Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Sejarah Kelas 11 Bab 2 Pergerakan Kebangsaan Indonesia (Sejarah Kelas XI SMA/SMK Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com

Soal Sejarah Kelas 11 Bab 2 Pergerakan Kebangsaan Indonesia (Sejarah Kelas XI SMA/SMK Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan contoh soal Sejarah kelas XI SMA/SMK yang menggunakan Kurikulum Merdeka atau Merdeka Belajar. Postingan kali ini Sekolahmuonline sajikan Soal Sejarah Kelas 11 SMA/SMK Bab 2 yang membahas tentang Pergerakan Kebangsaan Indonesia lengkap dengan kunci jawabannya.
Soal Sejarah Kelas XI SMA/SMK Bab 2 Pergerakan Kebangsaan Indonesia lengkap dengan kunci jawabannya
Soal-soal Sejarah kelas 11 di bawah ini terdiri dari soal-soal pilihan ganda dan soal esai. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga memudahkan seluruh anak bangsa Indonesia dalam belajar mandiri di rumah. Secara gratis dan tidak dipungut biaya.

Pendidikan adalah hak semua anak bangsa Indonesia. Hal ini sesuai dengan yang dijelaskan oleh pasal 31 ayat 1 dan 2 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945:
(1) Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.
(2) Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.

Apalagi sekarang sudah diterapkan wajib belajar 12 tahun. Jadi minimal pendidikan anak-anak Indonesia adalah tingkat SMA sederjat (SMK/MA/MAK). 

Soal Sejarah Kelas XI Bab 2 Pergerakan Kebangsaan Indonesia

Perkembangan teknologi alat telekomunikasi sangat pesat. Jika dulu telepon genggam cuma dikenal dengan handphone (HP), sekarang sudah jadi Smartphone (telepon pintar/cerdas). Berbagai macam produk telepon genggam disediakan oleh produsen yang berlomba-lomba terus berinovasi membuat Handphone menjadi semenarik mungkin dengan dilengkapi berbagai fitur canggih yang sangat mendukung aktivitas penggunanya. 

Maka, silahkan Smartphone yang Anda pegang digunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kuota yang sudah dibelikan orang tua dipakai untuk hal-hal yang bermanfaat. Jangan sampai untuk hal-hal yang "Unfaedah" lancar-lancar saja, begitu digunakan untuk kegiatan belajar alasannya macam-macam, kuota habis, baterai habis, dan seabrek alasan lainnya. "Sungguh terlalu!", kata Bang Haji Rhoma Irama.

Oh ya, kembali tentang Sejarah Kelas XI Bab 2. Materi Sejarah Kelas XI Bab 2 Pergerakan Kebangsaan Indonesia meliputi beberapa pembahasan, yaitu:
 - Kebangkitan Bangsa Timur (Nasionalisme Asia)
- Munculnya Embrio Kebangsaan dan Nasionalisme
- Akhir Masa Negara Kolonial Belanda 

A. Soal Pilihan Ganda Sejarah Kelas XI Bab 2 Pergerakan Kebangsaan Indonesia

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan memilih huruf A, B, C, D, dan E pada jawaban yang benar dan tepat! 

1. Mahatma Gandi merupakan tokoh nasionalis India yang pemikirannya banyak memengaruhi tokoh nasionalis Indonesia. Salah satu bentuk perjuangannya adalah mengajak rakyat India untuk memakai produk asli dalam negeri. Gerakan ini disebut sebagai ....
a. Satyagraha
b. Swadaya
c. Swadeshi
d. Ahimsa
e. Hartal

Jawaban: C

2. Indische Partij merupakan organisasi pergerakan nasional yang bersifat inklusif yang berarti ....
a. Keanggotaannya terbuka untuk penduduk pribumi saja
b. Keanggotannya terbuka untuk semua kelompok di Hindia Belanda
c. Keanggotannya terbuka untuk penduduk di Jawa dan Madura
d. Keanggotannya terdiri dari kalangan menengah ke atas
e. Keanggotannya terdiri dari kalangan yang terdidik saja

Jawaban: B

3. Rohana Kudus merupakan salah satu tokoh pers perempuan yang memprakarsai penerbitan surat kabar ....
a. Soenting Melayoe
b. Soeara Perempuan
c. Poetri Hindia
d. Warta Hindia
e. Soeloeh Indonesia

Jawaban: A

4. Salah satu latar belakang terjadinya Perang Dunia II di wilayah Asia adalah ....
a. Kegagalan LBB dalam menciptakan perdamaian dunia
b. Perlombaan senjata antar negara-negara besar
c. Perbedaan ideologi antara negara-negara Asia
d. Serangan Jepang ke Indo-Cina
e. Serangan Jepang terhadap Pearl Harbour

Jawaban: D

5. Salah satu alasan pihak Belanda pada awalnya menolak untuk menyerah kepada Jepang karena ....
a. Belanda merasa memiliki kekuatan militer yang lebih besar
b. Pihak Belanda merasa Jepang pasti akan kalah
c. Pihak Sekutu akan datang membantu Belanda
d. Wewenang penyerahan ada di tangan Ratu Belanda
e. Jepang tidak memiliki persenjataan yang baik

Jawaban: D

B. Soal Esai Sejarah Kelas XI Bab 2 Pergerakan Kebangsaan Indonesia

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat! 

1. Bagaimanakah pengaruh nasionalisme di Asia terhadap pergerakan nasional Indonesia?

Jawaban:
Peserta didik dapat mengembangkan jawaban sendiri terkait pengaruh nasionalisme Asia terhadap pergerakan nasional di Indonesia, misalnya bahwa kebangkitan nasionalisme Asia ikut membangkitkan semangat kebangsaan di Indonesia dan memberikan kepercayaan diri bahwa bangsa Asia seharusnya memiliki hak untuk menentukan nasibnya sendiri.

2. Bagaimanakah keterkaitan antara Kongres Perempuan Pertama dengan Kongres Sumpah Pemuda?

Jawaban:
Kongres Perempuan Pertama terjadi sekitar dua bulan setelah Kongres Pemuda II atau dikenal juga dengan Kongres Sumpah Pemuda. Beberapa penggagas Kongres Perempuan Pertama juga hadir dalam Kongres Sumpah Pemuda. Mereka terinspirasi dari kongres tersebut dan merasa bahwa para perempuan juga perlu melakukan kongres serupa untuk membahas berbagai permasalahan perempuan di masa itu dan mempersatukan organisasi-organisasi perempuan di masanya

3. Bagaimanakah dampak the great depression terhadap Hindia Belanda?

Jawaban:
Dampak the great depression bagi Hindia Belanada antara lain menurunnya harga pasar karena menurunnya permintaan komoditas internasional, terdapat permasalahan dalam usaha tanaman perdagangan khususnya gula dan karet, dan krisis keuangan yang terjadi di hampir seluruh pelosok negeri karena berkurangnya penerimaan dan belanja negara

4. Bagaimanakah dampak Perang Dunia II terhadap Indonesia?

Jawaban:
Perang Dunia II yang berlangsung di Asia membuat Jepang meningincar Indonesia. Jepang kemudian berhasil mengalahkan Belanda dan memaksa mereka untuk menyerah di Kalijati. Peristiwa ini menandai berakhirnya kekuasaan negara kolonial Hindia Belanda

5. Mengapa bangsa Indonesia tidak membantu Belanda saat Jepang menyerang?

Jawaban:
Peserta didik dapat mengembangkan jawaban sendiri terkait dengan hal ini, misalnya bahwa sebelumnya Jepang sudah mendekati mempelajari tentang kondisi bangsa Indonesia dan mendekati para pemimpin pergerakan, adanya kepercayaan terhadap ramalan Jayabaya di Jawa, dan sebagainya.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Soal Sejarah Kelas XI SMA/SMK Bab 2 Pergerakan Kebangsaan Indonesia lengkap dengan kunci jawabannya. Soal Sekolahmuonline rujuk dari buku Sejarah Kelas XI SMA/SMK. Semoga bermanfaat, silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya. Selamat dan semangat belajar.

Lengkap Soal Pilihan Ganda dan Soal Esai Sejarah Kelas 11 SMA/SMK Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar) semua Bab silahkan baca postingan yang berada di bawah ini. Tinggal klik judulnya masing-masing:

Posting Komentar untuk "Soal Sejarah Kelas 11 Bab 2 Pergerakan Kebangsaan Indonesia (Sejarah Kelas XI SMA/SMK Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close