Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan pembagian takson-takson dalam dunia hewan dan tumbuhan! (Soal IPA Kelas 7 SMP/MTs)

Sebutkan pembagian takson-takson dalam dunia hewan dan tumbuhan (Soal IPA Kelas 7 SMP/MTs)! Berikut ini adalah contoh Soal IPA Kelas 7 SMP dan MTs lengkap dengan jawaban atau pembahasannya. Soal berikut ini membahas tentang Pembagian takson-takson dalam dunia hewan dan tumbuhan. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Sebutkan pembagian takson-takson dalam dunia hewan dan tumbuhan!

Pembagian takson-takson dalam dunia hewan dan tumbuhan

Di bumi keanekaragaman makhluk hidup sangat beranekaragam dan semakin lama bertambah banyak, tentu saja keanekaragaman juga tertambah. Dengan adanya makhluk hidup yang jumlahnya berjuta-juta itu bagaimana kita akan mempelajarinya? Untuk mempelajari makhluk hidup tersebut, manusia berusaha menyederhanakan makhluk hidup dengan menggolong-golongkan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki. Di dalam kelompok yang mempunyai ciri-ciri yang sama tersebut pastilah ditemukan lagi perbedaan-perbedaan. Kemudian dibentuk kelompok-kelompok yang lebih kecil berdasarkan persamaan ciri-ciri yang dimiliki, sehingga akan diperoleh kelompok terkecil dengan persamaan ciri yang sama. Ilmu yang mempelajari pengelompokkan makhluk hidup dengan suatu sistem tertentu disebut klasifikasi atau taksonomi. 

Klasifikasi Makhluk Hidup Berdasarkan Persamaan Struktur

Pada abad ke-18 Carolus Linnaeus (1707 – 1778), seorang ahli biologi dari Swedia memperkenalkan klasifikasi berdasarkan persamaan struktur. Makhluk hidup yang mempunyai struktur tubuh yang sama ditempatkan dalam satu kelompok. Bila dalam satu kelompok ditemukan perbedaan–perbedaan, maka dipisahkan dalam kelompok yang lebih kecil lagi begitu seterusnya. Hal ini menghasilkan setiap kelompok kecil mempunyai persamaan ciri. 

Dengan cara tersebut maka makhluk yang ada dipermukaan bumi ini dibedakan menjadi dua (2) kelompok dunia kehidupan besar yaitu: 

1. Dunia hewan atau Animalia

2. Dunia tumbuhan atau Plantae. 

Selanjutnya setiap dunia akan dibagi menjadi kelompok-kelompok lebih kecil yang disebut dengan takson-takson. 

Dunia hewan akan dibagi menjadi takson-takson sebagai berikut:

a. Kingdom atau kerajaan. 

b. Filum. 

c. Class atau kelas. 

d. Ordo atau bangsa.

e. Familia atau suku.

f. Genus atau marga.

g. Species atau jenis.

Dalam dunia tumbuhan dibagi menjadi takson-takson sebagai berikut:

a. Kingdom atau kerajaan. 

b. Divisi. 

c. Class atau kelas. 

d. Ordo atau bangsa.

e. Familia atau suku.

f. Genus atau marga.

g. Species atau jenis.

Posting Komentar untuk "Sebutkan pembagian takson-takson dalam dunia hewan dan tumbuhan! (Soal IPA Kelas 7 SMP/MTs)"

close