Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal PAT SKI Kelas 4 dan Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com

Soal PAT SKI Kelas 4 dan Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IV lengkap dengan kunci jawabannya. 
Soal PAT SKI Kelas IV dan Kunci Jawabannya
Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) SKI Kelas IV dan Kunci Jawabannya

Soal-soal di bawah ini cocok digunakan untuk Bapak/Ibu Guru dalam menyusun soal-soal PAT. Tinggal dicopy paste sesuai kebutuhan Bapak/Ibu Guru semuanya. 

Soal-soal di bawah ini juga cocok dipelajari oleh para siswa untuk belajar mempersiapkan diri mengikuti Penilaian Akhir Tahun (PAT). Silakan dibaca dan dipelajari. Semoga bermanfaat.

Contoh Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI)

Soal-soal di bawah ini Sekolahmuonline rujuk dari Buku Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Kunci jawaban akan Sekolahmuonline update lagi jika memang banyak yang membutuhkan (khususunya soal-soal essay yang belum Sekolahmuonline beri kunci jawabannya). 

Soal terdiri dari soal-soal pilihan ganda dan soal-soal essay. Untuk para siswa selamat membaca dan mempelajari. 

A. Soal Pilihan Ganda PAT SKI Kelas 4

Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda silang (X) dari alternatif jawaban a, b, c, dan d! 

1. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
1. Pembelaan Abu Lahab terhadap Rasulullah Saw.
2. Ada harapan saudara di Thaif yang melindungi
3. Wafat istri dan paman Nabi Muhammad Saw.
4. Tekanan kaum kafir Quraisy semakin meningkat

Dari pernyataan-pernyataan di atas, yang merupakan sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah keThaif ditunjukkan dengan nomor ....
a. dua, tiga, dan empat
b. satu, dua, dan tiga
c. satu, dua, dan empat
d. satu, tiga, dan empat

Kunci Jawaban: a
Pembahasan:

2. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1. Terkenal tanahnya yang subur dan udara yang sejuk
2. Terletak di sebelah barat kota Makkah
3. Penduduknya terdiri dari Bani Ahlaf dan Bani Malik
4. Kinanah adalah saudara Rasulullah Saw. di Thaif

Berdasarkan pernyataan-pernyataan di atas, yang merupakan pernyataan kota Thaif ditunjukkan dengan nomor ...
a. satu, dua, dan tiga
b. satu, tiga, dan empat
c. satu, dua, dan empat
d. dua, tiga, dan empat

Kunci Jawaban: b
Pembahasan:
Kota Thaif masih berada di Jazirah Arab. Letaknya sekitar 65 km di sebelah tenggara kota Makkah. Kedua kota ini terkenal dengan tanahnya yang subur dan udaranya yang sejuk di Jazirah Arab. Kota Thaif didiami penduduk dari Bani Saqif. Mereka terdiri atas dua suku, yaitu Bani Ahlaf dan Bani Malik. Dari Bani Saqif inilah terdapat keluarga dekat Nabi Muhammad Saw. yang bernama Kinana, Mas’ud, dan Habib. Mereka bertiga memegang kekuasaan di Thaif.

3. Begitu sedihnya Nabi Muhammad Saw. ketika ditinggal wafat istri dan pamannya. Beliau telah kehilangan tulang punggung yang kuat yang selama ini sangat berjasa terhadap dakwah Islam. Istri dan paman beliau yang dimaksud adalah ....
a. Aisyah dan Abu Lahab
b. Aisyah dan Abu Jahal
c. Khadijah dan Abu Thalib
d. Khadijah dan Ali bin Abi Thalib

Kunci Jawaban: c
Pembahasan:
Tahukah kamu apa peran Khadijah (isteri Rasulullah Saw. dan pamannya Abu Thalib dalam perkembangan dan dakwah Islam yang dilakukan Nabi Muhammad Saw.?

Khadijah selalu mendampingi perjuangan Nabi Muhammad Saw. baik suka maupun duka. Tidak sedikit harta benda yang dihabiskan selama mendampingi Rasulullah Saw. dalam berdakwah. Khadijah wafat dalam usia 65 tahun dan mendampingi Nabi Muhammad Saw. selama 25 Tahun. Begitu pula pamanya Abu Thalib. Pamannya inilah yang sangat berjasa baik di waktu beliau masih kecil maupun ketika beliau sudah dewasa. Abu Thalib selalu membela dan melindunginya dari ancaman kaum Kafir Quraisy.

4. Karena kesedihan Rasulullah Saw. yang sangat mendalam, maka tahun wafatnya istri Rasulullah Saw. dan pamannya di sebut dengan tahun ....
a. barokah
b. kematian
c. gajah
d. amul Huzn

Kunci Jawaban: d
Pembahasan:
Amul Huzn (عام الحزن ) berasal dari kata Ammun: tahun dan al-Huzn: kesedihan
'Amul Huzn: tahun kesedihan/duka cita

5. Nabi Muhammad Saw. hijrah ke Thaif ditemani oleh budak Khadijah yang telah diangkat menjadi anak dengan berjalan kaki. Beliau bernama ....
a. Zaid bin Haritsah
b. Umar bin Khattab
c. Abu Bakar
d. Usman bin Affan

Kunci Jawaban: a
Pembahasan:

6. Mendengar ajakan Nabi Muhammad Saw., penduduk Thaif marah, kemudian mencaci maki dengan perkataan-perkataan yang sangat kasar. Mereka mengusir Rasulullah Saw. dari rumah mereka dan harus pergi dari kota Thaif. Sikap Nabi Muhammad Saw. terhadap penduduk Thaif adalah ....
a. tinggi hati
b. marah
c. tabah
d. putus asa

Kunci Jawaban: c
Pembahasan:

7. Perjalanan Nabi Muhammad Saw. ketika Mikraj diteruskan dari Masjidil Aqsa menuju ke ….
a. Sidratul Muntaha
b. Masjidil Haram
c. Baitul Maqdis
d. Bukit Thursina

Kunci Jawaban: a
Pembahasan:
Isra Mikraj berasal dari dua kata, yaitu Isra dan Mikraj. Kata Isra mempunyai arti perjalanan Nabi Muhammad Saw. di malam hari. Sedangkan Mikraj adalah perjalanan Nabi Muhammad Saw. dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa lalu naik ke langit sampai Sidratul Muntaha. Dalam sejarah Islam, yang dimaksud dengan Isra Mikraj adalah perjalanan Nabi Muhammad Saw. di malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa lalu naik ke langit sampai Sidratul Muntaha.

8. Dalam perjalanan Mikraj Nabi Muhammad Saw. bertemu dengan beberapa Nabi. Diantaranya di langit ketiga beliau bertemu dengan ….
a. Nabi Musa
b. Nabi Yusuf
c. Nabi Idris
d. Nabi Ibrahim

Kunci Jawaban: b
Pembahasan:
a. Nabi Musa : langit keenam
b. Nabi Yusuf : langit ketiga
c. Nabi Idris : langit keempat
d. Nabi Ibrahim: langit ketujuh

Perjalanan Mikraj Nabi Muhammad Saw. di mulai dari Masjidil Aqsa naik kelangit Dunia.

Di langit yang pertama Nabi Muhammad Saw. dan Malaikat Jibril bertemu dengan Nabi Adam a.s. yang di sebelah kanannya ada hitam-hitam dan disebelah kirinya ada hitam-hitam. Apabila melihat disebelah kananya, tertawalah Nabi Adam a.s, dan
apabila melihat ke sebelah kirinya, menangislah beliau. Hitam-hitam yang disebelah kanan adalah anak cucu Nabi Adam a.s yang ahli surga, sedangkan yang sebelah kiri adalah ahli neraka.

Di langit kedua, Nabi Muhammad Saw. dan Malaikat Jibril bertemu dengan Nabi Yahya a.s. dan Nabi Isa a.s. Setelah memberi salam kepada beliau berdua, Nabi Muhammad Saw. melanjutkan perjalanan ke langit ketiga dan bertemu dengan Nabi Yusuf a.s. dan berturut-turut naik ke langit keempat bertemu dengan Nabi Idris a.s., di langit kelima bertemu dengan Nabi Harun a.s., di langit keenam bertemu dengan Nabi Musa a.s. dan di langit ketujuh bertemu dengan Nabi Ibrahim a.s.
Di langit ketujuh, Nabi Muhammad Saw. dan Malaikat Jibril naik ke Sidratul Muntaha yang di dalamnya terdapat empat sungai. Dua sungai ada di dalam dan dua sungai ada di luar. Menurut keterangan Malaikat Jibril, dua sungai yang ada di dalam itu dua sungai yang ada di surga dan dua sungai yang mengalir ke luar itu adalah sungai Nil dan Euphrat.

Kemudian Nabi Muhammad Saw. naik lagi ke Mustawa bertemu dengan Allah Swt. Dalam pertemuan ini diperintahkan umat Nabi Muhammad Saw. untuk melaksanakan salat lima puluh kali sehari semalam. Rasulullah Saw. kemudian turun sampai langit ke enam bertemu dengan Nabi Musa a.s. Beliau menyarankan untuk meminta keringan kepada Allah Swt. dengan alasan umat Nabi Muhammad Saw. tidak akan sanggup untuk melaksanakannya. Setelah menghadap Allah Swt. lagi, akhirnya kewajiban salat menjadi lima kali sehari semalam. Dengan membawa perintah dari Allah Swt. berupa salat fardhu lima waktu sehari semalah, akhirnya Nabi Muhammad Saw. dan Malaikat Jibril turun ke bumi.

9. Berikut ini yang menyuruh Rasulullah untuk meminta keringanan salat fardu kepada Allah Swt. adalah ….
a. Malaikat Jibril
b. Nabi Musa
c. Nabi Ibrahim
d. Nabi Yusuf

Kunci Jawaban: b
Pembahasan:
Pembahasan ada di atas soal ini

10. Setelah ditinggal wafat paman dan istrinya, Nabi Muhammad Saw. kemudian diIsra Mikraj-kan Allah Swt. untuk ….
a. diangkat menjadi nabi
b. menjadi pesuruh-Nya
c. membaiatnya
d. menghiburnya

Kunci Jawaban: d
Pembahasan:
Setelah Rasulullah Saw. diusir dari Thaif,
maka semakin meningkat lagi ancaman dan rintangan dari kaum kafir Quraisy di kota Makkah. Nabi Muhammad Saw. merasakan kesusahan dan kepedihan. Setelah di tinggal dua orang yang dicintainya, dakwahnya menyebarkan agama Islam selalu tiada henti dihalangi oleh kaum kafir Quraisy.
Allah swt Maha Mengetahui apa yang dirasakan oleh hambanya. Nabi Muhammad Saw. yang sedang merasakan kesedihan dan kesusahan akan dihibur dengan melakukan perjalan Isra Mikraj. Yaitu perjalanan di malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa lalu naik ke langit sampai Sidratul Muntaha. Dan Allah Swt. juga akan memperlihatkan tanda-tanda kebesaran-Nya secara langsung kepada Nabi Muhammad Saw. melalui peristiwa Isra Mikraj.

11. Kebesaran dan kekuasaan manusia belum ada nilainya sedikit pun jika dibandingkan dengan kebesaran ….
a. Allah Swt.
b. Malaikat
c. Rasul
d. Nabi

Kunci Jawaban: a
Pembahasan:

12. Nabi Muhammad Saw. ketika Isra Mikraj diperlihatkan orang yang membawa daging yang baik dan disebelahnya ada daging yang busuk. Daging yang baik itu dibuang dan daging yang busuk itu diambilnya. Kejadian ini menggambarkan orang yang ketika hidup di dunia sering ….
a. melakukan zina
b. menghardik anak yatim
c. melawan orang tua
d. melakukan riba

Kunci Jawaban: a
Pembahasan:

13. Siapa pun yang melaksanakan salat secara tertib dan tepat waktu sesungguhnya ia telah menegakkan ….
a. agamanya
b. dunianya
c. kemauannya
d. keinginannya

Kunci Jawaban: a
Pembahasan:

14. Mencari cara bagaimana menghentikan dakwah Nabi Muhammad Saw. adalah tujuan dari pertemuan kepala-kepala suku Quraisy yang bertempat di ....
a. Darun - Hikmah
b. Darun - Nadwah
c. Darun - Makmur
d. Darun - Marwah

Kunci Jawaban: b
Pembahasan:
Rencana membunuh Nabi Muhammad saw dibahas pemuka Quraisy di Darun Nadwah, balai kota setempat. Pertemuan itu dipimpin sebelas orang dari kabilah terkemuka dan dihadiri puluhan orang.

15. Yang mengusulkan agar Nabi Muhammad Saw. secepatnya dibunuh oleh lima orang pemuda yang gagah perkasa adalah ....
a. Abu Lahab
b. Abu Amar
c. Abu Jahal
d. Abu Bakar

Kunci Jawaban: c
Pembahasan:

16. Sesudah mendapat perintah dari Allah Swt. untuk berhijrah ke Yasrib, Nabi Muhammad Saw. pergi ke rumah ....
a. Abu Bakar
b. Alibi Abi Thalib
c. Amir bin Fatimah
d. Abdullah bin Uriqth

Kunci Jawaban: a
Pembahasan:
Sesudah mendapat perintah dari Allah Swt. untuk berhijrah, Nabi Muhammad Saw. pergi ke rumah Abu Bakar. Di hari yang panas, dengan bertutup muka dan kepala beliau sampai dirumah Abu Bakar.

Abu Bakar terkejut melihat kedatangan Rasulullah Saw. yang terburu-buru. Setelah masuk, beliau segera duduk dan berkata kepada Abu Bakar, “Allah Ta’ala telah mengizinkan aku ke luar dan hijrah (dari Makkah ke Yasrib)”.
Abu Bakar menjawab, “Berteman dengan saya, ya Rasulullah?” Jawab Nabi Muhammad Saw., “ya dengan izin Allah.” Kemudian Abu Bakar ra menangis bahagia. Lalu ia berkata, “Ya Rasulullah! Ambilah salah satu dari kedua ekor unta saya untuk kendaraan Tuan.”
Nabi Muhammad Saw. memilih unta yang terbaik kepunyaan Abu Bakar yang baru saja dibelinya dengan harga 800 dirham. Unta Itu bernama AlQushwa. Selanjutnya Nabi Muhammad Saw. pulang ke rumahnya.
Abu Bakar berkemas-kemas dan
memerintahkan keluarganya mempersiapkan bekal untuk perjalanan jauh. Asma dan Aisyah putrinya menyiapkan bekal seperti makanan dan pakaian. Abu Bakar juga berpesan kepada Abdullah, putranya supaya setiap hari mendengarkan komentar orang-orang Quraisy tentang kepergiannya dengan Rasulullah Saw. Kepada pembantunya, Amir bin Fuhairah untuk menggembala kambingnya di dekat Gua Tsur agar air susunya dapat dijadikan untuk minum.
Demikian juga kepada pembantunya yang lain yang bernama Abdullah bin Uraiqith, supaya pada hari yang ditentukan ia datang ke Gua Tsur disuruh menunjukkan jalan kemudian ke Yasrib bersama-sama dengan Amir bin Fuhairah.

17. Putra Abu Bakar yang diberi tugas untuk mendengarkan komentar orang-orang Quraisy tentang kepergian Rasulullah adalah ....
a. Aisyah
b. Asma
c. Al-Qushwa
d. Abdullah

Kunci Jawaban: d
Pembahasan:
Ada di atas

18. Agama Yahudi bersumber dari ajaran Nabi Musa, yang kitab sucinya adalah Taurat. Namun, mereka sudah menyimpang dari ajaran agama yang diajarkan oleh Nabi Musa. Sebelum Nabi Musa wafat, mereka ingkar dan menyembah … yang dianggapnya Tuhan.
a. bulan
b. matahari
c. patung sapi
d. gunung

Kunci Jawaban: c
Pembahasan:

19. Kota Yasrib yang letaknya strategis membuat orang-orang ingin tinggal menetap didalamnya. Sehingga penduduk Yasrib sebagian besar adalah kaum pendatang. Mereka adalah bangsa Arab Yaman yang terkenal dengan Suku ….
a. Kazraj dan Yahudi
b. Aus dan Israel
c. Yahudi dan Nasrani
d. Aus dan Kazraj

Kunci Jawaban: d
Pembahasan:
Nama Suku Aus dan Khazraj berasal dari nama dua orang laki-laki kakak beradik, Aus dan Khazraj. Keturunan mereka terbagi menjadi dua kelompok yang mempunyai anggota sama banyaknya dan sama kuatnya. Mereka akhirnya saling bermusuhan. Kedua suku ini saling berselisih selama 120 tahun. Tidak ada bangsa atau golongan yang hendak mendamaikan mereka.

Suku Aus dan Khazraj adalah bangsa Arab pendatang yang berasal dari Yaman. Meraka datang ke Yasrib diperkirakan terjadi pada tahun 300 M secara bergelombang. Kedatangannya ke Yasrib disebabkan bencana alam berupa banjir besar karena hancurnya bendungan Ma’arib yang dibangun oleh Ratu Balqis Kerajaan Saba. Selain bencana alam, kedatangan suku Aus dan Khazraj dikarenakan perselisihan yang berkepanjangan di negara asal mereka.

20. Nabi Muhammad Saw. dan sahabat Abu Bakar bersembunyi dari kejaran kaum kafir Quraisy di ....
a. Gua Tsur
b. Gua Hira
c. Jabal Nur
d. Jabal Rahmah

Kunci Jawaban: a
Pembahasan:

21. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:
1. Berasal dari wilayah utara
2. Mereka menghindar dari kerajaan Romawi
3. Terkenal sebagai bangsa pemberontak
4. Negerinya dilanda bencana alam

Pernyataan-pernyataan di atas yang sesuai dengan kedatangan bangsa Yahudi ke Yasrib adalah nomor ....
a. 1, 2 dan 3
b. 2, 3 dan 4
c. 1, 2 dan 4
d. 2, 3 dan 4

Kunci Jawaban: a
Pembahasan:
Suku Yahudi yang berada di Yasrib adalah kaum pendatang. Mereka berasal dari wilayah Arab bagian utara. Kedatangan suku Yahudi ke Yasrib pada abad ke-1 dan ke-2 M secara bergelombang. Mereka datang ke Yasrib untuk menghindar dari
kejaran bangsa Romawi yang menganggap suku Yahudi adalah kaum pemberontak di negaranya. Suku Yahudi melakukan pemberontakan terhadap bangsa Romawi yang berkuasa pada waktu itu.

Suku Yahudi di Yasrib terdiri dari 3 kabilah besar yaitu Kabilah Qainuqa, Kabilah Nadhir dan Kabilah Quraizah. Mereka di Yasrib menempati wilayah yang berbeda-beda. Kabilah Nadhir mendiami wilayah Aliyah di lembah Baththan, Kabilah Quraizhah mendiami wilayah Mazhur sebelah selatan Madinah, sedangkan Kabilah Qainuqa mendiami wilayah kota Madinah. Walaupun mereka satu Suku Yahudi tetapi kehidupan mereka tidak harmonis. Mereka sering berselisih dan bertengkar.

22. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:
1. Kedatangannya di Yasrib pada tahun 300 M
2. Kedatangannya di Yasrib karena bencana alam
3. Mengadakan pemberontakan dengan bangsa Romawi
4. Konflik yang berkepanjangan di negara asal

Pernyataan-pernyataan di atas yang sesuai dengan kedatangan bangsa Arab ke Yasrib adalah nomor ....
a. 1, 2 dan 3
b. 1, 2 dan 4
c. 1, 3 dan 4
d. 2, 3 dan 4

Kunci Jawaban: b
Pembahasan:
Suku Aus dan Khazraj adalah bangsa Arab pendatang yang berasal dari Yaman. Meraka datang ke Yasrib diperkirakan terjadi pada tahun 300 M secara bergelombang. Kedatangannya ke Yasrib disebabkan bencana alam berupa banjir besar karena hancurnya bendungan Ma’arib yang dibangun oleh Ratu Balqis Kerajaan Saba. Selain bencana alam, kedatangan suku Aus dan Khazraj dikarenakan perselisihan yang berkepanjangan di negara asal mereka.

23. Bangsa Yahudi dan Arab pada awalnya hidup berdampingan di Yasrib. Kemudian mereka sering bertengkar. Yang menyebabkan mereka bertengkar adalah ....
a. terjadi perebutan daerah kekuasaan
b. bangsa Arab tidak mau mengalah
c. bangsa Yahudi adalah bangsa yang sombong
d. bangsa Arab tidak bisa bersikap adil

Kunci Jawaban: c
Pembahasan:

24. Cermati pernyataan-pernyataan tentang Kepercayaan Masyarakat Yasrib berikut!
1. Agama Yahudi
2. Agama Nasrani
3. Kepercayaan kepada benda-benda
4. Agama Ibrahim

Dari tabel di atas, yang merupakan kepercayaan masyarakat Yasrib sebelum Nabi Muhammad Saw. hijrah ke Yasrib ditunjukkan dengan nomor ….
a. 2, 3 dan 4
b. 1, 3 dan 4
c. 1, 2 dan 4
d. 1, 2 dan 3

Kunci Jawaban: d
Pembahasan:

25. Cermati pernyataan-pernyataan tentang Kondisi Sosial Masyarakat Yasrib berikut!
1. Suku Aus dan Khazraj berasal dari Yaman
2. Kabilah Quraizhah mendiami wilayah Makkah
3. Kabilah Nadhir mendiami wilayah Aliyah
4. Suku Aus dan Khazraj adalah suku yang saling bermusuhan

Dari pernyataan-pernyataan di atas, yang merupakan kondisi sosial Masyarakat Yatsib sebelum Nabi Muhammad Saw. hijrah ke Yasrib ditunjukkan dengan nomor …
a. 1, 3 dan 4
b. 1, 2 dan 3
c. 1, 2 dan 4
d. 2, 3 dan 4

Kunci Jawaban: a
Pembahasan:

26. Cermati pernyataan-pernyataan tentang Kondisi Ekonomi Masyarakat Yasrib berikut!
1. Yasrib berada di tempat tidak strategis jalur perdagangan
2. Yasrib merupakan daerah yang subur
3. Perkebunan kurma merupakan mata pencaharian di Yasrib
4. di Yasrib banyak terdapat pasar untuk berjual beli

Dari pernyataan-pernyataan di atas yang merupakan kondisi ekonomi masyarakat Yasrib sebelum Nabi Muhammad Saw. hijrah ke Yasrib ditunjukkan nomor ….
a. 1, 2 dan 3
b. 1, 3 dan 4
c. 2, 3 dan 4
d. 1, 2 dan 4

Kunci Jawaban: c
Pembahasan:
Secara geografis, Yasrib berada di tempat yang strategis jalur perdagangan antara kota Yaman di Selatan dan Syiria di Utara. Perdagangan di Yasrib memiliki kedudukan yang penting dalam masyarakat. Mereka membeli hasil bumi, hewan ternak dan menjualnya ke negeri-negeri yang jauh. Selama di daerah tujuan mereka membeli barang dan kebutuhan masyarakat dan menjualnya ditempat asal mereka. Yasrib merupakan daerah yang subur dan terkenal dengan hasil pertaniannya. Hal ini disebabkan dengan ketersediaan air yang melimpah dan mencukupi untuk lahan pertaniannya. Perkebunan kurma menjadi mata pencaharian utama masyarakat Yasrib. Penghasilan terbesarnya adalah kurma dan anggur. Karena kesuburannya banyak penduduk wilayah lain untuk pindah ke Yasrib.

27. Dalam perjanjian Baitul Aqabah pertama, kaum muslimin mempunyai janji setia kepada Nabi Muhammad Saw. Janji setia tersebut adalah ....
a. tidak menyekutukan Allah Swt, tidak berzina dan secepatnya ke Yasrib
b. tidak menyekutukan Allah Swt, setia kepada Nabi dan tidak berzina
c. setia kepada Nabi, tidak berzina dan hijrah ke Yasrib
d. setia kepada Nabi, tidak menyekutukan Allah dan hijrah ke Yasrib

Kunci Jawaban: b
Pembahasan:

28. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!
1. Perintah Allah Swt. untuk berhijrah ke Yasrib
2. Tekanan kaum kafir Quraisy
3. Adanya jaminan keamanan dari penduduk Yasrib.
4. Yasrib merupakan jalur strategis dalam perdagangan

Dari pernyataan-pernyataan diatas yang merupakan sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yasrib ditunjukkan dengan nomor ….
a. 2, 3 dan 4
b. 1, 3 dan 4
c. 1, 2 dan 3
d. 1, 2 dan 4

Kunci Jawaban: c
Pembahasan:

29. Dalam perjanjian Baitul Aqabah ke dua terdapat dua belas orang yang mengikutinya. Keduabelas orang tersebut diantaranya adalah ....
a. Sa’ad bin Rabi’, As’ad bin Zurarah dan bilal
b. As’ad bin Zurarah, Sa’ad bin Rabi’ dan Abdullah bin Rawahah
c. Bilal, Abdulalah bin Amr dan Sa’ad bin Rabi’
d. Sa’ad bin Rabi’, Abdullah bin Rawahah dan Bilal

Kunci Jawaban: b
Pembahasan:
Pada musim haji pada tahun ke-13 dari kenabian, banyak penduduk Yasrib yang ingin menjalankan ibadah haji. Mereka berjumlah 73 laki-laki dan dua perempuan. Seluruhnya berjumlah 75 orang, terdiri atas 63 laki-laki dari golongan Khazraj, 11 laki-laki dari golongan Aus, dan 2 orang perempuan dari golongan Khazraj yang bernama Nusaibah binti ka’ab Bani an-Najjar dan Asma binti Amr dari Bani Salamah. Setelah mengerjakan wukuf di Padang Arafah, pada waktu matahari terbenam, berangkatlah mereka ke bukit Aqabah di Mina. Sesampai di bukit Aqabah mereka berkumpul bersama Nabi Muhammad Saw. dan paman beliau yang bernama Abbas. Selanjutnya Rasulullah Saw. membaiat 75 orang tersebut. Baiat kedua ini disebut juga Baiat Al-Aqabah al-Kubra (Baiat Aqabah yang terbesar).

30. Baitul Aqabah ke dua terdiri dari janji setia dan kesanggupan mereka diantaranya adalah ....
a. menafkahkan harta, mentaati Nabi, dan melakukan amar makruf nahi mungkar
b. mentaati Nabi, tetap tabah dan menunggu Nabi hijrah ke Yasrib
c. menunggu Nabi hijrah ke Yasrib, menafkahkan harta dan tetap tabah
d. amar makruf nahi mungkar, mentaati Nabi dan menunggu Nabi hijrah ke Yasrib
Kunci Jawaban: a
Pembahasan:
Isi Baiat Aqobah Kubro (Baiatul Aqabah II):
a. Berjanji mendengar dan mentaati Nabi Muhammad Saw.
b. Berjanji menafkahkan harta, baik dalam keadaan mudah maupun sulit
c. Berjanji melakukan amar makruf dan nahi mungkar
d. Berjanji tetap tabah menghadapi celaan kaum kafir
e. Berjanji melindungi Nabi Muhammad Saw. sebagaimana mereka melindungi diri dan keluarganya.

Pada Baiat Aqobah Kubro ini, penduduk Yasrib meminta agar Nabi Muhammad Saw. hijrah ke Yasrib dan menjadi pemimpin mereka di sana.

B. Soal Essay PAT SKI Kelas 4

Jawablah soal-soal di bawah ini!

1. Bagaimana tanggapan penduduk Thaif ketika Nabi Muhammad Saw. berdakwah? Jelasakan!

Jawaban:
Para pemimpin kota Thaif menolak dakwah Nabi Muhammad Saw. yang diikuti oleh penduduk Thaif mengejek, menyakiti Rasulullah Saw. dengan melempari batu.

2. Bagaimana tanggapan masyarakat Makkah tentang peristiwa Isra Mikraj Nabi Muhammad Saw.? Jelaskan!

Jawaban:
Kaum kafir Quraisy tidak mempercayai bahwa Nabi Muhammad Saw. mengalami peristiwa Isra Mikraj. Bahkan mereka menuduh Rasulullah Saw. gila dan menyebarkan berita bohong.

3. Kepala-kepala suku Quraisy pada hari Sabtu akhir bulan Shaffar tahun ke-13 dari kenabian berkumpul untuk mencari cara bagaimana menghentikan dakwah Nabi Muhammad Saw. Mengapa mereka bersikap demikian? Jelaskan!

Jawaban:
Kaum kafir Quraisy merasa khawatir jika kota Yasrib akan menjadi pusat perkembangan agama Islam. Oleh karena itu, mereka harus bertindak cepat menghadapi Nabi Muhammad Saw. sebelum beliau melaksanakan hijrah.

Hasil rapat menyetujui usul Abu Jahal yaitu untuk membunuh Nabi Muhammad Saw. sebelum beliau hijrah ke Yasrib. 

4. Setelah gagal menangkap Nabi Muhammad Saw. di rumahnya, kaum kafir Quraisy terus berusaha tanpa lelah untuk menangkap Rasulullah Saw. Sebutkan upaya-upaya Nabi Muhammad Saw. dalam mengatasi ancaman kaum kafir Quraisy ketika hijrah ke Yasrib!

5. Kaum muslimin dan Rasulullah Saw. akhirnya melaksanakan hijrah dari Makkah ke Yasrib. Apa sebab-sebabnya Nabi Muhammad Saw. dan pengikutnya hijrah ke Yasrib? Jelaskan!

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Lengkap dengan Kunci Jawaban dan Pembahasannya. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Soal PAT SKI Kelas 4 dan Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com"

close