Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jelaskan pengertian Kromosom dan sebutkan penggolongan kromosom!

Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda contoh soal mata pelajaran Biologi Kelas 12 SMA dan MA Bab Genetika. Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Kromosom dan Penggolongan Kromosom.

Pengertian Kromosom, Penggolongan Kromosom


Jelaskan pengertian Kromosom dan sebutkan penggolongan kromosom!

 Jawaban:

Pengertian Kromosom dan Penggolongan Kromosom

Pengertian Kromosom

Pada saat sel aktif melakukan metabolisme, di dalam nukleus terdapat benang-benang halus seperti jala yang dapat menyerap warna. Benang-benang halus ini disebut kromatin (chromo = warna, dan tin = badan). 

Ketika sel akan membelah, benang kromatin menebal dan memendek, lebih mudah menyerap zat warna sehingga dapat dilihat dengan mikroskop.

Benang kromatin yang menebal dan memendek ini, disebut kromosom.

Penggolongan Kromosom

Berdasarkan letak kromosom di dalam tubuh, kromosom di bagi menjadi dua macam, yaitu kromosom tubuh (autosom) dan kromosom keIamin (kromosom $ex). Di dalam sel tubuh terdapat sepasang kromosom atau diploid (2n). Sepasang kromosom ini berasal dari induk betina (0vum) dan induk jantan ($perma). Masing-masing kromosom induk berjumlah n kromosom. Kromosom yang berpasangan tersebut, disebut kromosom homolog. Kromosom homolog adalah kromosom yang mempunyai struktur yang sama atau mempunyai lokus-lokus alel yang sama. Dalam sel tubuh manusia terdapat 23 macam kromosom homolog. Jumlah macam kromosom atau satu pasang kromosom haploid disebut genom.

Satu Kromosom Terdiri atas Dua Bagian

Satu kromosom terdiri atas dua bagian, yaitu:

1) sentromer atau kinetokhor. Bagian ini berbentuk bulat dan tidak mengandung gen. Sentromer berfungsi untuk pergerakan kromosom dari daerah ekuator ke kutub masing-masing pada waktu pembelahan

2) Lengan merupakan badan kromosom. Di dalam lengan ini terdapat kromomena (bahan nukleo protein)

Letak Sentromer Setiap Pasangan Kromosom

Letak sentromer menjadi ciri khas dari setiap pasangan kromosom. Berdasarkan letak sentromernya, kromosom dapat dikelompokkan menjadi beberapa macam, yaitu:

(1) Metasentrik: sentromer terletak di tengah-tengah kromosom

(2) Submetasentrik: sentromer dekat pada salah satu ujung kromosom

(3) Aksosentik: sentromer terletak di dekat ujung kromosom

(4) Parasentrik: sentromer terletak di ujung kromosom.

Selain penggolongan kromosom di atas, bentuk kromosom dapat bermacam-macam yang disebabkan oleh letak sentromer yang bermacam-macam pula. Contohnya, ada kromosom yang menyerupai huruf L (satu lengan kromosom lebih panjang dari yang lain), kromosom menyerupai huruf I (sentromer terletak di ujung kromosom), dan kromosom yang menyerupai huruf V (kromosom mempunyai lengan sama panjang).

Baca juga:

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh soal Biologi kelas 12 lengkap dengan jawaban atau pembahasannya tentang Pengertian Kromosom dan Penggolongan Kromosom.

Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar.

Posting Komentar untuk "Jelaskan pengertian Kromosom dan sebutkan penggolongan kromosom!"

Memuat...
close