Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan ciri-ciri umum protista dan sebutkan serta jelaskan klasifikasi protista! ~ sekolahmuonline.com

Sebutkan ciri-ciri umum protista dan sebutkan serta jelaskan klasifikasi protista! ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, postingan berikut ini akan membahas mata pelajaran Biologi kelas X SMA Bab Protista khususnya pembahasan tentang ciri-ciri umum protista dan klasifikasi protista.
Ciri-ciri Umum Protista dan Klasifikasi Protista

Ciri-ciri Umum Protista dan Klasifikasi Protista

Sebelum masuk ke pembahasan ciri-ciri protista dan klasifikasi protista, mungkin kamu bertanya-tanya tentang apa itu protista? Kalau selama ini kamu masih berpikir bahwa mahkluk hidup di dunia ini hanya dibagi menjadi hewan, tumbuhan, dan manusia, kamu ternyata salah besar. Selain tumbuhan, hewan, manusia, ada juga yang namanya protista ini.

Pengertian Protista

Apa itu Protista? 

Protista adalah mikroorganisme eukariota yang bukan hewan, tumbuhan atau fungi. Protista adalah kelompok organisme yang memiliki ciri-ciri uniseluler atau multiseluler, inti sel bersifat eukariotik, yaitu memiliki membran inti, memiliki dinding sel atau tidak, cara hidup secara fotoautotrof atau heterotrof, bersifat aerob atau anaerob, Hidup bebas atau bersimbiosis, Reproduksi secara $ek$ual dengan konjugasi dan a$ek$ual dengan pembelahan biner.

Ciri-ciri Umum Protista

Sebutkan ciri-ciri umum protista!

Jawaban:
Protista adalah kelompok organisme yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
a. Uniseluler atau multiseluler.
b. Inti sel bersifat eukariotik, yaitu memiliki membran inti.
c. Memiliki dinding sel atau tidak.
d. Cara hidup secara fotoautotrof atau heterotrof.
e. Bersifat aerob atau anaerob.
f. Hidup bebas atau bersimbiosis.
g. Reproduksi secara $ek$ual dengan konjugasi dan a$ek$ual dengan pembelahan biner

Klasifikasi Protista

Sebutkan dan jelaskan klasifikasi protista!

Jawaban:
Berdasarkan sifat-sifatnya, Protista dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu Protista mirip hewan (Protozoa), Protista mirip jamur, dan Protista mirip tumbuhan (Alga).

a. Protista mirip hewan

Yakni telah menyerupai suatu hewan yang dapat disebut sebagai protozoa.
Protozoa merupakan sebuah organisme yang bersifat seluler dalam ukuran mikroskopis. Protista seperti binatang tersebut ialah dapat mereproduksi dengan cara a$ek$ual dan $ek$ual. Selain dapat berkembangbiak, hewan tersebut bisa bergerak secara aktif.

b. Protista mirip jamur

Terdapat tiga jenis jamur Protista, yakni jamur air (Oomycota), jamur lendir (Myxomycota), dan Acrasiamycota. Protista Jenis jamur tersebut yakni hanya menyerupai jamur berbentuk filamen hifa dan sporangia, yang memiliki warna putih, kuning, dan berlendir.

c. Protista mirip tumbuhan

Dalam protista yang seperti tumbuhan adalah adanya sekelompok protista yang telahg berfotosintesis. Alga yakni terdiri dari sel atau koloni yang membentuk tubuh multiseluler.
Kelompok alga yakni dapat dibagi menjadi 4 kelas dengan berdasarkan pigmen dominan: Chlorophyta (Ganggang Hijau), Chrysophyta (Ganggang Emas), Menyerupai Tumbuhan (Algae), Phaeophyta (Ganggang Coklat), Rhodophyta (Ganggang Merah)

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan pembahasan soal Biologi kelas X Bab Protista yang membahas tentang Ciri-ciri Protista dan Klasifikasinya. Semoga bermanfaat, membantu serta memudahkan Anda dalam belajar Biologi secara mandiri. Semoga bermanfaat, silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya. 

Baca juga:

Posting Komentar untuk "Sebutkan ciri-ciri umum protista dan sebutkan serta jelaskan klasifikasi protista! ~ sekolahmuonline.com"

Iklan

Close x