Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Essay IPS Kelas 9 dan Jawabannya Bab 1 Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya (IPS Kelas 9 SMP/MTs)

Contoh Soal Essay IPS Kelas 9 dan Jawabannya Bab 1 Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya (IPS Kelas 9 SMP/MTs). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan Contoh Soal IPS Kelas 9 SMP dan MTs beserta jawaban atau pembahasannya. Kali ini kita bahas soal-soal Bab 1 tentang Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga memudahkan adik-adik kelas IX dalam belajar.
Contoh Soal IPS Kelas 9 SMP dan MTs, Contoh Soal Essay IPS Kelas 9 dan Jawabannya Bab 1 Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya (IPS Kelas 9 SMP/MTs)

1. Apa yang kamu ketahui tentang Pangea?

Jawaban:
Pada mulanya, di permukaan bumi hanya ada satu benua yang disebut Pangea. Benua tersebut kemudian pecah dan bergerak saling menjauh atau saling mendekat satu dengan yang lainnya. Dalam kurun waktu jutaan tahun barulah terbentuk benua yang kita kenal saat ini.

2. Apa yang kalian pahami tentang benua? Berapa benua yang ada di bumi?

Jawaban:
Benua merupakan massa daratan yang memiliki ciri atau karakteristik tertentu. Bagi ahli geografi, benua tidak hanya sekadar istilah fisik tetapi juga menyangkut aspek budaya. Karena itulah Asia dan Europa dianggap sebagai dua benua yang berbeda walaupun masih dalam satu masa daratan yang menyatu. Pemisahnya adalah budaya yang berbeda antara Eropa dan Asia.

Jumlah benua:
Sejumlah ahli geografi berbeda pendapat tentang hal itu. Sebagian ahli geografi menyebutkan ada tujuh benua di dunia, sedangkan sebagian lainnya menyatakan ada enam dan lima benua. 

Mereka yang menyebut ada tujuh benua membaginya atas Benua Asia, Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, Australia, dan Antartika. Mereka yang menyebut enam benua membaginya atas Benua Eurasia (gabungan Eropa dan Asia), Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, Australia, dan Antartika. 

Mereka yang menyebut lima benua membaginya atas Eurasia (gabungan Eropa dan Asia), Amerika, Afrika, Australia, dan Antartika. Ada pula yang membagi menjadi lima benua tetapi tidak mengikutsertakan Antartika, sehingga benua di dunia terdiri atas Asia, Eropa, Amerika, Afrika, dan Australia.

3. Jelaskan letak dan luas Benua Asia!

Jawaban:
Benua Asia terletak pada 26º BT – 170º BT dan 11º LS – 80º LU. Hampir seluruh wilayahnya berada di belahan bumi utara (BBU). Hanya sebagian kecil pulau yang berada di belahan bumi selatan, termasuk Indonesia. Batas Benua Asia ialah Samudra Arktik di utara, Samudra Hindia di selatan, Benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah di barat, serta dengan Selat Bering dan Samudra Pasifik di timur.

Benua Asia merupakan benua terluas di permukaan bumi. Luasnya mencapai 44.000.000 km2 atau seperempat luas wilayah daratan dunia atau empat setengah kali luas Benua Eropa. Wilayahnya membentang dari Turki di bagian barat sampai Rusia di bagian timur. Benua Asia juga meliputi Indonesia di selatan sampai Rusia di utara mendekati kutub utara. Dibandingkan dengan negara lainnya di Asia, maka Rusia adalah negara terluas di Benua Asia.

4. Terbagi menjadi berapa wilayah atau regionkah Benua Asia?

Jawaban:
Benua Asia terbagi menjadi beberapa wilayah atau region yaitu Asia Barat atau Asia Barat Daya (Asia Timur Tengah), Asia Tengah, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tenggara dan Rusia. Masing-masing wilayah memiliki ciri atau karakteristik yang membedakannya dengan wilayah lainnya. Pembagian tersebut lebih didasari oleh perbedaan budaya dibandingkan aspek fisik wilayah.

5. Jelaskan tentang puncak tertinggi, bagian terendah, sungai terpanjang, dan danau terbesar di Benua Asia!

Jawaban:
- Puncak tertinggi di Benua Asia adalah: Gunung Everest (8.848 m). 
- Bagian terendah di Benua Asia: Laut Mati (394 m di bawah permukaan air laut.
- Sungai terpanjang di Benua Asia: Sungai Yangtse (5.800 km). 
- Danau Terbesar di Benua Asia: Danau Aral (66.457 km2).

6. Kenapa Benua Amerika sering disebut sebagai Benua Merah?

Jawaban:
Benua Amerika sering juga disebut sebagai Benua Merah. Sebutan itu didapat karena benua tersebut terdapat Suku Bangsa Indian. Suku Indian tidak berkulit merah sebenarnya kulit mereka terlihat merah karena suku indian suka melumuri kulit dengan cat berwarna merah

7. Jelaskan secara singkat tentang letak, batas, dan luas Benua Amerika!

Jawaban:
Benua Amerika terletak pada 1700 BT–350 BB dan 830 LU–550 LS.

Batas Benua Amerika ialah Samudra Arktik di utara, Laut Weddel, Samudra Atlantik, dan Samudra Pasifik di selatan, Samudra Atlantik di timur, serta Samudra Pasifik di barat.

Benua Amerika merupakan benua terbesar kedua setelah Asia. Luas Benua Amerika mencapai 42.057.100 km2

8. Jelaskan tentang puncak tertinggi, bagian terendah, sungai terpanjang, dan danau terbesar di Benua Amerika!

Jawaban:
Benua Amerika:
- Puncak tertinggi: Gunung Aconcagua (6.960 m).
- Bagian terendah: Death Valley (86 m di bawah permukaan laut). 
- Sungai terpanjang: Sungai Amazon (6.300 km)
- Danau Terbesar: Danau Michigan (58.016 km2)

9. Secara geografis, Amerika terbagi atas empat kawasan atau region. Sebutkan!

Jawaban:
Secara geografis, Amerika terbagi atas empat kawasan atau region yakni kawasan Amerika Selatan, Amerika Utara, Amerika Tengah dan Kepulauan Karibia yang terletak di sekitar Amerika bagian tengah. Sejumlah ahli geografi berpendapat bahwa Meksiko masuk ke dalam wilayah Amerika Tengah. 

10. Kenapa Benua Eropa dijuluki sebagai Benua Biru?

Jawaban:
Benua Eropa dijuluki sebagai benua biru. Ada dua alasan kenapa disebut benua biru. Pertama, mayoritas penduduk eropa memiliki bola mata berwarna biru. Kedua, Sejak zaman dahulu, banyak kerajaan terkenal berada di benua Eropa sehingga dikenal adanya istilah darah biru (bangsawan)

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Essay IPS Kelas 9 dan Jawabannya Bab 1 Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya (IPS Kelas 9 SMP/MTs)"

close