Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal PJOK Kelas 8 Bab 5 Aktivitas Permainan Tradisional Anak-anak Indonesia (PJOK Kelas VIII SMP/MTs Semester Genap) ~ sekolahmuonline.com

Soal PJOK Kelas 8 Bab 5 Aktivitas Permainan Tradisional Anak-anak Indonesia (PJOK Kelas VIII SMP/MTs Semester Genap) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline posting contoh Soal Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) atau Penjaskes/Penjasorkes Kelas 8 SMP/MTs Semester Genap Bab Aktivitas Permainan Tradisional Anak-anak Indonesia lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya.
Soal PJOK Kelas 8 Bab 5 Aktivitas Permainan Tradisional Anak-anak Indonesia (PJOK Kelas VIII SMP/MTs Semester Genap)
Soal-soal dibawah ini cocok untuk dijadikan soal penilaian harian atau ulangan harian PJOK Kelas 8 pembahasan Bab Aktivitas Permainan Tradisional Anak-anak Indonesia.

Soal Pilihan Ganda PJOK Kelas VIII Bab Aktivitas Permainan Tradisional Anak-anak Indonesia

Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (x) pada huruf A, B, C, atau D

1. Gobak sodor atau galah asin merupakan permainan olahraga tradisional yang dilakukan minimal oleh 2 tim. Gobak sodor berasal dari dua kata yaitu: Gobak dan Sodor. Gobak berarti bergerak secara bebas sedangkan Sodor berarti . . . 
a. tombak
b. pertahanan
c. penyerangan
d. bentengan

Jawaban Soal Nomor 1 = A
Penjelasan Jawaban:
Gobak sodor atau galah asin merupakan permainan olahraga tradisional yang dilakukan minimal oleh 2 tim. Gobak sodor berasal dari dua kata yaitu: Gobak dan Sodor. Gobak berarti bergerak secara bebas sedangkan Sodor berarti tombak.

2. Permainan ini dilakukan oleh 5-7 orang peserta dan membutuhkan lapangan yang luas dengan ukuran lapangan dapat disesuaikan dengan karakteristik seseorang. Inti permainannya adalah . . . . agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik yang sudah ditentukan.
a. menyerang lawan
b. menghadang lawan
c. membakar lawan
d. menahan lawan

Jawaban Soal Nomor 2 = B
Penjelasan Jawaban:
Permainan ini dilakukan oleh 5-7 orang peserta dan membutuhkan lapangan yang luas dengan ukuran lapangan dapat disesuaikan dengan karakteristik seseorang. Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik yang sudah ditentukan. 

3. Tujuan dari olahraga tradisional gobak sodor yang berasal dari Jogjakarta ini adalah untuk menguji ketangkasan prajurit. Dalam memainkan permainan gobak sodor diperlukan . . . .
a. kelenturan dan kelincahan
b. keseimbangan dan daya tahan otot
c. kelincahan dan kecepatan berpindah tempat
d. kecepatan melangkah dan daya tahan otot

Jawaban Soal Nomor 3 = C
Penjelasan Jawaban:
Tujuan dari olahraga tradisional gobak sodor yang berasal dari Jogjakarta ini adalah untuk menguji ketangkasan prajurit. Dalam memainkan permainan gobak sodor diperlukan kelincahan dan kecepatan berpindah tempat.

4. Engklek adalah suatu permainan tradisional lompat-lompatan pada bidang datar yang digambar di atas tanah dengan membuat gambar kotak-kotak, kemudian melompat dengan satu kaki dari kotak satu ke kotak berikutnya. Dalam memainkan permainan engklek diperlukan . . . .
a. kelenturan dan kelincahan
b. kelincahan dan keseimbangan
c. keseimbangan dan kecepatan melangkah
d. kekuatan dan daya tahan otot tungkai

Jawaban Soal Nomor 4 = D
Penjelasan Jawaban:
Engklek adalah suatu permainan tradisional lompat-lompatan pada bidang datar yang digambar di atas tanah dengan membuat gambar kotak-kotak, kemudian melompat dengan satu kaki dari kotak satu ke kotak berikutnya. Dalam memainkan permainan engklek diperlukan kekuatan dan daya tahan otot tungkai. 

5. Bermain engklek bisa dilakukan oleh anak perempuan ataupun anak laki-laki. Namun biasanya yang lebih sering adalah anak perempuan. Pemain yang mendapat giliran main, diharuskan berjalan dengan meloncat pada kotak-kotak yang telah ada menggunakan . . . . 
a. kaki kiri
b. kaki kanan
c. salah satu kaki
d. kedua belah kaki

Jawaban Soal Nomor 5 = A
Penjelasan Jawaban:
Bermain engklek bisa dilakukan oleh anak perempuan ataupun anak laki-laki. Namun biasanya yang lebih sering adalah anak perempuan. Pemain yang mendapat giliran main, diharuskan berjalan dengan meloncat pada kotakkotak yang telah ada menggunakan satu kaki boleh kaki kanan atau kaki kiri. 

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh Soal Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) atau Penjaskes/Penjasorkes Kelas 8 SMP/MTs Semester Genap Bab Aktivitas Permainan Tradisional Anak-anak Indonesia lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Soal Sekolahmuonline rujuk langsung dari sumber yang dapat dipercaya, yaitu Modul PJOK Kelas VIII SMP. Selamat dan semangat belajar. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap soal Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) atau Penjaskes/Penjasorkes Kelas 8 SMP/MTs Semester Genap semua Bab:
Lengkap soal UKK/PAT/UAS Genap Kelas 8 SMP/MTs lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasannya silahkan baca postingan Sekolahmuonline yang berjudul:

Posting Komentar untuk "Soal PJOK Kelas 8 Bab 5 Aktivitas Permainan Tradisional Anak-anak Indonesia (PJOK Kelas VIII SMP/MTs Semester Genap) ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close