Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Antropologi Kelas 11 Bab 2 Ruang Lingkup Antropologi ~ sekolahmuonline.com

Soal Antropologi Kelas 11 Bab 2 Ruang Lingkup Antropologi ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan contoh soal Antropologi kelas XI SMA Bab 2 yang membahas tentang Ruang Lingkup Antropologi lengkap dengan kunci jawabannya.
Soal Antropologi Kelas XI SMA Bab 2 Ruang Lingkup Antropologi lengkap dengan kunci jawabannya
Soal-soal Antropologi kelas 11 di bawah ini terdiri dari soal-soal pilihan ganda dan soal esai. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga memudahkan seluruh anak bangsa Indonesia dalam belajar mandiri di rumah. Secara gratis dan tidak dipungut biaya.

Pendidikan adalah hak semua anak bangsa Indonesia. Hal ini sesuai dengan yang dijelaskan oleh pasal 31 ayat 1 dan 2 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945:
(1) Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.
(2) Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.

Apalagi sekarang sudah diterapkan wajib belajar 12 tahun. Jadi minimal pendidikan anak-anak Indonesia adalah tingkat SMA sederjat (SMK/MA/MAK). 

Soal Antropologi Kelas XI Bab 2 Ruang Lingkup Antropologi

Perkembangan teknologi alat telekomunikasi sangat pesat. Jika dulu telepon genggam cuma dikenal dengan handphone (HP), sekarang sudah jadi Smartphone (telepon pintar/cerdas). Berbagai macam produk telepon genggam disediakan oleh produsen yang berlomba-lomba terus berinovasi membuat Handphone menjadi semenarik mungkin dengan dilengkapi berbagai fitur canggih yang sangat mendukung aktivitas penggunanya. 

Maka, silahkan Smartphone yang Anda pegang digunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kuota yang sudah dibelikan orang tua dipakai untuk hal-hal yang bermanfaat. Jangan sampai untuk hal-hal yang "Unfaedah" lancar-lancar saja, begitu digunakan untuk kegiatan belajar alasannya macam-macam, kuota habis, baterai habis, dan seabrek alasan lainnya. "Sungguh terlalu!", kata Bang Haji Rhoma Irama.

A. Soal Pilihan Ganda Antropologi Kelas XI Bab 2 Ruang Lingkup Antropologi

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan memilih huruf A, B, C, D, dan E pada jawaban yang benar dan tepat! 

1. Cabang antropologi yang mencakup studi tentang perbedaan fisik baik dalam populasi yang hidup maupun melalui evolusi manusia, merupakan pengertian dari .....
A. Arkeologi
B. Fisik
D. Antropologi Kesehatan
E. Antropologi Politik

Jawaban: C

2. Perhatikan pernyataan berikut:
1) evolusi manusia,
2) antropologi fisik
3) primatologi,
4) genapologi,
5) ekologi manusia

Berdasarkan pernyataan di atas yang tergolong sebagai cabang ilmu dari antropologi biologi adalah.... 
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 1, 3, dan 5
D. 2, 3, dan 5
E. 2, 4, dan 5

Jawaban: C

3. Antropolog juga memerlukan bantuan perspektif arkeolog dalam menjelaskan femonena budaya yang terjadi di masa lampau. Di bawah ini yang bukan termasuk metode pengumpulan data arkeologi yakni .....
A. Studi literatur dan dokumen di museum
B. Survei tentang keadaan tanah dan potret kenampakan udara
C. Ekskavasi
D. Wawancara
E. Analisis media massamassa

Jawaban: E

4. Bentuk kebudayaan yang bersifat material yang diproduksi oleh masyarakat sebagai suatu kebudayaan. Hal ini juga dapat dilihat bagaimana kecerdasan manusia saat itu dalam menciptakan suatu alat dan membantunya dalam mengatasi keadaan di masa lampau disebut .....
A. Situs
B. Fitur
C. Ekofak
D. Artefak
E. Bahasa

Jawaban: D

5. Ada bentuk kebudayaan yang berupa peninggalan sejarah dan tidak dapat diangkat dari tempat kedudukannya. Selain tidak mungkin untuk dipindahkan karena berat, dikhawatirkan akan merusak peninggalan sejarah tersebut. Peninggalan tersebut adalah .....
A. Situs
B. Fitur
C. Ekofak
D. Artefak
E. Bahasa

Jawaban: B

6. Di bawah ini yang termasuk ekofak adalah .....
A. Senjata, perhiasan, sumur, tempat ibadah, dan sungai
B. Gapura, makam, fosil flora-fauna, kondisi lereng tanah, dan mata air
C. Fosil flora-fauna, ketinggian daerah, mata air, jenis batu, dan pola aliran sungai
D. Pola aliran sungai, tempat perumahan, tempat ibadah, pagar, dan benteng
E. Mata uang logam, prasasti, relief, patung dan prasasti

Jawaban: C

7. Pemeriksaan sisa-sisa kerangka manusia untuk lembaga penegak hukum untuk membantu pemulihan sisa-sisa manusia, menentukan identitas sisa-sisa manusia tak dikenal, menafsirkan trauma, dan memperkirakan waktu sejak kematian, merupakan pengertian dari.... 
A. Antropologi Ragawi
B. Antropologi Biologi
C. Antropologi Fisik
D. Antropologi Forensik
E. Paleoantropologi

Jawaban: D

8. Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan Indonesia yang berakar dari bahasa Melayu. Selain menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, masyarakat Indonesia cenderung menggunakan bahasa daerah untuk berkomunikasi sehari-hari. Namun bahasa daerah yang sama yang digunakan oleh masyarakat dapat memiliki cara pengucapan yang berbeda dengan masyarakat di daerah lain. Hal ini menunjukkan terdapat variasi dalam bahasa yang disebut dengan .... 
A. Tradisi Lisan
B. Idiolek
C. Idiom
D. Dialek
E. Struktur

Jawaban: D

9. Kajian etnolinguistik atau antropologi linguistik berangkat dari gagasan Sapir-Whorf mengenai hubungan antara bahasa dan budaya yang disebut dengan istilah .....
A. Relativitas Bahasa
B. Determinisme Bahasa
C. Relativisme Budaya
D. Struktural Linguistik
E. Determinisme Bahasa 

Jawaban: A

10. Dalam sejarah bangsa-bangsa, konsepsi mengenai perbedaan ciri fisik ini menyebabkan berbagai macam kesedihan dan kesengsaraan. Seorang kulit putih merasa kastanya lebih tinggi dari yang lain, sikap inilah yang disebut sebagai .... 
A. Etnosentrisme
B. Primodialisme
C. Rasisme
D. Dualisme
E. Stereotip 

Jawaban: C

B. Soal Esai Antropologi Kelas XI Bab 2 Ruang Lingkup Antropologi

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Mengapa dalam perkembangan antropologi konsep ras mengalami kesalahpahaman?

Jawaban:
Pandangan akan konsep ras adalah bentuk kesalahpahaman besar dalam memahami ras, terlebih “ras” dipahami hanya mengacu pada ciri khas fisik semata. Sehingga persepsi dan evaluasi terhadap diri dan orang lain menghasilkan presepsi yang “rasis”. Misalnya timbul anggapan bahwa ras “Caucasoid” atau ras kulit putih lebih kuat dan hebat dibandingkan dengan ras-ras lain dimuka bumi. Hal ini sangat bertentangan dengan semangat keberagaman dalam menjaga kebhinekaan.

2. Terdapat 4 jenis data arkeologi, sebutkan dan jelaskan? 

Jawaban:
• Artefak: Semua tinggalan arkeologis yang dibuat manusia. Artefak berupa perkakas, senjata dan lain-lain.
• Ekofak: benda-benda alam yang bersifat biotik dan berhubungan erat dengan aktifitas kegiatan manusia. Misalnya fosil fauna dan manusia, fosil pohon, moluska (kerang-kerangan) dan lain-lain.
• Fitur: Sesuatu yang secara keseluruhan tidak dapat dipindahkan tanpa merubah bentuk. Misalnya, lapisan batuan (stratigrafi), bangunan seperti punden berundak, candi, masjid, gereja, klenteng, keraton, istana, makam kuna, lubang bekas tempat sampah, dan lain sebagainya.
• Situs: ruang/wilayah tertentu yang menganduk fakta arkeologis berupa artefak, ekofak, atau fitur yang berdiri sendiri atau bersama-bersama.

3. Mengapa pemahaman mengenai bahasa, penting diperlukan dalam masyarakat multikultural?

Jawaban:
Bahasa adalah sistem tanda yang merupakan bagian penting dari unsur-unsur kebudayaan. Pemahaman Bahasa secara etnologilinguistik akan membantu kita untuk menghargai keragaman. 

4. Perkembangan manusia mengalami proses evolutif. Setujukah kalian? Mengapa demikian?

Jawaban:
Peserta didik dapat mengembangkan jawaban secara mandiri.

5. Bagaimana kegunaan antropologi ragawi dalam kehidupan manusia?

Jawaban:
Antropologi ragawi berguna untuk mengembangkan keilmuan paleoantropologi serta forensik. Pemahaman manusia secara fisik membantu untuk mengidentifikasi hal-hal yang terkait sejarah dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Soal Antropologi kelas XI SMA Bab 2 yang membahas tentang Ruang Lingkup Antropologi lengkap dengan kunci jawabannya. Soal Sekolahmuonline rujuk dari buku Antropologi Kelas XI SMA. Semoga bermanfaat, silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya. Selamat dan semangat belajar.

Lengkap soal Antropologi Kelas 11 SMA:

Posting Komentar untuk "Soal Antropologi Kelas 11 Bab 2 Ruang Lingkup Antropologi ~ sekolahmuonline.com"

close