Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jelaskan pengertian keanekaragaman makhluk hidup! Sebutkan contoh-contoh perbuatan manusia yang dapat mengancam atau menurunkan keanekaragaman makhluk hidup!

Jelaskan pengertian keanekaragaman makhluk hidup! Sebutkan contoh-contoh perbuatan manusia yang dapat mengancam atau menurunkan keanekaragaman makhluk hidup! - Berikut ini adalah contoh Soal IPA Kelas 7 SMP dan MTs lengkap dengan jawaban atau pembahasannya. Soal berikut ini membahas tentang pengertian Keanekaragaman Makhluk Hidup dan Contoh-contoh Perbuatan Manusia yang Dapat Mengancam atau Menurunkan Keanekaragaman Makhluk Hidup. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Jelaskan pengertian keanekaragaman makhluk hidup! Sebutkan contoh-contoh perbuatan manusia yang dapat mengancam atau menurunkan keanekaragaman makhluk hidup!

Jawaban/Pembahasan:

Keanekaragaman Makhluk Hidup


Di permukaan bumi dihuni oleh berjuta-juta makhluk hidup, baik itu di daratan maupun di lautan. Makhluk hidup itu mempunyai keanekaragaman. 

Apa yang dimaksud keanekaragaman?

Pengertian Keanekaragaman Makhluk Hidup


Keanekaragaman adalah perbedaan di antara makhluk hidup yang berbeda jenis dan speciesnya. 

Bagaimana keanekaragaman di dunia terjadi? 


Keanekaragaman makhluk terjadi karena adanya perbedaan sifat, seperti: ukuran, bentuk, warna, fungsi organ, tempat hidup dan lain–lain. 

Keanekargaman makhluk hidup sangat penting bagi kelangsungan dan kelestarian makhluk hidup. Suatu kelompok makhluk hidup yang memiliki kelestarian tinggi, terdapat keanekaragaman yang tinggi. Sebaliknya makhluk hidup yang memiliki tingkat kelestarian rendah, terdapat keanekaragaman rendah dan terancam punah.

Keanekaragaman makhluk hidup bersifat tidak tetap atau tidak stabil. Hal ini disebabkan oleh campur tangan manusia terhadap lingkungan yang dapat mempengaruhi keanekaragaman. Penurunan keanekaragaman makhluk hidup dapat terjadi secara alami dan campur tangan manusia. 

Perbuatan Manusia yang Dapat Mengancam atau Menurunkan Keanekaragaman Makhluk Hidup


Dewasa ini campur tangan manusia berperan besar dalam penurunan keanekaragaman makhluk hidup, baik itu disadari maupun tidak disadari. Beberapa perbuatan manusia yang dapat mengancam atau menurunkan keanekaragaman makhluk hidup antara lain:

a. Pembabatan hutan alam, untuk jalan raya, pabrik, perumahan dan sebagainya.

b. Penggunaan pestisida, insektisida dan sejenisnya yang tidak bertanggung jawab.

c. Pembuangan limbah industri yang sembarangan.

d. Perburuan hewan yang tidak bertanggung jawab

Dalam perjalanan waktu ada kelompok makhluk hidup yang mengalami peningkatan keanekaragaman, ada yang tetap, ada pula yang berkurang keanekaragamannya.

Nah demikian pembahasan Sekolahmuonline tentang pengertian Keanekaragaman Makhluk Hidup dan Contoh-contoh Perbuatan Manusia yang Dapat Mengancam atau Menurunkan Keanekaragaman Makhluk Hidup. Semoga bermanfaat dan jangan lupa berbagi kepada yang lainnya. Cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang ada di bawah postingan ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Selamat dan semangat belajar.

Posting Komentar untuk "Jelaskan pengertian keanekaragaman makhluk hidup! Sebutkan contoh-contoh perbuatan manusia yang dapat mengancam atau menurunkan keanekaragaman makhluk hidup!"

Memuat...