Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jelaskan pengertian rumah tangga dalam kegiatan ekonomi!

Pembaca Sekolahmuonline, diantara pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi adalah rumah tangga. Apa pengertian rumah tangga, cara rumah tangga memperoleh pendapatan, dan hal-hal yang berkaitan dengan rumah tangga dalam kegiatan ekonomi akan kita bahas di bawah ini.
Pengertian rumah tangga dalam kegiatan ekonomi, cara rumah tangga memperoleh pendapatan, dan hal-hal yang berkaitan dengan rumah tangga dalam kegiatan ekonomi.
Jelaskan pengertian rumah tangga dalam kegiatan ekonomi!

Jawaban/Pembahasan:
Rumah tangga adalah kelompok masyarakat yang melakukan kegiatan konsumsi terhadap barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup diri sendiri ataupun keluarga.
Rumah tangga juga merupakan kelompok masyarakat sebagai pemilik faktor-faktor produksi (tanah, tenaga kerja, modal, dan wirausaha). Untuk melaksanakan kegiatan konsumsinya, setiap individu/rumah tangga harus memiliki pendapatan.
Pendapatan rumah tangga dapat diperoleh dari perusahaan dengan cara sebagai berikut.:
a. Sewa (rent), yaitu balas jasa yang diterima rumah tangga karena telah menyewakan tanahnya kepada pihak lain, misalnya perusahaan.
b. Upah (wage), yaitu balas jasa yang diterima rumah tangga karena telah mengorbankan tenaganya untuk bekerja pada perusahaan dalam kegiatan produksi.
c. Bunga (interest), yaitu balas jasa yang diterima rumah tangga dari perusahaan karena telah meminjamkan sejumlah dana untuk modal usaha perusahaan dalam kegiatan produksi.
d. Laba (profit), yaitu balas jasa yang diterima rumah tangga dari rumah tangga produsen karena telah mengorbankan tenaga dan pikirannya dalam mengelola perusahaan sehingga perusahaan dapat memperoleh laba.
Dengan memerhatikan kegiatan di atas, terlihat di sini bahwa ada interaksi rumah tangga dengan perusahaan yang menyebabkan terjadinya aliran arus uang dan arus barang/jasa. 

Dari kegiatan tersebut dapat kita lihat peranan rumah tangga konsumen sebagai berikut:
a. Rumah tangga berperan sebagai pemasok faktor-faktor produksi kepada perusahaan untuk kegiatan produksi.
b. Rumah tangga berperan sebagai pemakai (konsumen) barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Sumber ulasan: Buku Ekonomi Zaman Old

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh soal essay Ekonomi kelas 10 lengkap dengan jawaban atau pembahasannya tentang pengertian rumah tangga, cara rumah tangga memperoleh pendapatan, dan hal-hal yang berkaitan dengan rumah tangga dalam kegiatan ekonomi.


Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar.

Posting Komentar untuk "Jelaskan pengertian rumah tangga dalam kegiatan ekonomi!"

Memuat...
close