Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jelaskan seperti apa reproduksi sel pada organisme prokariotik!

Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda contoh soal mata pelajaran Biologi Kelas 12 SMA dan MA Bab Reproduksi Sel. Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang Reproduksi Sel pada Organisme Prokariotik.

Jelaskan seperti apa reproduksi sel pada organisme prokariotik!

Jelaskan seperti apa reproduksi sel pada organisme prokariotik!

Jawaban/Pembahasan:

Reproduksi Sel pada Organisme Prokariotik

Reproduksi sel pada organisme prokariotik, seperti bakteri dan protozoa, terjadi melalui proses pembelahan sel secara langsung, yaitu dari satu sel akan membelah menjadi dua sel yang sama besar dan mengandung materi genetik yang sama.

Pembelahan sel seperti ini disebut pembelahan biner. Pembelahan biner tidak mengalami tahapan-tahapan pembelahan, seperti pembelahan sel secara mitosis dan meiosis.


Proses pembelahan biner pada sel bakteri diawali dengan sintesa bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sel baru. Pada awal pembelahan sel, kromosom yang terdapat bebas di dalam sel akan menempel pada dinding sel, kemudian bersama-sama dengan pembesaran ukuran sel, berlangsung sintesis sel atau replikasi DNA (penggandaan kromosom). Setelah DNA baru selesai dibentuk, dan sel telah mencapai pembesaran maksimum, akan terjadi pembelahan sel menjadi dua bagian yang memiliki bahan genetik yang sama.

Baca juga:

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh soal Biologi kelas 12 lengkap dengan jawaban atau pembahasannya tentang Reproduksi Sel pada Organisme Prokariotik. Semoga bermanfaat.


Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar.

Posting Komentar untuk "Jelaskan seperti apa reproduksi sel pada organisme prokariotik!"

Memuat...