Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan ciri-ciri manusia modern sebagaimana yang dikemukakan oleh Alex Inkeles (Soal IPS Kelas 9 SMP/MTs)

Sebutkan ciri-ciri manusia modern sebagaimana yang dikemukakan oleh Alex Inkeles (Soal IPS Kelas 9 SMP/MTs). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini adalah contoh soal Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas IX SMP/MTs yang membahas tentang ciri-ciri manusia modern yang dikemukakan oleh Alex Inkeles. Silahkan dibaca dan dipelajari pembahasannya, semoga menambah wawasan anda.
ciri-ciri manusia modern, soal IPS Kelas 9, IPS Kelas IX SMP dan MTs

Sebutkan ciri-ciri manusia modern sebagaimana yang dikemukakan oleh Alex Inkeles!

Jawaban/Pembahasan:
Tata nilai merupakan cara berpikir atau aturan yang memengaruhi tindakan dan tingkah laku warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. 

Tata nilai tumbuh dan berkembang sebagai pedoman dalam bertingkah laku di masyarakat. Tata nilai yang terdapat dalam masyarakat berkaitan pula dengan sikap masyarakat tersebut. Tata nilai dan sikap masyarakat tradisional berbeda dengan tata nilai dan sikap masyarakat modern. Hal ini berkaitan dengan ciri yang dimiliki oleh masyarakat modern yang berbeda dengan ciri masyarakat tradisional. Tata nilai dan sikap yang ditunjukkan sebagai pengaruh dari modernisasi tercermin dalam ciri manusia modern. 

Adapun ciri-ciri manusia modern yang dikemukakan oleh Alex Inkeles dalam Soerjono Soekanto (2002) adalah seperti berikut:
1). Memiliki alam pikiran (state of mind) yang terbuka terhadap pengalaman baru
2). Memiliki kesanggupan membentuk dan menghargai opini
3). Berorientasi ke masa depan
4). Melakukan perencanaan
5). Percaya terhadap ilmu pengetahuan
6). Memiliki keyakinan bahwa segala sesuatu dapat diperhitungkan
7). Menghargai orang lain karena prestasinya
8). Memiliki perhatian terhadap persoalan politik masyarakat
9). Mengejar fakta dan informasi

Demikian postingan Sekolahmuonline tentang pembahasan ciri-ciri manusia modern. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah postingan ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Terimakasih. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline lainnya.

Posting Komentar untuk "Sebutkan ciri-ciri manusia modern sebagaimana yang dikemukakan oleh Alex Inkeles (Soal IPS Kelas 9 SMP/MTs)"

close