Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Bahasa Indonesia Kelas 10 Bab 1 Mengungkap Fakta Alam Secara Objektif ~ sekolahmuonline.com

Soal Bahasa Indonesia Kelas 10 Bab 1 Mengungkap Fakta Alam Secara Objektif ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal Bahasa Indonesia Kelas X SMA Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar). Pada postingan kali ini Sekolahmuonline sajikan soal Bahasa Indonesia Kelas X Bab 1 Mengungkap Fakta Alam Secara Objektif.
Soal Bahasa Indonesia Kelas X Bab 1 Mengungkap Fakta Alam Secara Objektif lengkap dengan kunci jawaban atau pembahasannya
Bahasa Indonesia Kelas X Bab 1 Mengungkap Fakta Alam Secara Objektif berisi beberapa pembahasan dan kegiatan pembelajaran, yaitu:
A. Menyimak Teks Laporan Observasi secara Kritis
B. Mengidentifikasikan Makna Kata dan Informasi Faktual dalam Laporan Hasil Observasi dan Sumber Lainnya yang Mendukung
C. Menggunakan Kaidah Kebahasaan dalam Laporan Hasil Observasi
D. Menulis Laporan Hasil Observasi yang Objektif
E. Menyajikan Laporan Hasil Observasi dalam Bentuk Buku Tempel
F. Mempresentasikan Laporan Hasil Observasi

Soal Bahasa Indonesia Kelas X Bab 1 Mengungkap Fakta Alam Secara Objektif

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat! 

1. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang laporan hasil observasi! 

Jawaban:
Laporan hasil observasi merupakan teks yang mengungkapkan fakta-fakta. Fakta tersebut didapatkan melalui proses pengamatan.

2. Sebagai jenis teks faktual, laporan hasil observasi harus bersifat objektif. Jelaskan pengertian objektif tersebut! 

Jawaban:
Objektif artinya informasi yang diberikan sesuai dengan data yang diperoleh selama observasi.
Oleh karena itu, laporan hasil observasi yang ditulis harus dipastikan hanya berisi informasi yang diperoleh di lapangan berdasarkan apa yang kita lihat, dengar, cium, sentuh dan rasakan.

3. Sebutkan dan jelaskan struktur penyusunan laporan hasil observasi! 

Jawaban:
Secara umum, teks laporan hasil observasi disusun dengan struktur berikut.
1. Pernyataan umum atau klasifikasi
Bagian ini berisi pembuka atau pengantar mengenai hal yang akan disampaikan, hal umum tentang objek yang akan dikaji, dan menjelaskan secara garis besar pemahaman tentang hal tersebut.
Contohnya, jika objek observasi adalah binatang, hal yang dibahas di bagian ini adalah nama ilmiah, klasifikasi umum binatang (serangga, mamalia, unggas, dll.), dan tempat hidup secara umum.

2. Deskripsi bagian
Bagian ini berisi penjelasan detail mengenai objek atau bagian-bagian dari objek. Contohnya, jika objek observasi adalah binatang, hal-hal yang dapat dibahas di bagian ini adalah bagian tubuh, pola makan, daur hidup, habitat, kebiasaan unik, dll.
3. Deskripsi manfaat atau kesimpulan
Bagian ini menjelaskan manfaat dari objek yang diobservasi, baik bagi manusia maupun alam secara umum. 

4. Jelaskan pengertian teks eksplanasi!

Jawaban:
Teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan proses bagaimana dan mengapa suatu fenomena, baik fenomena alam maupun fenomena sosial, terjadi. 

5. Sebutkan cara-cara yang dapat digunakan untuk memahami arti kata-kata ilmiah yang jarang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dalam menulis laporan hasil observasi! 

Jawaban:
Salah satu ciri bahasa yang digunakan dalam laporan hasil observasi adalah bahasa ilmiah. Hal ini tidak lepas dari laporan hasil observasi yang termasuk ke dalam teks ilmiah.

Untuk memahami arti kata-kata ilmiah yang jarang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat menggunakan cara-cara berikut.
1. Makna atau arti kata sering kali dijelaskan secara langsung atau tersurat dalam teks.
Contoh:
Belalang anggrek merupakan predator polifagus atau pemakan beberapa jenis mangsa.
2. Makna atau arti kata dapat kita temukan dari penjelasan secara tidak langsung dalam teks.
Contoh:
Tonggeret termasuk hewan herbivora. Tonggeret dewasa mengisap sari makanan dari batang pohon menggunakan mulutnya yang seperti jarum. Saat masih berbentuk nimfa, tonggeret mengisap cairan dari akar pohon untuk bertahan hidup.
Dari teks tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa herbivora berarti hewan yang memakan tumbuhan atau bagian tumbuhan.
3. Makna atau arti kata dapat kita dapatkan dengan menggunakan petunjuk visual yang terdapat dalam teks.
4. Menggunakan kamus, ensiklopedia, atau tesaurus, baik dalam bentuk cetak maupun daring untuk mencari makna atau arti kata.

6. Jelaskan pengertian kalimat definisi dan sebutkan contohnya! 

Jawaban:
Kalimat definisi merupakan kalimat yang menjelaskan suatu hal, baik benda hidup maupun benda mati secara umum. Umumnya, penggunaan kalimat definisi dalam teks laporan merujuk pada istilah teknis atau ilmiah yang berkaitan dengan bidang tertentu. Hal tersebut dapat membantu pembaca memahami istilah teknis atau ilmiah yang muncul dalam teks. Kalimat definisi biasanya menggunakan kopula, seperti kata adalah, merupakan, dan yaitu.
Contoh:
1. Belalang anggrek (Hymenopus Coronatus) adalah salah satu jenis belalang sentadu atau belalang sembah yang hidup di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara lainnya.
2. Belalang anggrek merupakan predator polifagus atau pemakan beberapa jenis mangsa.

7. Jelaskan pengertian kalimat deskripsi dan sebutkan contohnya! 

Jawaban:
Kalimat deskripsi digunakan untuk menggambarkan sifat-sifat atau ciri-ciri yang khusus atau spesifik dari suatu benda. Kalian dapat menggunakan kalimat deskripsi saat menjelaskan sifat sebuah benda kepada pembaca berdasarkan apa yang indra kalian rasakan sehingga pembaca seolah-olah benar-benar melihatnya atau merasakannya sendiri. 

Contoh:
1. Tubuh mereka berwarna putih dengan aksen merah muda lembut atau cerah.
2. Sayap depan berfungsi melindungi sayap belakang sehingga teksturnya lebih keras.
Selain menggambarkan sifat atau ciri khusus suatu objek, kalimat deskripsi juga dapat menjelaskan sebuah aktivitas yang dilakukan objek tersebut. Kalimat ini menggunakan kata kerja material atau kata kerja yang menunjukkan tindakan suatu benda, binatang, manusia, atau peristiwa.
Contoh:
1. Rongga itu memperkuat suara yang dihasilkan oleh getaran tymbal.
2. Saat bertelur tonggeret betina menempelkan telur-telurnya di cabang atau batang pohon dan rerumputan.

8. Sering kali penulisan imbuhan “di-“ disalahartikan dengan kata depan “di”. Buatlah tabel untuk membedakan mana yang merupakan imbuhan dan mana yang merupakan kata depan!

Jawaban:

9. Salah satu hal yang penting saat melakukan presentasi adalah mengatur intonasi. Penggunaan intonasi yang tepat akan membuat presentasi menjadi lebih menarik.
Jelaskan pengertian dari intonasi tersebut! 

Jawaban:
Intonasi adalah lagu kalimat atau tinggi rendahnya suatu nada pada kalimat yang memberikan penekanan dalam kata-kata tertentu pada suatu kalimat. Intonasi berbicara ketika presentasi penting untuk diperhatikan.
Jelas tidaknya kalimat yang diucapkan sangat berpengaruh kepada audiensi dalam pemahaman pesan yang mereka terima.

10. Sebutkan cara-cara mengatur intonasi saat presentasi! 

Jawaban:
Beberapa cara mengatur intonasi saat presentasi diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Gunakan suara lantang untuk menegaskan suatu hal yang penting dan harus diingat oleh audiensi.
2. Gunakan tempo berbicara yang lambat untuk menyampaikan sebuah poin penting pada presentasi. Sebaliknya, gunakan tempo berbicara yang cepat untuk menyampaikan suatu hal yang memang bukan hal penting, seperti cerita atau hanya sekadar basa-basi kepada audiensi.
3. Tinggikan suara ketika menyapa audiensi pada awal presentasi. Sebaliknya, rendahkan suara saat menjelaskan isi presentasi, namun, kita harus mengatur agar suara kita tidak terlalu rendah hingga tidak dapat terdengar oleh audiens. Akan tetapi, tidak terlalu tinggi hingga mengganggu pendengaran audiensi.
4. Gunakan perasaan atau emosi sesuai dengan kalimat yang kita ucapkan.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh soal Bahasa Indonesia kelas X Bab 1 Mengungkap Fakta Alam Secara Objektif lengkap dengan kunci jawaban atau pembahasannya. Semoga bermanfaat. Membantu Anda dalam belajar secara mandiri. Jika ada kesulitan, silahkan diskusikan dengan teman-teman dan guru Bahasa Indonesia di kelas Anda. Selamat membaca postingan-postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap soal Bahasa Indonesia kelas X Kurikulum Merdeka:
NB: Jika link judul masih warna ⚫ (hitam) berarti sedang dalam proses pengerjaan dan publikasi. Tunggu saja kemunculannya

Posting Komentar untuk "Soal Bahasa Indonesia Kelas 10 Bab 1 Mengungkap Fakta Alam Secara Objektif ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close