Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Antropologi Kelas 11 Bab 3 Etnografi ~ sekolahmuonline.com

Soal Antropologi Kelas 11 Bab 3 Etnografi ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan contoh soal Antropologi kelas XI SMA Bab 3 yang membahas tentang Etnografi lengkap dengan kunci jawabannya.
Soal Antropologi Kelas XI SMA Bab 3 Etnografi lengkap dengan kunci jawabannya
Soal-soal Antropologi kelas 11 di bawah ini terdiri dari soal-soal pilihan ganda dan soal esai. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga memudahkan seluruh anak bangsa Indonesia dalam belajar mandiri di rumah. Secara gratis dan tidak dipungut biaya.

Pendidikan adalah hak semua anak bangsa Indonesia. Hal ini sesuai dengan yang dijelaskan oleh pasal 31 ayat 1 dan 2 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945:
(1) Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.
(2) Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.

Apalagi sekarang sudah diterapkan wajib belajar 12 tahun. Jadi minimal pendidikan anak-anak Indonesia adalah tingkat SMA sederjat (SMK/MA/MAK).

Soal Antropologi Kelas XI Bab 3 Etnografi

Perkembangan teknologi alat telekomunikasi sangat pesat. Jika dulu telepon genggam cuma dikenal dengan handphone (HP), sekarang sudah jadi Smartphone (telepon pintar/cerdas). Berbagai macam produk telepon genggam disediakan oleh produsen yang berlomba-lomba terus berinovasi membuat Handphone menjadi semenarik mungkin dengan dilengkapi berbagai fitur canggih yang sangat mendukung aktivitas penggunanya. 

Maka, silahkan Smartphone yang Anda pegang digunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kuota yang sudah dibelikan orang tua dipakai untuk hal-hal yang bermanfaat. Jangan sampai untuk hal-hal yang "Unfaedah" lancar-lancar saja, begitu digunakan untuk kegiatan belajar alasannya macam-macam, kuota habis, baterai habis, dan seabrek alasan lainnya. "Sungguh terlalu!", kata Bang Haji Rhoma Irama.

A. Soal Pilihan Ganda Antropologi Kelas XI Bab 3 Etnografi

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan memilih huruf A, B, C, D, dan E pada jawaban yang benar dan tepat! 

1. Di bawah ini, unsur terpenting dari seorang etnografer dalam mengumpulkan data yakni ....
A. Analisis data sekunder dari perpustakaan saja tanpa terlibat langsung.
B. Ikut kegiatan sehari-hari informan dan melakukan wawancara.
C. Melakukan pencacahan atau perhitungan secara langsung di lapangan.
D. Melakukan penafsiran tersendiri atau pengurungan terhadap pengalaman informan.
E. Hanya melakukan pengumpulan data di waktu tertentu saja karena kejadian unik jarang terjadi tanpa mengetahui penyebab asal mula kejadian tersebut.

Jawaban: B

2. Alat yang harus atau wajib ada dibawa oleh para etnografer yakni .... 
A. Sovenir atau kenang-kenangan
B. Soal tes, angket
C. Kamera, tape recorder, buku catatan, dan alat tulis
D. Buku catatan dan handbook atau buku pegangan penelitian
E. Artefak dari budaya tertentu

Jawaban: C

3. Yang terpenting menurut Spradley (2007:41) adalah, etnografer harus cermat dan melihat secara langsung apa yang dilakukan calon informan dan melakukan pencatatan, bisa dari video maupun catatan lisan sebagai antisipasi data bisa hilang. Hal ini berarti etnografer harus.... 
A. Mencatat setiap kegiatan penelitian, mulai dari wawancara hingga observasi melalui perekaman karena data rentan hilang dan kualitas data susah didapat.
B. Tidak selalu bertanya karena sungkan terhadap informan.
C. Mengingatkan atau menyerahkan tugas tersebut kepada teman karena bukan bagian tugasnya.
D. Tidak perlu mencatat karena data tersebut dianggap tidak penting dan dapat dicari di lain waktu, yang terpenting informan senang dengan keberadaan kita.
E. Bersikap ragu bahwa informan itu salah karena dianggap memiliki pendidikan yang rendah sehingga tidak perlu dilakukan pencatatan.

Jawaban: A

4. Sebuah laporan mengenai gambaran budaya kuliner suatu masyarakat yang ditulis secara detail oleh seorang jurnalis lalu laporan tersebut dipublikasikan dalam sebuah majalah, tetapi tidak terdapat analisis secara teoritis adalah termasuk jenis etnografi….
A. Etnografi Akademis
B. Etnografi Studi Kasus
C. Etnografi Realis
D. Etnografi Awam
E. Etnografi Kritis

Jawaban: D

5. Perhatikan strategi penulisan laporan penelitian etnografi tersebut!
1) Melebur atau menyatu dengan kondisi informan;
2) Membuat inventarisasi budaya;
3) Membuat analisis komponen untuk berbagai domain bahasa asli etnografer;
4) Mencari kemiripan di antara berbagai dimensi kontras;
5) Mengidentifikasi domain tak terstruktur;
6) Membuat diagram skematis suasana budaya.

Yang bukan termasuk strategi dalam menemukan tema kultural ini adalah ....
A. 1,2 dan 4
B. 2,3 dan 4
C. 2,4 dan 5
D. 3, 5 dan 6
E. 4,5 dan 6

Jawaban: D

6. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1) Anton ingin merasakan pengalaman kehidupan keluarga kurang mampu sehingga ia terjun langsung ke keluarga tersebut dalam hal membantu dan juga menemani anggota keluarga tersebut.
2) Arsita merasa bahwa naiknya angka kemiskinan disebabkan oleh Pandemi. Pandemi telah menciptakan pengangguran baru karena banyak pekerja yang di-PHK. Pekerja yang di-PHK terpaksa mengurang konsumsi pengeluarannya. Arsita hanya melihat data statistik dari survei angkatan kerja dari tahun 2020.
3) Juned ingin memahami mengapa pengemis dan pengamen banyak ditemukan di tempat tinggalnya. Ia kemudian bekerja sama dengan dinas terkait seperti Satpol PP dan menghadirkan pengemis atau pengamen tersebut yang mau diwawancarai dan ikut merasakan bagaimana kegiatan mereka sehari-harinya.
4) Yuni berargumentasi bahwa pernikahan adat yang terjadi beberapa wilayah di Indonesia membutuhkan biaya besar dan berpotensi akan memiskinkan calon pengantin. Ia menyarankan bahwa pernikahan itu sebaiknya diganti dengan seserahan seadanya saja.

Berdasarkan pernyataan diatas yang termasuk dalam penelitian etnografi ditunjukkan nomor.... 
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4

Jawaban: B

7. Belajar etnografi dapat memunculkan proses mempelajari nilai dan norma kebudayaan yang dialami individu. Hal ini disebut ....
A. Akulturasi
B. Asimilasi
C. Enkulturasi
D. Stalemate
E. Imitasi

Jawaban: C

8. Spradley (2007:306) mengemukakan bahwa metode alur penelitian maju bertahap sebagai pekerjaan penulisan laporan tersebut dengan menghemat waktu dan tenaga yang dikeluarkan karena adanya pembagian tugas. Langkah-langkah metode yang harus diperhatikan ....
A. Memilih khalayak yang beragam semisal dari psikolog, sosiolog dan sastrawan.
B. Membuat daftar topik dan garis besar
C. Merevisi pengantar dan membuat rumusan baru.
D. Mengedit naskah yang sudah dikompilasi dan bersifat final.
E. Menuliskan naskah yang sudah diperbaharui dan kesimpulan.

Jawaban: B

9. Wawancara yang tepat dan baik dalam penelitian etnografi ialah.... 
A. Berpura-pura bersikap simpati dan empati terhadap informan.
B. Menciptakan keharmonisan dulu antara etnografer dengan informan karena etnografer tersebut harus belajar membaur dengan bahasa mereka dan tindakan mereka keseharian.
C. Harus membawa orang lain untuk menguji apakah perkataan informan tersebut benar adanya.
D. Menanyakan lewat orang lain dan menganalisis ketika sesudah mendapat data transkrip tersebut, karena orang lain tersebut dianggap teman dekat informan yang dituju.
E. Sungkan untuk bertanya lagi seperti tentang apa arti istilah bahasa mereka karena ini sangat mengganggu.

Jawaban: C

10. Seorang antropolog meneliti tentang pasar digital atau marketplace di sosial media. Dia mengamati perilaku jual beli masyarakat di salah satu platform pasar digital. Selanjutnya dia melakukan wawancara mendalam terhadap penjual maupun pembeli di pasar digital tersebut. Etnografi jenis apakah yang dilakukan oleh etnografer tersebut adalah.... 
A. Etnografi awam
B. Etnografi akademik
C. Etnografi holistic
D. Etnografi sastra
E. Etnografi digital

Jawaban: E

B. Soal Esai Antropologi Kelas XI Bab 3 Etnografi

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat! 

1. Etnografi merupakan pekerjaan mendeskripsikan suatu kebudayaan, apa maksud pernyataan tersebut?

Jawaban:
Dengan etnografi, peneliti maupun pembaca penelitian etnografi dapat memahami cara hidup suatu kelompok masyarakat dari sudut pandang asli atau pelaku budaya tersebut. Etnografi berusaha membangun pemahaman yang sistematis, ilmiah dan dapat dipertanggung jawabkan tentang semua budaya manusia dari perspektif masyarakat yang telah mempelajari kebudayaan itu sendiri. 

2. Bagaimana cara menyusun tema yang tepat dalam pembelajaran etnografi?

Jawaban:
Cara yang tepat dalam menyusun tema dalam penelitian etnografi adalah dengan menentukan masalah penelitian dan informan. Masalah penelitian ditemukan dalam fenomena sosial budaya masyarakat sehari-hari yang bisa kita tangkap melalui observasi ataupun berbincang sepintas maupun intens dengan masyarakat. Masalah penelitian mungkin bisa saja berasal dari peneliti itu sendiri, namun sebaiknya masalah penelitian merupakan suatu hal yang memang dirasakan oleh masyarakat dan bukan hanya dirasakan atau disangkakan oleh peneliti sendiri saja. Dikutip dari Spradley, tema budaya adalah prinsip kognitif yang bersifat tersirat maupun tersurat, berulang dalam sejumlah domain dan berperan sebagai suatu hubungan di antara berbagai subsistem makna budaya. Etnografer biasanya menyampaikan suatu suasana kebudayaan dengan cara menggunakan pendekatan inventarisir inventory approach dengan dibagi ke dalam kategori: 1. kekerabatan/kinship 2. kebudayaan material/ material culture 3. hubungan sosial/social relationship.

3. Mengapa pada saat ini marak adanya etnografi digital atau visual?

Jawaban:
Munculnya etnografi digital atau virtual dilatarbelakangi oleh perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada di masyarakat. Etnografi mencoba menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. Dalam perkembangan studi etnografi baru (digital atau virtual) diharapkan periset dapat menemukan cara efektif dan efisien dalam menemukan pola komunikasi sebagai penentu identifikasi budaya dari informan, kelompok budaya, maupun dalam lingkup organisasi pada ruang maya.

4. Apa tahapan pertama dalam menyusun etnografi dan mengapa demikian?

Jawaban:
Tahap menyusun etnografi yang pertama adalah menentukan tema/masalah budaya yang akan diangkat. Langkah pertama ini penting dalam melakukan penelitian karena dapat mengidentifikasi latar belakang pentingnya dilakukan penelitian etnografi, rancangan bentuk apa yang akan digunakan, dan bagaimana tujuan terkait dengan masalah penelitian yang akan dikaji. Faktor-faktor ini perlu diidentifikasi dalam ketiga bentuk etnografi dan studi kasus. Tujuan penelitian dan tipe masalah yang ingin teliti akan secara signifikan berbeda, tergantung pada apakah peneliti akan melakukan penelitian etnografi realis, studi kasus atau kritis.

5. Apa yang membedakan etnografi dengan penelitian sosial lainnya?

Jawaban:
Perbedaan etnografi dengan penelitian sosial lainnya terutama kualitatif adalah terkait dengan fokus dan tujuan penelitian. Selain itu perbedaan etnografi dengan pendekatan penelitian kualitatif lainnya terletak pada tahap analisis data serta dalam etnografi, objek penelitian atau partisipan yang diamati atau memberikan informasi terkait topik yang diteliti oleh etnografer disebut dengan informan atau interlokutor, bukan responden seperti pada penelitian kuantitatif. Di samping itu, ada kelebihan secara teknis yang membedakan etnografi dengan penelitian sosial yang lain adalah:
• Menghasilkan pemahaman yang mendalam. Karena yang dicari dalam penelitian ini bukan hal yang tampak, melainkan yang terkandung dalam hal yang nampak tersebut
• Mendapatkan atau memperoleh data dari sumber utama yang berarti memiliki tingkat validasi yang tinggi.
• Menghasilkan deskripsi yang kaya, penjelasan yang spesifik dan rinci
• Peneliti berinteraksi langsung dengan masyarakat sosial yang akan diteliti.
• Membantu kemampuan berinteraksi karena menuntut kemampuan bersosialisasi dalam budaya yang coba untuk dijelaskan.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Soal Antropologi kelas XI SMA Bab 3 yang membahas tentang Etnografi lengkap dengan kunci jawabannya. Soal Sekolahmuonline rujuk dari buku Antropologi Kelas XI SMA. Semoga bermanfaat, silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya. Selamat dan semangat belajar. 

Lengkap soal Antropologi Kelas 11 SMA:

Posting Komentar untuk "Soal Antropologi Kelas 11 Bab 3 Etnografi ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close