Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Vermes (cacing) berdasarkan bentuk tubuh dibedakan menjadi tiga kelompok. Sebutkan dan jelaskan!

Vermes (cacing) berdasarkan bentuk tubuh dibedakan menjadi tiga kelompok. Sebutkan dan jelaskan! - Berikut ini adalah contoh Soal IPA Kelas 7 SMP dan MTs lengkap dengan jawaban atau pembahasannya. Soal berikut ini membahas tentang pembagian kelompok Cacing atau Vermes berdasarkan bentuk tubuhnya. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Vermes (cacing) berdasarkan bentuk tubuh dibedakan menjadi tiga kelompok. Sebutkan dan jelaskan!

Jawaban/Pembahasan:


Vermes (cacing)

Berdasarkan bentuk tubuh dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu:

a) Platyhelminthes (cacing pipih)

Tidak mempunyai rongga dan anus, tetapi hanya memiliki satu lubang yaitu mulut untuk memasukkan makanan dan mengeluarakan sisa makanan. Cacing pipih dibagi menjadi 3 kelas, yaitu :

(1) Turbellaris (cacing getar) contoh planaria.

(2) Trematoda (cacing hisap) contoh: Fasciola hepatica (cacing hati).

(3) Cestoda (cacing pita) contoh: cacing pita sapi, cacing pita babi.

b) Nemathelminthes (cacing gilig)

Tubuhnya bulat panjang, tidak bersegmen-segmen, memiliki mulut dan anus, berkembang biak dengan kawin. Contoh Ascaris lumbricoides (cacing perut), Ancylostoma duodenale (cacing tambang), Oxyuris vermicularis (cacing kremi).


c) Annelida (cacing gelang)

Tubuh beruas-ruas, tersusun seperti cincin, memiliki mulut dan anus, antara kulit badan dan dinding terdapat rongga badan. Contoh: Chaetopoda (cacing berambut), yaitu: Wawo dan palolo (enak dimakan). Hirudinae (cacing penghisap darah) yaitu : lintah dan pacet.

Posting Komentar untuk "Vermes (cacing) berdasarkan bentuk tubuh dibedakan menjadi tiga kelompok. Sebutkan dan jelaskan!"

Memuat...