Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal PAT SKI Kelas 3 dan Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com

Soal PAT SKI Kelas 3 dan Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas III lengkap dengan kunci jawabannya. 
Contoh Soal PAT SKI Kelas III MI lengkap dengan Kunci Jawabannya
Contoh Soal PAT SKI Kelas III MI lengkap dengan Kunci Jawabannya

Soal-soal di bawah ini cocok digunakan untuk Bapak/Ibu Guru dalam menyusun soal-soal PAT. Tinggal dicopy paste sesuai kebutuhan Bapak/Ibu Guru semuanya. 

Soal-soal di bawah ini juga cocok digunakan oleh orang tua/wali murid dalam mendampingi putra-putrinya belajar. Selain itu tentunya juga cocok dipelajari sendiri langsung oleh para siswa siswi untuk belajar mempersiapkan diri mengikuti Penilaian Akhir Tahun (PAT). Silakan dibaca dan dipelajari. Semoga bermanfaat.

Contoh Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas III Madrasah Ibtidaiyah (MI)

Soal-soal di bawah ini Sekolahmuonline rujuk dari Buku Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Kunci jawaban akan Sekolahmuonline update lagi jika memang banyak yang membutuhkan (khususunya soal-soal essay yang belum Sekolahmuonline beri kunci jawabannya). 

Soal terdiri dari soal-soal pilihan ganda dan soal-soal essay. Untuk para siswa selamat membaca dan mempelajari. 

I. Soal Pilihan Ganda PAT SKI Kelas 3

Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda silang (X) dari alternatif jawaban a, b, c, dan d

1. Atas kejujurannya dari kesederhanaan Nabi Muhammad saw. sehingga ada seorang wanita yang mempercayakan barang dagangannya, wanita tersebut adalah ….
a. Aminah
b. Fatimah
c. Hindun
d. Khadijah

Kunci Jawaban: d
Pembahasan:
Mengapa Nabi Muhammad SAW dipercaya oleh Khadijah untuk membawa barang dagangannya? Jawabannya: Karena nabi berdagang dengan baik, menyampaikan harga pokok dan membiarkan pembeli memberikan keuntungannya, kemudian menyampaikan kekurangan dan kelebihan dagangannya secara terbhka tanpa menutup nutupinya. Maka dari itu khadijah memberi kepercayaan penuh kepada Nabi Muhammad untuk membawa dagangannya.
2. Nabi Muhammad dikenal memiliki sifat yang berbeda dengan orang-orang disekitarnya.
Beliau dijuluki Al-Amin yang artinya ….
a. dapat diandalkan
b. dapat diamanahkan
c. dapat dipercaya
d. dapat diunggulkan

Kunci Jawaban: c
Pembahasan:
Al-Amin artinya terpercaya. Ini merupakan salah satu gelar yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW. Julukan atau gelar tersebut diberikan karena sifat mulia dan kejujuran yang dimilikinya. Karena begitu jujur dalam perkataan dan perbuatannya, maka masyarakat memberi gelar Muhammad muda dengan sebutan “al-Amin”, yang berarti orang yang dapat dipercaya.

3. Nabi Muhammad mempersunting seorang wanita kaya raya yang bernama Siti Khadijah. Saat itu beliau berusia ….
a. 23 tahun
b. 24 tahun
c. 25 tahun
d. 26 tahun

Kunci Jawaban: c
Pembahasan:
Lima tahun berselang dari Hilf al Fudhul, tepatnya ketika Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam berusia 25 tahun, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menikahi Khadijah bintu Khuwailid Radhiyallahu anha, seorang janda terhormat, mulia dan kaya raya.

Hilf al-Fudul adalah sebuah persekutuan para pemuka di Mekah, termasuk Muhammad muda, yang terjadi pada abad ke-7 sebelum masa kenabian. Persekutuan ini diadakan untuk menjaga ketertiban dan keadilan dalam perdagangan, yang menjadi urat nadi kehidupan penduduk Mekah.

Mereka membuat satu perjanjian yang isinya: di Mekkah tidak boleh ada orang yang dizhalimi baik penduduk Mekkah sendiri maupun pendatang kecuali pasti akan dibantu dan kembalikan haknya dari pihak yang menzhalimi. Lalu orang-orang Quraisy menamai perjanjian itu dengan nama Hilful Fudhul, karena disepakati orang para afadhil (orang-orang yang memiliki keutamaan).

Saat itu juga, orang-orang yang menyepakati perjanjian tersebut mendatangi rumah Al ‘Ash lalu memintanya memenuhi hak si pedagang dari Yaman. Sejak itu orang-orang yang berada di Mekkah di jamin keamanannya oleh penduduk Mekkah dari segala bentuk kezhaliman.
4. Pernikahan antara Khadijah dan Nabi Muhammad dikaruniai anak sebanyak ….
a. 6
b. 7
c. 8
d. 9

Kunci Jawaban: 6
Pembahasan:
Nabi Muhammad menikah dan tinggal menetap di rumah Khadijah dan memperoleh anugerah enam orang anak, lima anak lahir sebelum kenabian dan satu setelah kenabian. Mereka adalah al Qaasim (meninggal masih kecil), Zainab, Ruqayyah, Ummu Kultsum, Fathimah, ‘Abdullah yang lahir setelah kenabian dan dipanggil juga dengan panggilan ath Thahir atau ath Thayyib.

Seluruh anak laki-laki Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam meninggal dunia ketika masih kecil, sedangkan puteri-puterinya berumur panjang mendapati kenabian dan masuk Islam, serta berhijrah bersama beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam ke kota Madinah.
5. Rasulullah Saw. membawa barang perniagaan milik Khadijah bersama pamannya ke negeri ….
a. Syam
b. Palestina
c. Madinah
d. Habasyah

Kunci Jawaban: a
Pembahasan:

6. Ketika Nabi Muhammad menikah dengan Khadijah. Rasulullah mempersembahkan mas kawin berupa ….
a. 10 ekor unta
b. 15 ekor unta
c. 20 ekor unta
d. 25 ekor unta

Kunci Jawaban: 
Pembahasan:
Nabi Muhammad SAW menikahi Khadijah dengan mahar/maskawin 20 ekor unta muda. 

7. Nama putra-putri Rasulullah di bawah ini yang tepat adalah …
a. Qasim dan Zainab
b. Abdullah dan Aminah
c. Ruqayah dan Fatmawati
d. Ummu Kulsum dan Halimah

Kunci Jawaban: a
Pembahasan:
Putra Nabi Muhammad dan Khadijah yang pertama adalah Al-Qasim bin Muhammad. Qasim lahir sebelum Muhammad diangkat menjadi seorang Nabi. Al-Qasim hanya hidup beberapa hari saja. Berkat kelahirannya sebagai anak tertua, Rasulullah kemudian diberi julukan Abu Qasim.

Zainab RA adalah putri sulung dari Rasulullah SAW dari pernikahannya dengan Khadijah binti Khuwailid RA. Saat itu, Zainab dilahirkan saat Rasulullah SAW berusia 30 tahun atau sekitar 23 tahun sebelum beliau hijrah ke Madinah.

8. Pada saat Makkah dilanda banjir hingga meluap ke Baitul Haram yang mengakibatkan Ka’bah rusak, orang-orang Quraisy memperbaiki dengan arsitek dari Romawi bernama ….
a. Baqum
b. Bukhairoh
c. Bilal bin Rabah
d. Thulailah

Kunci Jawaban: a
Pembahasan:
Ka'bah dipugar dan dirobohkan hingga pondasi pertama yang dibangun oleh Ibrahim a.s. Masing-masing kabilah di Makkah mendapat bagian dan tugas dalam renovasi itu. Pemimpin proyeknya adalah seorang arsitek asal Romawi yang bernama Baqum.
9. Seseorang yang menawarkan jalan keluar, untuk memutuskan siapa yang meletakkan kembali hajar aswad ketempatnya adalah …
a. Abu Sofyan
b. Abu Umayah
c. Abu Jahal
d. Abu Thalib

Kunci Jawaban: b
Pembahasan:
Ketika sedang kisruh tentang peletakan Hajar Aswad yang hampir menimbulkan peperangan, maka seorang yang paling sepuh di antara mereka yang bernama Abu Umayyah ibn al-Mughirah ibn ‘Abdullah ibn ‘Umar ibn Makhzum memberi pandangan, “Jadikanlah orang yang pertama kali masuk pintu masjid ini sebagai orang yang memutus masalah yang kalian perselisihkan.” Rupanya, orang yang pertama masuk masjid adalah seorang pemuda yang bernama Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Begitu mengetahui orang yang akan menyelesaikan masalah mereka adalah Rasulullah, mereka langsung setuju. “Ini Muhammad seorang pemuda yang jujur. Kami rida kepadanya.”
10. Ayah dan Ibu Nabi Muhammad saw. masih satu keturunan, silsilahnya berasal dari ….
a. Kilab
b. Murrah
c. Luayy
d. Abdul Manaf

Kunci Jawaban: a
Pembahasan:
Jika diurut, maka nasab Aminah binti Wahab dan Abdullah bin Abdul Muthalib bertemu di Kilab.

Nasab Abdullah
Abdullah, bin Abdul Muththalib, bin Hasyim, bin Abdu-Manaf, bin Qushayyi, bin Kilab, bin Murrah, bin Ka'ab, bin Luayyi, bin Ghalib, bin Fihr, bin Malik, bin Nadhar, bin Kinanah, bin Khuzaimiah, bin Mudrikah, bin Ilyas, bin Mudhar, bin Nizar, bin Ma'ad, bin Adnan.

Nasab Aminah
Aminah, binti Wahbin, bin Abdi Manaf, bin Zuhrah, bin Kilab, bin Murrah, bin Ka'ab, bin Luayyi, bin Ghalib, bin Fihr, bin Malik, bin Nadhar, bin Kinanah, bin Khuzaimah, bin Mudrikah, bin Ilyas, bin Mudhar, bin Nizar, bin Ma'ad, bin Adnan.
11. Nama ayah Nabi Muhammad saw. ialah ….
a. Abdullah bin Abdul Aziz
b. Abdullah bin Abdul Muthalib
c. Abdullah bin Abdul Wahab
d. Abdullah bin Hasan

Kunci Jawaban: b
Pembahasan:

12. Nabi Muhammad saw. mampu berbicara dan berjalan pada usia ….
a. 5 bulan dan 9 bulan
b. 6 bulan dan 10 bulan
c. 10 bulan dan 12 bulan
d. 1 tahun dan 2 tahun 2 bulan

Kunci Jawaban: a
Pembahasan:
Pada usia 5 bulan ia sudah pandai berjalan, usia 9 bulan ia sudah mampu berbicara dan pada usia 2 tahun ia sudah bisa dilepas bersama anak-anak Halimah yang lain untuk menggembala kambing.

13. Nabi Muhammad saw. sudah mampu menggembalakan kambing sejak usia ….
a. 1 tahun
b. 2 tahun
c. 3 tahun
d. 4 tahun

Kunci Jawaban: b
Pembahasan:
Lihat pembahasan sebelumnya
14. salah satu mukjizat Nabi Muhammad saw yang dilakukan oleh malaikat Jibril adalah ….
a. tahan terhadap api
b. tongkat pembelah laut
c. menghidupkan orang yang telah mati
d. dibelah dadanya

Kunci Jawaban: d
Pembahasan:

15. Malaikat Jibril membersihkan bagian jantung Nabi Muhammad saw. yang dikuasai oleh setan dengan air yang bersumber dari ….
a. mata air
b. sumur zam-zam
c. sungai Nil
d. Laut Merah

Kunci Jawaban: b
Pembahasan:
16. Paman yang sangat menyayangi Nabi Muhammad saw. bernama ….
a. Abu Lahab
b. Abu Sofyan
c. Abu Jahal
d. Abu Thalib

Kunci Jawaban: d
Pembahasan:
17. Dalam perjalanannya ke negeri Syam Nabi Muhammad dan Rombongan bertemu dengan pendeta Nasrani yang bernama ….
a. Buhaira
b. Busrah
c. Baaqum
d. Basirah

Kunci Jawaban: a
Pembahasan:

18. Ketika Nabi Muhammad berniaga ke negeri Syam bersama dengan Abu Thalib dan rombongannya, usia Nabi Muhammad saw. saat itu adalah ….
a. 10 tahun
b. 11 tahun
c. 12 tahun
d. 13 tahun

Kunci Jawaban: 
Pembahasan:
19. Nabi Muhammad saw dikenal dengan sebutan “Khataman nabiyyin” yang artinya ….
a. Nabi paling hebat
b. Nabi yang agung
c. pemula para nabi
d. penutup para nabi

Kunci Jawaban: d
Pembahasan:

20. Nabi Muhammad mulai sering melakukan tafakur ketika beliau berusia ….
a. 30 tahun
b. 40 tahun
c. 50 tahun
d. 60 tahun

Kunci Jawaban: 
Pembahasan:
21. Dalam melakukan tafakur Nabi Muhammad memilih tempat yang dianggap aman, tempat tersebut adalah ….
a. Ka’bah
b. Gua Hira
c. Gua Tsur
d. Mina

Kunci Jawaban: b
Pembahasan:
22. Kebiasaan baik bangsa Arab sebelum Islam antara lain ….
a. menyembah berhala
b. berfoya-foya
c. menepati janji
d. mabuk-mabukan

Kunci Jawaban: c
Pembahasan:

23. Gua Hira tempat Nabi Muhammad bertafakur terletak di sebelah ….
a. utara Kota Makkah
b. selatan Kota Makkah
c. Barat Kota Makkah
d. Timur Kota Makkah

Kunci Jawaban: 
Pembahasan:

24. Wahyu pertama yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad saw. saat beliau bertafakur adalah surah ….
a. Al-alaq
b. Al-Mudatsir
c. Al-Hijr
d. Al-Baqarah

Kunci Jawaban: a
Pembahasan:
25. Dalam menerima wahyu yang pertama Nabi Muhammad diperintahkan untuk “iqra” yang artinya ….
a. tulislah
b. sampaikanlah
c. bacalah
d. sebarkanlah

Kunci Jawaban: c
Pembahasan:
26. Nabi Muhammad Saw. bertafakur tujuannya adalah ….
a. menghindar dari kaumnya
b. memikirkan akhlak buruk kaum Quraisy
c. agar mendapat mukjizat
d. istirahat karena pusing

Kunci Jawaban: b
Pembahasan:

27. Prilaku yang baik yang dimiliki oleh bangsa Arab sebelum Islam adalah …
a. menepati janji dan pemarah
b. memuliakan tamu dan pemabuk
c. dermawan dan menepati janji
d. berfoya-foya dan dermawan

Kunci Jawaban: c
Pembahasan:

28. Nabi Muhammad Saw. menerima wahyu yang pertama pada tanggal ….
a. 17 Rabiul Awal
b. 17 Rajab
c. 17 Muharram
d. 17 Ramadhan

Kunci Jawaban: d
Pembahasan:
Para ulama berbeda pendapat mengenai waktu turunnya Alquran. Sebagian berpendapat pada 17 Ramadhan, sebagian lagi mengatakan Al-Qur’an diturunkan pada tanggal 24 Ramadhan.

Kesimpulan dari pendapat yang ada, ada yang menyimpulkan bahwa Lailatul Qadar (ليلة القدر) malam mulia karena Al-Qur’an turun sekaligus 30 juz (jumlatan waahidatan) dari lauhil mahfudz ke Baitul Izzah langit dunia, menurut ulama tafsir kisaran tanggal 24 ramadhan. Nuzulul Qur’an ( نزول القران) saat turunya Al-Qur’an dari langit dunia kepada nabi Muhammad Saw melalui Ruhul Amiin Jibril As secara mufassholat (berangsur-ansur) satu, dua ayat atau lebih, di waktu yang berbeda-beda selama beberapa tahun, dimulai malam ke 17 Ramadhan dengan turunya wahyu pertama surat Al- Alaq ayat 1-5. Wallahu a'lam bish-shawaab.
29. Nabi Muhammad saw. menerima wahyu yang pertama Qur’an surah Al-Alaq dengan jumlah ayat …
a. 4
b. 5
c. 6
d. 7

Kunci Jawaban: b
Pembahasan:
Surah Al-'Alaq adalah surah ke- 96 dalam al-Qur'an. Surah ini terdiri atas 19 ayat dan termasuk golongan surah-surah Makkiyah. Ayat 1 sampai dengan 5 dari surah ini adalah ayat-ayat Al-Quran yang pertama kali diturunkan, yaitu di waktu Nabi Muhammad bertafakur di gua Hira. 

30. Keadaan Nabi Muhammad saw. saat menerima wahyu pertama adalah ….
a. ketakutan
b. bergembjra
c. bersuka ria
d. berduka cita

Kunci Jawaban: a
Pembahasan:
31. Wahyu kedua yang diterima Nabi Muhammad saw. adalah surah ….
a. Al-Maidah
b. Al-Baqarah
c. Al-Mudatsir
d. Al-Mukmin

Kunci Jawaban: c
Pembahasan:
Surah Al-Muddassir adalah surah ke-74 dalam al-Qur'an. Surah ini tergolong surah Makkiyah terdiri atas 56 ayat, diturunkan setelah surat Al Muzzammil. Dinamai Al-Muddatstsir diambil dari perkataan Al-Muddatstsir yang terdapat pada ayat pertama surat ini. Al-Muddatstsir artinya orang yang berkemul atau berselimut.
32. Malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu kepada Nabi Muhammad saw adalah ….
a. Ridwan
b. Jibril
c. Malik
d. Izroil

Kunci Jawaban: b
Pembahasan:
a. Ridwan: menjaga surga
b. Jibril: menyampaikan wahyu
c. Malik: menjaga neraka
d. Izroil: mencabut nyawa
33. Wahyu kedua diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad saw sebanyak ….
a. 5 ayat
b. 6 ayat
c. 7 ayat
d. 8 ayat

Kunci Jawaban: c
Pembahasan:
Wahyu kedua ini terdapat dalam surat Al-Muddassir ayat 1-7 yang berisi perintah Allah Swt agar Nabi Muhammad berdakwah menyiarkan ajaran Islam kepada umat manusia.
34. Al-qur’an adalah kitab suci yang dijamin oleh Allah Swt. ….
a. dapat menyembuhkan orang sakit
b. akan terpelihara sepanjang masa
c. akan dibaca oleh semua manusia di dunia
d. dapat mendatangkan rezeki yang melimpah

Kunci Jawaban: b
Pembahasan:
Firman Allah SWT dalam QS. Al-Hijr Ayat 9:

 اِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَاِنَّا لَهٗ لَحٰفِظُوْنَ 

“Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Alquran dan pasti Kami (pula) yang memeliharanya.”

Pendapat Imam al-Qurthubi dalam Tafsir al-Qurthubi mengenai maksud ayat di atas bahwasanya Allah SWT akan menjaga Alquran dari segala bentuk dan upaya manusia untuk mengubahnya, baik menambah ataupun mengurasi isi di dalamnya.
35. Khatam Annubuwwah artinya ….
a. tanda lahir
b. tanda kenabian
c. tanda seorang pahlawan
d. tanda keberuntungan

Kunci Jawaban: b

II. Soal Essay PAT SKI Kelas 4

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan benar!

1. Jelaskan kebijakan apa yang dilakukan Nabi Muhammad saw. dalam peristiwa peletakan Hajar Aswad!

2. Tuliskan 6 (enam) nama putra dan putri Nabi Muhammad saw. dan Khadijah!

3. Bagaimana sikap dan cara rasulullah dalam berdagang?

4. Apakah tujuan Rasulullah Saw. bertafakur di Gua Hira?

5. Apa peristiwa luar biasa yang terjadi di tahun menjelang kelahiran dan di malam kelahiran Nabi Muhammad saw.?

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Lengkap dengan Kunci Jawaban dan Pembahasannya. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainny

Posting Komentar untuk "Soal PAT SKI Kelas 3 dan Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com"

close