Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Essay IPS Kelas 8 Semester 2 Bab 4 Asyiknya Mempelajari Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com

Soal Essay IPS Kelas 8 Semester 2 Bab 4 Asyiknya Mempelajari Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline posting contoh soal essay atau uraian mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 8 SMP/MTs Semester 2 (Semester Genap) Bab 4 Asyiknya Mempelajari Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia lengkap dengan kunci jawabannya atau pembahasannya. Silakan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.
Soal Essay atau uraian mata pelajaran IPS Kelas 8 Semester 2 Bab 4 Asyiknya Mempelajari Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia lengkap dengan Kunci Jawaban dan pembahasannya
Sebelumnya Sekolahmuonline sudah memposting soal pilihan ganda atau multiple choice bab ini. Bagi Anda yang terlewatkan belum membaca dan mempelajarinya, silahkan buka postingan Sekolahmuonline yang berjudul:

Soal Essay IPS Kelas VIII Semester 2 Bab 4 Asyiknya Mempelajari Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia

Jawablah soal-soal dibawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Apa saja yang menjadi latar belakang bangsa-bangsa Barat datang ke Indonesia?

Jawaban:
Negara Indonesia mempunyai daya tarik yang sangat diincar oleh bangsa-bangsa Barat dan bangsa-bangsa Barat sendiri mempunyai beberapa faktor pendorong yang menyebabkan mereka datang ke Indonesia

2. Daya tarik apa saja yang mendorong kedatangan bangsa Barat ke Indonesia?

Jawaban:
• Tanah Indonesia yang sangat subur sehingga berbagai tanaman dapat tumbuh dan berkembang
• Iklim dan musim Indonesia yang sangat mendukung untuk bercocok tanam. Sehingga berbagai jenis tanaman banyak tumbuh dengan baik.
• Indonesia kaya sekali akan sumber daya alam hasil bumi yang berupa rempah-rempah seperti cengkih, pala, kemiri, dan lada. 

3. Apa saja yang menjadi pendorong bangsa Barat datang ke Indonesia?

Jawaban:
• Bangsa Barat mengincar komoditas perdagangan rempah-rempah.
• Iklim di Eropa atau di negara bangsa-bangsa Barat yang tidak memungkinkan untuk bercocok tanam rempah-rempah.
• Bangsa Barat membutuhkan rempah-rempah sementara persediaan di Eropa atau di negara-negara Barat sangat terbatas

4. Jelaskan motivasi bangsa-bangsa Barat melakukan penjelajahan samudra?

Jawaban:
Motivasi 3G, yaitu:
• Gold yang erarti emas, tujuan bangsa Barat ke Indonesia adalah mencari kekayaan.
• Glory yang berarti kejayaan bangsa.
• Gospel yaitu keinginan bangsa Barat untuk menyebarluaskan atau mengajarkan agama Nasrani khususnya agama Kristen ke bangsa di Asia, Afrika, dan Amerika.

5. Jelaskan dampak dari Revolusi Industri sehingga bangsa-bangsa Barat melakukan penjelajahan samudra dan sampai ke Indonesia!

Jawaban:
• Dunia industri mengalami efisiensi, ongkos lebih murah atau dapat ditekan lagi, dan barang dapat diproduksi dengan cepat dan jumlah yang banyak.
• Bangsa Barat memerlukan bahan baku yang lebih banyak dan memerlukan daerah pemasaran untuk menjual hasil-hasil industrinya.
• Transportasi laut menjadi lebih mudah karena mesin penggeraknya diganti dengan mesin uap

6. Perhatikan gambar di bawah ini. Jawabalah dengan jawaban yang benar. 

Kunci Jawaban:
1. Antonio de Abreu
2. Cornelis de Houtman
3. Pieter Both
4. Perserikatan Maskapai Hindia Timur/Vereenigde Oost Indische Companignie
5. Jan Pieterszoon Coen

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh soal essay atau uraian mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 8 SMP/MTs Bab 4 Asyiknya Mempelajari Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia lengkap dengan kunci jawabannya atau pembahasannya. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya. Selamat dan semangat belajar.

Lengkap soal UKK/PAT dan kunci jawaban serta pembahasannya silahkan baca postingan Sekolahmuonline yang berjudul:

Posting Komentar untuk "Soal Essay IPS Kelas 8 Semester 2 Bab 4 Asyiknya Mempelajari Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com"

close