Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Antropologi Kelas 11 Bab 1 Pengantar Antropologi ~ sekolahmuonline.com

Soal Antropologi Kelas 11 Bab 1 Pengantar Antropologi ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan contoh soal Antropologi kelas XI SMA Bab 1 yang membahas tentang Pengantar Antropologi lengkap dengan kunci jawabannya.
Soal Antropologi Kelas XI SMA Bab 1 Pengantar Antropologi lengkap dengan kunci jawabannya
Soal-soal Antropologi kelas 11 di bawah ini terdiri dari soal-soal pilihan ganda dan soal esai. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga memudahkan seluruh anak bangsa Indonesia dalam belajar mandiri di rumah. Secara gratis dan tidak dipungut biaya.

Pendidikan adalah hak semua anak bangsa Indonesia. Hal ini sesuai dengan yang dijelaskan oleh pasal 31 ayat 1 dan 2 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945:
(1) Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.
(2) Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.

Apalagi sekarang sudah diterapkan wajib belajar 12 tahun. Jadi minimal pendidikan anak-anak Indonesia adalah tingkat SMA sederjat (SMK/MA/MAK).

Soal Antropologi Kelas XI Bab 1 Pengantar Antropologi

Perkembangan teknologi alat telekomunikasi sangat pesat. Jika dulu telepon genggam cuma dikenal dengan handphone (HP), sekarang sudah jadi Smartphone (telepon pintar/cerdas). Berbagai macam produk telepon genggam disediakan oleh produsen yang berlomba-lomba terus berinovasi membuat Handphone menjadi semenarik mungkin dengan dilengkapi berbagai fitur canggih yang sangat mendukung aktivitas penggunanya. 

Maka, silahkan Smartphone yang Anda pegang digunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kuota yang sudah dibelikan orang tua dipakai untuk hal-hal yang bermanfaat. Jangan sampai untuk hal-hal yang "Unfaedah" lancar-lancar saja, begitu digunakan untuk kegiatan belajar alasannya macam-macam, kuota habis, baterai habis, dan seabrek alasan lainnya. "Sungguh terlalu!", kata Bang Haji Rhoma Irama.

A. Soal Pilihan Ganda Antropologi Kelas XI Bab 1 Pengantar Antropologi

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan memilih huruf A, B, C, D, dan E pada jawaban yang benar dan tepat! 

1. Rina adalah seorang antropolog. Dia melakukan penelitian etnografi mengenai pandangan beberapa siswi perempuan kelas 12 ketika hendak memilih suatu jurusan di perguruan tinggi. Rina berusaha memahami dan melukiskan kisah hidup, pengalaman dan alasan dari para informannya berdasarkan pada sudut pandang mereka. Perspektif ini disebut dengan .... 
A. Etik
B. Emik
C. Fonetik
D. Simbolik
E. Etnosentrisme

Jawaban: B

2. Perhatikan ciri-ciri berikut ini
a) Bersifat khusus (culture specific).
b) Berasal dari analogi fonetik
c) Mengacu pada sudut pandang pengamat.
d) Mengacu pada sudut pandang pemilik kebudayaan.
e) Berasal dari analogi fonemic.

Pernyataan di atas yang merupakan karakteristik dari perspektif emik dalam antropologi, diantaranya.... 
A. a, d, dan e
B. a dan e
C. a, b, dan e
D. a, b, dan c
E. a, c, dan e 

Jawaban: A

3. Perspektif yang digunakan untuk memahami suatu kebudayaan dari sudut pandang pengamat dari luar pelaku kebudayaan disebut dengan…
A. Etis
B. Etik
C. Emik
D. Fonemik
E. EtnosentrismeEtnosentrisme

Jawaban: B

4. Perhatikan ciri-ciri berikut!
a) Digunakan untuk memperoleh pemahaman mengenai budaya untuk menilai superioritas suatu budaya dari budaya lain.
b) Berangkat dari asumsi dasar bahwa kebudayaan berbeda dan nilai dari suatu kebudayaan berlaku secara parsial atau lokal.
c) Berangkat dari asumsi dasar bahwa kebudayaan berbeda dan nilai dari suatu budaya berlaku secara universal.
d) Digunakan untuk memperoleh pemahaman mengenai budaya lain tanpa memberi penilaian terhadap budaya tersebut.
e) Menolak bahwa kebudayaan berlaku universal.
f) Menolak bahwa kebudayaan berlaku parsial.

Pernyataan di atas yang merujuk pada pengertian relativisme budaya, diantaranya:
A. b, d, dan f
B. a, b, dan e
C. b, c, dan e
D. b, d, dan e
E. b, c, dan f

Jawaban: D

5. Budaya Indonesia mengajarkan kepada anak-anak untuk menggunakan tangan kanan sebagai tangan yang dianggap baik dan mengandung nilai kesopanan oleh masyarakat. Tangan kanan digunakan untuk memberikan barang kepada seseorang, berjabat tangan, menulis, dan makan. Sementara tangan kiri dianggap kurang baik jika digunakan dalam berinteraksi dengan masyarakat, sehingga tangan kiri jarang digunakan oleh anak-anak di Indonesia, terlebih lagi untuk berinteraksi dengan orang yang lebih tua. Sedangkan pada beberapa negara di Asia Timur dan Eropa memandang bahwa tidak ada perbedaan nilai antara tangan kanan dan kiri, dan tidak menerapkan pembagian tugas atas kedua tangan. Seorang peneliti menghasilkan temuan bahwa salah satu dari kedua masyarakat tersebut memiliki nilai kebudayaan yang lebih buruk dibandingkan yang lain karena berdasarkan kebiasaan kelurganya mengharuskan untuk menghormati orang tua dan menggunakan tangan kanan dalam berinteraksi dengan orang yang lebih tua. Berdasarkan pernyataan diatas, peneliti menunjukkan perilaku yang mengacu pada prinsip..... 
A. Pluralisme
B. Positivistik
C. Relativisme
D. Etnosentrisme
E. Multikulturalisme

Jawaban: D

B. Soal Esai Antropologi Kelas XI Bab 1 Pengantar Antropologi

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Apa yang dimaksud dengan ilmu antropologi dan hubungannya dengan ilmu-ilmu yang lain?

Jawaban:
Ilmu antropologi secara etimologi adalah ilmu yang memiliki metodemetode dalam mempelajari, menjelaskan atau menerangkan gejala yang terjadi terhadap suatu manusia tentang sifat mereka yang membedakan dengan makhluk lain (berakal budi). Melalui berbagai bidang spesialisasinya, antropologi memberi kita wawasan yang luar biasa tentang cara hidup manusia yang melintasi ruang dan waktu. Secara umum antropologi adalah ilmu pengetahuan yang mencoba menelaah perilaku manusia dan menempatkan manusia secara unik
dalam sebuah lingkungan hidup yang bermartabat. Ilmu antropologi serta sub-sub ilmunya juga mempunyai hubungan dengan ilmuilmu lain. Hubungan itu biasanya bersifat timbal-balik. Antropologi memerlukan bantuan ilmu-ilmu lain dan sebaliknya ilmu-ilmu lain juga memerlukan perspektif antropologi.

2. Mengapa antropologi penting dipelajari khususnya di Indonesia?

Jawaban:
Indonesia adalah negara yang majemuk, terdiri dari berbagai suku bangsa, agama, ras dan golongan. Komposisi masyarakat yang beragam menjadikan Indonesia rawan terjadinya konflik sosial budaya. Hadirnya ilmu antropologi menjadi penting, karena memberikan wawasan dan pengetahuan mengenai cara hidup masyarakat yang berbeda beda.
Dengan mempelajari antropologi diharapkan kehidupan masyarakat dapat menjadi harmoni.

3. Jelaskan perbedaan fase-fase perkembangan antropologi sebagai ilmu!

Jawaban:
Fase- fase perkembangan antropologi
• Fase Pertama (sebelum abad ke-18)
Pada fase pertama kelahiran antropologi sebagai sebuah ilmu tidak langsung dirumuskan menjadi satu disiplin keilmuan sendiri.
Sejarah kelahiran antropologi tidak terlepas dari keberadaan catatan-catatan etnografi dari bangsa-bangsa Eropa dimulai sejak era “merkantilisme” pada abad ke-14.
• Fase Kedua (Pertengahan Abad ke-19)
Pada tahap ini antropologi sudah mulai ke ranah akademik. Sudah banyak bermunculan jurusan-jurusan antropologi di sejumlah universitas di dunia.
• Fase Ketiga (Permulaan Abad ke-20)
Pada fase ini justru sangat menarik, di mana antropologi dijadikan ilmu yang sangat praktis yang digunakan oleh para kaum penjajah dari Eropa untuk memantapkan kekuasaanya di daerah-daerah jajahannya di luar Eropa.
• Fase Keempat (Sesudah tahun 1930)
Pada fase ini ilmu antropologi berkembang sangat pesat, baik mengenai bertambahnya bahan pengetahuan yang lebih teliti maupun bertambahnya metode-metode ilmiah.
• Fase Kelima (Antropologi Masa Kini)
Pada fase ini cara pandang analisis teori dalam antropologi semakin beragam menurut perkembangan zaman.

4. Bagaimana hubungan antara relativisme budaya dan penerapan antropologi pada masyarakat majemuk?

Jawaban:
Relativisme berkontribusi pada pemahaman akan keunikan pada setiap budaya masyarakat sehingga akan melahirkan sikap dan pandangan bahwa tidak ada kebudayaan yang paling baik atau buruk, inferior dan superior. Pandangan ini penting untuk diterapkan pada masyarakat yang majemuk sehingga tercipta sikap saling menghargai dan menghormati. Dalam konteks Indonesia dengan masyarakat yang beragam, relativisme budaya merupakan salah satu cara terbaik menuju sikap arif dan bijaksana dalam melihat perbedaan-perbedaan budaya.

5. Berikan dua contoh mengenai manfaat belajar antropologi bagi kalian!

Jawaban:
Peserta didik dapat mengembangkan jawaban sesuai dengan kondisi lingkungan sekitarnya.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Soal Antropologi kelas XI SMA Bab 1 yang membahas tentang Pengantar Antropologi lengkap dengan kunci jawabannya. Soal Sekolahmuonline rujuk dari buku Antropologi Kelas XI SMA. Semoga bermanfaat, silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya. Selamat dan semangat belajar.

Lengkap soal Antropologi Kelas 11 SMA:

Posting Komentar untuk "Soal Antropologi Kelas 11 Bab 1 Pengantar Antropologi ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close