribu, 200 ribu, 250 ribu, dan banyak yang masih di bawah 500-600 ribu. Bersyukur sekarang ada yang namanya tunjangan sertifikasi guru. Banyak guru yang bisa hidup layak dengan tunjangan serrifikasi tersebut meskipun mereka tidak berstatus pegawai negeri. Namun, tentu lebih banyak lagi yang belum mendapatkan tunjangan tersebut. Akhirnya, ya dicukup-cukupkan gaji yang hanya cukup buat beli beras dan transport untuk mengajar tersebut. Maka layak jika mereka mendapat gelar "Pahlawan tanpa tanda jasa".

Hari Guru Internasional

Selain hari guru nasional yang diperingati oleh berbagai negara pada tanggal yang berbeda-beda di atas, juga ada Hari Guru Sedunia. Hari Guru Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Oktober sejak tahun 1994. Jadi ada beberapa negara di atas yang Hari Guru Nasionalnya bertepatan dan berdekatan dengan peringatan Hari Guru Sedunia. Tujuan diperingatinya Hari Guru Sedunia adalah untuk memberikan dukungan kepada para guru di seluruh dunia dan meyakinkan mereka bahwa keberlangsungan generasi pada masa depan ditentukan oleh guru.

Menurut UNESCO, Hari Guru Sedunia mewakili sebuah kepedulian, pemahaman, dan apresiasi yang ditampilkan demi peran vital guru, yaitu mengajarkan ilmu pengetahuan dan membangun generasi.

Education International (EI), sebuah federasi yang mewakili pengajaran profesional di seluruh dunia, yakin bahwa Hari Guru Sedunia harus dikenal dan dirayakan di seluruh dunia. EI juga percaya bahwa prinsip-prinsip Rekomendasi 1966 dan 1997 harus dipertimbangkan untuk diimplementasikan ke seluruh dunia.


Lebih dari seratus negara memperingati Hari Guru Sedunia. Dorongan bagi Education International dan 401 lebih anggotanya telah berkontribusi pada tersebarnya prinsip ini. Setiap tahun, EI melakukan kampanye kesadaran masyarakat untuk menerangkan kontribusi profesi pengajar.

Akhirnya, kami Admin Sekolahmuonline, menjelang Guru Nasional mengucapkan "Selamat Hari Guru Nasional". Tidak ada kado istimewa yang dapat kami berikan, kecuali untaian do'a, " Semoga bapak/ibu guru di seluruh Indonesia selalu diberi kesehatan, kelancaran dan kemudahan dalam setiap urusan, dimudahkan pintu-pintu rizki dari arah yang tak terduga-duga, dan semoga selalu diberi kesabaran dan keikhlasan serta ketabahan dan keistiqamahan dalam berbagi ilmu. Semoga kelak ilmu yang dibagikan menjadi amal jariyah yang pahalanya terus mengalir". Aamiin. Selamat untuk kalian para pahlawan tanpa tanda jasa. Terimakasih untuk semua ilmu dan adab yang diajarkan. Jazaakumullahu ahsanal jazaa'. (Sekolahmuonline).

Posting Komentar untuk "Perbedaan Hari Guru di Berbagai Negara, Disatukan Pada Hari Guru Internasional"

close