Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jelaskan pengertian nilai barang! Apa yang kamu ketahui tentang Nilai pakai objektif dan Nilai pakai subjektif?

Jelaskan pengertian nilai barang! Apa yang kamu ketahui tentang nilai pakai objektif dan nilai pakai subjektif? Pembaca Sekolahmuonline, kembali kami sajikan lagi pembahasan contoh soal Ekonomi kelas 10 SMA dan MA. Kali ini kita akan membahas tentang pengertian nilai barang, nilai pakai objektif, dan nilai pakai subjektif.

pengertian nilai barang, nilai pakai objektif, dan nilai pakai subjektif


Silahkan dibaca dan dipelajari serta dipahami. Semoga bermanfaat, membantu Anda dalam belajar.


Jelaskan pengertian nilai barang! Apa yang kamu ketahui tentang nilai pakai objektif dan nilai pakai subjektif?

Jawaban/Pembahasan:

Barang yang memiliki manfaat bagi manusia dikatakan bahwa barang itu memiliki nilai bagi manusia. Dengan kata lain, barang-barang yang memiliki nilai berarti barang itu mempunyai kemampuan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Oleh karena itu, nilai barang dapat diartikan sebagai kemampuan barang untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Penggolongan Nilai

Nilai barang dapat digolongkan sebagai berikut ini:

a. Nilai Pakai Nilai Pakai (Value in Use) alue in Use)

Suatu barang dikategorikan memiliki nilai pakai apabila barang tersebut dapat memenuhi kebutuhan pemiliknya secara langsung. Nilai pakai dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut:

1. Nilai pakai objektif 

Nilai pakai objektif, yaitu kemampuan suatu barang dalam Nilai pakai objektif memenuhi kebutuhan setiap orang. Misalnya, air memiliki nilai pakai yang tinggi bagi setiap orang.

2. Nilai pakai subjektif 

Nilai pakai subjektif, yaitu nilai yang diberikan seseorang karena Nilai pakai subjektif barang tersebut dapat memenuhi kebutuhannya. Misalnya, kursi roda bagi orang yang tidak dapat berjalan memiliki nilai pakai yang tinggi, tetapi bernilai pakai rendah bagi orang yang sehat.


Demikian postingan Sekolahmuonline yang membahas tentang pengertian nilai barang, nilai pakai objektif, dan nilai pakai subjektif. Semoga menambah wawasan Anda. Jangan lupa untuk berbagi kepada yang lainnya. Cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang ada di bawah postingan ini. Selamat membaca materi-materi, contoh soal, dan informasi lainnya yang kami sediakan.

Posting Komentar untuk "Jelaskan pengertian nilai barang! Apa yang kamu ketahui tentang Nilai pakai objektif dan Nilai pakai subjektif?"

Memuat...
close