Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Perlu Mempelajari Ilmu Sejarah? Sebutkan kegunaan ilmu sejarah! ~ sekolahmuonline.com

Mengapa Perlu Mempelajari Ilmu Sejarah? Sebutkan kegunaan ilmu sejarah! ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan postingan yang membahas secara ringkas tentang perlunya mempelajari ilmu sejarah dan kegunaan dari ilmu sejarah. Pembahasan ini merupakan bagian dari materi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas X SMA.
perlunya mempelajari ilmu sejarah dan kegunaan dari ilmu sejarah
Setelah membaca materi tentang ilmu sejarah sejak bangku SD dan SMP serta melakukan berbagai aktivitas di kelas tingkat SMA/SMK/MA, tentu kalian menemukan manfaat dari belajar ilmu sejarah

Ilmu sejarah mempelajari berbagai peristiwa pada masa lampau yang berguna untuk menjelaskan dan mengungkap berbagai peristiwa pada hari ini dan masa mendatang. Hal inilah yang dimaksud dengan masa lalu selalu aktual dan relevan.

Dirujuk dari Buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas X SMA, kegunaan ilmu sejarah adalah:
• Menjelaskan bagaimana manusia dan tindakan mereka mungkin dipengaruhi oleh situasi politik atau masalah ekonomi atau kondisi geografi. Melalui sejarah, kita akan memahami perilaku manusia dan nilai-nilai suatu masyarakat.
• Memberikan pemahaman bahwa orang-orang pada masa lalu mungkin tidak memiliki nilai yang sama seperti yang kita miliki saat ini. Pemahaman tentang masa lampau akan membantu kita untuk menghindari kesalahan agar tidak terulang pada masa kini dan mendatang.
• Mengenal siapa diri kita sebagai pribadi dan mengenal siapa kita secara kolektif (sebagai bagian dari suatu kelompok masyarakat dan bangsa).
Pemahaman tentang identitas akan menumbuhkan ikatan sosial (contohnya ketika kita mengetahui tentang sejarah keluarga maka akan menumbuhkan jiwa saling membantu karena menjadi bagian dari suatu keluarga).
• Memahami memori dan tradisi yang diwariskan oleh generasi sebelumnya ke generasi mendatang hingga bagaimana sejarah membentuk kondisi kita saat ini.
• Menumbuhkembangkan kecakapan berpikir kritis, kreatif, imajinatif, dan reflektif
• Menumbuhkembangkan kecakapan ilmiah seperti mencari sumber (heuristik), memilah sumber (verifikasi), dan menganalisis sumber sejarah (interpretasi)

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan pembahasan ringkas tentang Perlunya Mempelajari Ilmu Sejarah dan Kegunaan dari Ilmu Sejarah. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap Soal IPS Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar) silahkan baca pada judul-judul postingan di bawah ini (Tinggal klik judul yang sesuai dengan yang Anda butuhkan):

Posting Komentar untuk "Mengapa Perlu Mempelajari Ilmu Sejarah? Sebutkan kegunaan ilmu sejarah! ~ sekolahmuonline.com"

close