Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sejarah Indonesia Kelas 11: Perang Melawan Kolonialisme dan Imperialisme ~ Part 1

Sejarah Indonesia Kelas 11: Perang Melawan Kolonialisme dan Imperialisme ~ Part 1. Berikut ini beberapa contoh soal yang ada pada buku Sejarah Indonesia Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK Bab Perang Melawan Kolonialisme dan Imperialisme Sub Bab "Perang Melawan Hegemoni dan Keserakahan Kongsi Dagang"

1) Siapa Pangeran Nuku itu?
2) Mengapa Nuku melancarkan perlawanan terhadap Belanda?
3) Bagaimana wujud politik devide et impera Belanda dalam memerangi Nuku?
4) Nuku berjuang tidak sendirian, tetapi keberhasilan Nuku karena kerja sama antarkekuatan masyarakat. Coba tunjukkan kebersamaan yang dibangun Sultan Nuku sehingga berhasil memulihkan kedaulatan Tidore dan sekitarnya. 

Jawaban/Pembahasan:
Silahkan temukan langsung jawaban soal-soal di atas pada bacaan berikut ini.

Pangeran Nuku adalah salah satu pahlawan bangsa dari Tidore yang gigih melawan kekejaman kompeni Belanda. Sungguh heroik perlawanan rakyat Kepulauan Maluku dan sekitarnya di bawah pimpinan Pangeran Nuku. Dari pulau yang satu ke pulau yang lain Nuku berhasil menggerakkan berbagai lapisan kekuatan baik dari bangsawan maupun rakyat untuk melawan kezaliman Belanda. 

Politik devide et impera pun mulai diterapkan oleh Belanda, tetapi Nuku tidak terpengaruh, tetap teguh dan satu niat untuk melawan penjajah. Dengan dukungan para penguasa dari Papua dan Halmahera, bahkan juga Inggris, pasukan Nuku semakin berjaya. Belanda harus mengakui keunggulan Sultan Nuku. Di masa Pangeran Nuku inilah Tidore memperoleh kembali kemerdekaannya dan terus bertahan sampai Sultan Nuku meninggal dunia.

Posting Komentar untuk "Sejarah Indonesia Kelas 11: Perang Melawan Kolonialisme dan Imperialisme ~ Part 1"

Memuat...