Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang memengaruhi penilaian konsumen terhadap suatu barang!

Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang memengaruhi penilaian konsumen terhadap suatu barang! Pembaca Sekolahmuonline, kembali masih kami sajikan contoh soal mata pelajaran Ekonomi kelas 10. Kali ini kita membahas tentang faktor-faktor yang memengaruhi penilaian konsumen terhadap suatu barang.
Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang  memengaruhi penilaian  konsumen terhadap suatu barang!
Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang memengaruhi penilaian konsumen terhadap suatu barang!

Jawaban/Pembahasan:
Tujuan utama dari konsumen dalam mengonsumsi suatu produk adalah untuk memaksimalkan kepuasan total (total utility). Kepuasan total dapat didefinisikan sebagai suatu keadaan yang mencerminkan kebutuhan, keinginan, dan harapan konsumen dapat terpenuhi melalui produk yang dikonsumsi.

Jika kepuasan total konsumen dapat dimaksimalkan maka barang tersebut akan memiliki nilai tukar dan nilai pakai yang tinggi. Artinya, jika suatu barang dapat memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan konsumen maka konsumen akan bersedia membayar dengan harga yang lebih tinggi.
Menurut Vincent Gasperz, terdapat faktor-faktor yang memengaruhi penilaian dan dugaan/pengharapan (ekspektasi) konsumen terhadap suatu barang, yaitu sebagai berikut:
1. Kebutuhan dan keinginan
Jika kebutuhan dan keinginan konsumen besar maka penilaian dan pengharapan konsumen juga besar, demikian pula sebaliknya. Jika kebutuhan dan keinginan kecil maka penilaian dan pengharapan konsumen juga kecil.

2. Pengalaman masa lalu
Pengalaman mengonsumsi produk yang sama atau produk lainnya yang sama fungsinya.
3. Pengalaman dari teman
Teman Anda ada yang pernah mengonsumsi suatu produk sebelum Anda, akan menceritakan kepada Anda kualitas produk tersebut sehingga dapat menambah atau mengurangi penilaian dan pengharapan Anda terhadap produk yang akan Anda konsumsi.
4. Komunikasi iklan dan pemasaran
Iklan dan pemasaran dapat mengubah pengharapan Anda terhadap suatu barang. Mungkin saja pengharapan Anda terhadap suatu produk tertentu karena penyajian dan pemasaran yang baik.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang membahas tentang Faktor-faktor yang memengaruhi penilaian konsumen terhadap suatu barang. Semoga menambah wawasan kita bersama.

Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar

Posting Komentar untuk "Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang memengaruhi penilaian konsumen terhadap suatu barang!"

close